Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik
Ketika kabar baik datang bahwa aksi nyata saya dalam pelatihan supervisi akademik di platform Merdeka Mengajar telah berhasil melewati proses validasi, kegembiraan memenuhi hati saya.Â
Ini bukan hanya sebuah pencapaian bagi diri saya sendiri, tetapi juga sebuah cerminan dari dampak positif yang dapat diciptakan oleh upaya bersama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Saya ingin berbagi cerita ini dengan Anda, agar Anda juga merasa terinspirasi untuk ikut serta dalam usaha yang sama di sekolah Anda.
Menyokong Guru dalam Membangun Pembelajaran yang Mengutamakan Murid
Aksi nyata saya berfokus pada pendampingan guru dalam mengembangkan rencana pembelajaran yang menempatkan murid sebagai subjek utama. Pendekatan yang saya terapkan adalah menggunakan siklus belajar, yang mencakup tahap perencanaan, observasi, refleksi, dan tindak lanjut.
Sebagai seorang pendidik, saya secara rutin melakukan observasi pembelajaran di kelas-kelas rekan seprofesi. Tujuan observasi ini adalah untuk menilai kualitas proses belajar-mengajar, mencakup materi, metode pengajaran, media pembelajaran, dan interaksi guru-siswa.
Langkah-langkah observasi saya adalah sebagai berikut:
Persiapan:
Sebelum observasi, saya mempersiapkan diri dengan memahami materi yang akan diajarkan oleh guru yang akan saya amati. Tujuannya agar umpan balik yang saya berikan lebih mendalam dan sesuai.
Observasi:
Saat observasi, saya mengamati seluruh proses pembelajaran. Saya mencatat aspek positif dan area yang perlu diperbaiki.
Refleksi:
Setelah observasi, saya merefleksikan temuan dan menganalisis hal-hal yang dapat ditingkatkan serta yang telah berhasil.