Identifikasi Kekuatan Diri Calon Guru Penggerak untuk Mendukung Program Pengembangan Sekolah
Sebagai seorang calon guru penggerak, pengidentifikasian kekuatan diri menjadi langkah awal yang krusial dalam mendukung program pengembangan sekolah.Â
Pertanyaannya adalah:
1. Apa kompetensi yang menjadi kekuatan diri calon guru penggerak untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah?
Jawaban saya:
Sebagai seorang calon guru penggerak, saya mengakui adanya beberapa kompetensi atau keahlian yang saya miliki yang dapat mendukung program pengembangan sekolah.Â
Pertama-tama, pengalaman mengajar saya selama hampir sebelas tahun telah memperkuat kemampuan pedagogik saya.Â
Selama ini, saya telah menerapkan beragam metode pembelajaran inovatif seperti pembelajaran aktif, kooperatif, dan berbasis proyek yang telah terbukti meningkatkan prestasi belajar siswa.Â
Selain itu, saya juga mampu merancang pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Selanjutnya, saya memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik. Saya telah memimpin tim guru dalam merancang program pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.Â
Saya juga aktif dalam berbagai organisasi guru dan sering kali diundang sebagai narasumber dalam pelatihan guru. Dalam kapasitas ini, saya dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk bekerja menuju tujuan bersama.
Tidak hanya itu, saya juga memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. Kemampuan ini memungkinkan saya untuk berinteraksi secara baik dengan siswa, orang tua, rekan guru, dan stakeholder lainnya.Â
Saya percaya bahwa mampu membangun hubungan yang positif dengan orang lain merupakan kunci keberhasilan dalam lingkungan pendidikan.
2. Apa kompetensi yang masih perlu calon Guru penggerak kuatkan untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah?
Jawaban saya:
Saya sadar bahwa masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan dalam diri saya agar dapat lebih mendukung program pengembangan sekolah.Â
Pertama, saya menyadari perlunya meningkatkan kemampuan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk keperluan pembelajaran.Â
Saya berkeinginan untuk mempelajari berbagai aplikasi pembelajaran dan platform online guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang saya tawarkan kepada siswa.
Kedua, saya menyadari pentingnya meningkatkan kemampuan dalam penelitian dan pengembangan.Â
Saya berkeinginan untuk mempelajari teknik penelitian tindakan kelas yang dapat membantu saya meningkatkan praktik pengajaran saya dan merancang program pembelajaran yang lebih efektif.
Terakhir, saya menyadari bahwa kemampuan dalam advokasi dan kebijakan pendidikan juga merupakan hal yang penting.Â
Oleh karena itu, saya ingin belajar bagaimana melakukan advokasi untuk kebijakan pendidikan yang mendukung pengembangan siswa dan profesionalisme guru.
Dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri, saya yakin bahwa saya dapat mengembangkan rencana pengembangan diri yang sesuai untuk mendukung program pengembangan sekolah.Â
Saya percaya bahwa dengan kerja keras dan dedikasi, saya akan dapat menjadi seorang guru penggerak yang efektif dan membawa perubahan positif bagi sekolah saya serta komunitas pendidikan pada umumnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H