Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

5 Program yang Berdampak pada Murid Jenjang SMP Lengkap dengan Tahapan BAGJA

12 Maret 2024   13:13 Diperbarui: 12 Maret 2024   13:27 1365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk perkembangan remaja. 

Masa ini merupakan periode transisi yang krusial, di mana remaja mulai mencari jati diri, mengembangkan minat dan bakat, serta mempersiapkan diri untuk masa depan.

Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk merancang program-program yang tidak hanya memenuhi kebutuhan akademik, tetapi juga membantu murid dalam pengembangan keterampilan hidup, sosial, dan emosional.

Dalam artikel ini, kami akan menguraikan lima ide program yang berdampak bagi murid SMP, lengkap dengan analisis tahapan BAGJA (Buat, Ambil data, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi).

1. Program Mentoring

Tahap BAGJA:

B - Buat pertanyaan:
Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara terbaik untuk membantu murid SMP mencapai potensi terbaik mereka dan bagaimana membangun hubungan positif antara murid dan mentor.


A - Ambil pelajaran
Pertama, dilakukan survei untuk mengidentifikasi kebutuhan dan minat murid serta wawancara dengan guru dan orang tua untuk mendapatkan masukan yang berharga.

G - Gali mimpi:
Langkah selanjutnya adalah mengadakan workshop yang bertujuan membantu murid menemukan mimpi dan tujuan mereka serta memberikan kesempatan bagi murid untuk berinteraksi dengan mentor yang inspiratif.

J - Jabarkan rencana:
Setelah itu, program mentoring yang terstruktur dengan tujuan yang jelas dirancang dan mentor berkualitas direkrut dan dilatih.

A - Atur eksekusi:
Program ini kemudian dilaksanakan dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memastikan efektivitasnya.

Dampak:
Program mentoring dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar murid, membangun kepercayaan diri dan self-esteem, mengembangkan karakter dan soft skills, serta mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih cerah.

2. Program Penguatan Literasi

Tahap BAGJA:

B - Buat pertanyaan:**
Pertanyaan yang timbul adalah bagaimana cara meningkatkan minat baca dan menulis murid SMP serta bagaimana mengembangkan keterampilan literasi mereka.

A - Ambil pelajaran
Dilakukan tes diagnostik untuk mengetahui tingkat literasi murid dan focus group discussion untuk mengetahui minat baca mereka.

G - Gali mimpi:
Selanjutnya, workshop diadakan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap buku dan mengajak murid untuk mengunjungi perpustakaan serta toko buku.

J - Jabarkan rencana:
Program penguatan literasi yang menarik dan inovatif dirancang dengan menyediakan berbagai sumber bacaan berkualitas.

A - Atur eksekusi:
Program ini dilaksanakan dengan monitoring dan evaluasi berkala untuk memastikan keefektifannya.

Dampak:
Program ini dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis murid, memperluas wawasan dan pengetahuan mereka, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi era digital.

3. Program Pengembangan Minat Bakat

Tahap BAGJA:

B - Buat pertanyaan
Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana membantu murid SMP menemukan minat bakat mereka dan mengembangkan minat bakat tersebut.

A - Ambil pelajaran
Survei dilakukan untuk mengetahui minat dan bakat murid serta observasi dilakukan di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler.

G - Gali mimpi:
Workshop diadakan untuk membantu murid menemukan passion mereka dan mengajak mereka untuk mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

J - Jabarkan rencana:
Program pengembangan minat bakat yang terstruktur dan terarah dirancang dengan menyediakan fasilitas dan pelatihan yang dibutuhkan murid.

A - Atur eksekusi
Program ini dilaksanakan dengan monitoring dan evaluasi berkala untuk memastikan keberhasilannya.

Dampak:
Program ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan self-esteem murid, mengembangkan bakat dan potensi mereka, mempersiapkan mereka untuk meraih prestasi di berbagai bidang, serta memberikan mereka kesempatan untuk mengeksplorasi minat mereka.

4. Program Pengabdian Masyarakat

Tahap BAGJA:

B - Buat pertanyaan:
Pertanyaan yang timbul adalah bagaimana menumbuhkan rasa kepedulian sosial pada murid SMP dan bagaimana membantu mereka berkontribusi kepada masyarakat.

A - Ambil pelajaran
Survei dilakukan untuk mengetahui minat murid dalam kegiatan pengabdian masyarakat serta pemetaan kebutuhan masyarakat di sekitar sekolah.

G - Gali mimpi:
Workshop diadakan untuk menumbuhkan rasa empati dan kepedulian murid terhadap sesama serta mengajak mereka untuk mengunjungi panti asuhan atau panti jompo.

J - Jabarkan rencana:
Program pengabdian masyarakat yang terstruktur dan berkelanjutan dirancang dengan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait.

A - Atur eksekusi:
Program ini dilaksanakan dengan monitoring dan evaluasi berkala untuk memastikan keberhasilannya.

Dampak:
Program ini dapat membangun rasa empati dan kepedulian sosial murid, mengajarkan nilai-nilai solidaritas dan kebersamaan, memberikan pengalaman praktis dalam membantu orang lain, serta mempersiapkan mereka untuk menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab.

5. Program Pengembangan Keterampilan Hidup

Tahap BAGJA:

B - Buat pertanyaan:
Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana membekali murid SMP dengan keterampilan hidup yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan apa saja keterampilan hidup yang penting bagi perkembangan mereka.

A - Ambil pelajaran
Survei dilakukan untuk mengetahui keterampilan hidup yang dianggap penting oleh murid, guru, dan orang tua, sementara observasi dilakukan untuk memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi murid dalam kehidupan sehari-hari.

G - Gali mimpi:
Workshop diadakan untuk membantu murid mengidentifikasi keterampilan yang ingin mereka kembangkan, sambil mengundang narasumber yang ahli dalam berbagai bidang untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.

J - Jabarkan rencana:
Program pengembangan keterampilan hidup yang praktis dan relevan dirancang dengan menyediakan pelatihan dan simulasi untuk mengasah keterampilan tersebut.

A - Atur eksekusi:
Program ini dilaksanakan dengan monitoring dan evaluasi berkala untuk memastikan keberhasilannya.

Dampak

Program ini dapat meningkatkan kemandirian dan keterampilan problem-solving murid, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks, serta menumbuhkan sikap proaktif dan tanggap terhadap perubahan.

Dengan menerapkan kelima program ini, diharapkan sekolah dapat memberikan pengalaman belajar yang holistik dan menyeluruh bagi murid SMP. Melalui pendekatan tahapan BAGJA yang terinci, program-program ini dapat dirancang dan dieksekusi dengan baik, sehingga memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan dan prestasi murid.

Pendidikan di tingkat SMP memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk masa depan remaja. 

Program-program yang dirancang dengan baik tidak hanya akan meningkatkan pencapaian akademik mereka, tetapi juga membantu dalam pengembangan keterampilan hidup, sosial, dan emosional yang diperlukan untuk sukses di dunia nyata.

Dalam artikel ini, telah diuraikan lima ide program berdampak, yaitu mentoring, penguatan literasi, pengembangan minat bakat, pengabdian masyarakat, dan pengembangan keterampilan hidup. Setiap program diarahkan pada tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi) untuk memastikan desain dan pelaksanaannya yang efektif.

Dengan menerapkan program-program ini, diharapkan sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, memberdayakan, dan mempersiapkan murid untuk sukses dalam kehidupan mereka yang selanjutnya. Itulah yang menjadi tujuan utama dari upaya pendidikan: membentuk generasi yang kompeten, tangguh, dan berdaya saing tinggi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun