Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Contoh Umpan Balik Aksi Nyata sebagai Syarat Lulus Validasi Program Pelatihan Mandiri di PMM

4 Maret 2024   07:51 Diperbarui: 4 Maret 2024   08:09 6030
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Umpan balik dari objek aksi nyata adalah elemen krusial dalam menilai dan memvalidasi Aksi Nyata dalam program pelatihan mandiri di platform Merdeka Mengajar. 

Dalam menyusun proses validasi, umpan balik dari peserta didik atau objek aksi nyata memiliki nilai strategis karena memberikan perspektif langsung dan kontekstual terhadap keberhasilan dan dampak suatu aksi nyata. 

Berbeda dengan umpan balik yang diberikan oleh sesama guru pengguna platform, umpan balik dari objek aksi nyata mencakup tanggapan dan refleksi langsung dari peserta didik yang terlibat dalam suatu kegiatan atau materi pembelajaran. 

Dengan melibatkan mereka secara aktif dalam memberikan umpan balik, proses validasi menjadi lebih holistik, akurat, dan relevan dengan konteks pengalaman belajar masing-masing peserta didik.

Pentingnya Umpan Balik dari Objek Aksi Nyata:


1. Perspektif Langsung dari Peserta Didik:

Umpan balik dari objek aksi nyata, khususnya peserta didik, memberikan perspektif langsung dari orang yang mengalami dan terlibat dalam suatu kegiatan atau materi pembelajaran. Ini memberikan gambaran yang lebih akurat dan mendalam tentang efektivitas aksi nyata dalam mencapai tujuan pembelajaran.


2. Menilai Dampak Secara Nyata:

Objek aksi nyata dapat memberikan informasi konkret tentang dampak kegiatan atau materi pembelajaran terhadap pemahaman dan keterampilan mereka. Dengan demikian, umpan balik ini membantu dalam menilai sejauh mana suatu program atau kegiatan telah berhasil mencapai tujuannya.


3. Mendorong Tanggapan Terbuka dan Jujur:

Peserta didik memiliki kecenderungan memberikan tanggapan yang lebih terbuka dan jujur karena mereka berbicara dari pengalaman pribadi mereka sendiri. Hal ini dapat membantu dalam mengidentifikasi potensi perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun