Umpan balik dari objek aksi nyata adalah elemen krusial dalam menilai dan memvalidasi Aksi Nyata dalam program pelatihan mandiri di platform Merdeka Mengajar.Â
Dalam menyusun proses validasi, umpan balik dari peserta didik atau objek aksi nyata memiliki nilai strategis karena memberikan perspektif langsung dan kontekstual terhadap keberhasilan dan dampak suatu aksi nyata.Â
Berbeda dengan umpan balik yang diberikan oleh sesama guru pengguna platform, umpan balik dari objek aksi nyata mencakup tanggapan dan refleksi langsung dari peserta didik yang terlibat dalam suatu kegiatan atau materi pembelajaran.Â
Dengan melibatkan mereka secara aktif dalam memberikan umpan balik, proses validasi menjadi lebih holistik, akurat, dan relevan dengan konteks pengalaman belajar masing-masing peserta didik.
Pentingnya Umpan Balik dari Objek Aksi Nyata:
1. Perspektif Langsung dari Peserta Didik:
Umpan balik dari objek aksi nyata, khususnya peserta didik, memberikan perspektif langsung dari orang yang mengalami dan terlibat dalam suatu kegiatan atau materi pembelajaran. Ini memberikan gambaran yang lebih akurat dan mendalam tentang efektivitas aksi nyata dalam mencapai tujuan pembelajaran.
2. Menilai Dampak Secara Nyata:
Objek aksi nyata dapat memberikan informasi konkret tentang dampak kegiatan atau materi pembelajaran terhadap pemahaman dan keterampilan mereka. Dengan demikian, umpan balik ini membantu dalam menilai sejauh mana suatu program atau kegiatan telah berhasil mencapai tujuannya.
3. Mendorong Tanggapan Terbuka dan Jujur:
Peserta didik memiliki kecenderungan memberikan tanggapan yang lebih terbuka dan jujur karena mereka berbicara dari pengalaman pribadi mereka sendiri. Hal ini dapat membantu dalam mengidentifikasi potensi perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.