Meningkatkan Keteraturan Kelas melalui Observasi dan Refleksi
Sebagai seorang pendidik, upaya saya senantiasa ditujukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan siswa.Â
Salah satu elemen kunci dalam mencapai tujuan ini adalah keteraturan di dalam kelas.Â
Keteraturan kelas merujuk pada keadaan di mana kelas terstruktur dan terorganisir dengan baik, memungkinkan proses pembelajaran berjalan efektif.
Pada tanggal 28 Maret 2024, saya mengikuti sebuah sesi observasi kelas yang difokuskan pada dimensi keteraturan kelas.Â
Observasi ini dipimpin oleh seorang peninjau yang terampil yang bernama Drs. Edeng Sutarya, M.M. Pd.Â
Hasil dari observasi tersebut kemudian direkam dalam formulir tindak lanjut observasi kelas di platform Merdeka Mengajar.
Melalui hasil observasi ini, beberapa aspek yang membutuhkan peningkatan dalam dimensi keteraturan kelas telah teridentifikasi.Â
Pertama-tama, tantangan yang saya hadapi adalah konsistensi dalam menerapkan aturan dan prosedur kelas.Â
Terkadang, saya merasa ragu-ragu dalam menegur siswa yang melanggar aturan, yang pada akhirnya dapat mengganggu keteraturan dan kedisiplinan di kelas.