Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apa yang Perlu Disiapkan Guru sebelum Observasi Kelas Menurut PMM? Simak 4 Hal Berikut!

23 Februari 2024   19:54 Diperbarui: 23 Februari 2024   20:02 1389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mengapa perlu observasi kelas?

Observasi kelas merupakan metode evaluasi yang krusial dalam ranah pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengawasi dan mengevaluasi dinamika proses pembelajaran di dalam ruang kelas, sekaligus memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi para guru dan siswa. Beberapa alasan penting yang mendukung perlunya pelaksanaan observasi kelas meliputi:

1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Observasi kelas berperan signifikan dalam upaya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang kelas. Dengan mengamati secara langsung proses pembelajaran, guru dapat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari metode pengajaran yang diterapkan. Observasi ini menjadi pintu masuk bagi guru untuk menemukan strategi baru yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

2. Menilai Kemajuan Siswa

Observasi kelas memungkinkan guru untuk mengevaluasi kemajuan belajar siswa. Melalui pengamatan interaksi antara guru dan siswa, serta hasil kerja siswa, guru dapat menilai sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Hal ini membantu guru merumuskan langkah-langkah selanjutnya untuk memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan.

3. Memberikan Umpan Balik yang Berkualitas

Observasi kelas menyediakan peluang untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada guru dan siswa. Dengan memberikan umpan balik yang tepat, guru dapat membantu siswa memperbaiki keterampilan dan pengetahuan mereka. Umpan balik juga berperan penting dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.

4. Meningkatkan Akuntabilitas

Observasi kelas memberikan kontribusi terhadap peningkatan akuntabilitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Melalui pengamatan ini, guru dapat memastikan bahwa mereka memenuhi standar yang telah ditetapkan, sementara siswa dapat meyakinkan diri bahwa mereka mendapatkan pengajaran yang berkualitas.

5. Meningkatkan Kolaborasi

Observasi kelas mendorong terbentuknya kolaborasi yang erat antara guru dan siswa. Dengan memperhatikan interaksi di antara mereka dan meninjau hasil kerja siswa, guru dapat memahami kebutuhan dan minat siswa. Dengan demikian, guru dapat menyesuaikan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual siswa.

Dengan menjalankan observasi kelas secara teratur, guru dapat memastikan bahwa proses pembelajaran di ruang kelas tidak hanya berjalan dengan baik dan efektif, tetapi juga dapat membantu siswa mencapai potensi belajar mereka yang penuh. Observasi kelas bukan hanya sekadar alat evaluasi, tetapi juga merupakan sarana untuk pengembangan kontinu dalam dunia pendidikan.

5 Hal yang perlu disiapkan guru sebelum observasi

Sebelum melaksanakan observasi kelas, seorang guru harus menjalani serangkaian persiapan untuk memastikan bahwa proses tersebut berjalan dengan baik dan efektif. Terdapat beberapa langkah yang perlu diambil guru dalam persiapan ini, yang melibatkan penetapan target perilaku, pemahaman mendalam terhadap target tersebut, penjadwalan observasi, penyediaan dokumen pendukung, serta persiapan mental dan fisik.

1. Menetapkan Target Perilaku

Langkah pertama yang harus diambil oleh seorang guru adalah menetapkan target perilaku yang ingin dicapai selama observasi kelas. Penetapan ini bertujuan untuk memberikan fokus pada aspek-aspek tertentu yang akan diamati dan dievaluasi. Dengan menetapkan target perilaku, guru dapat dengan lebih jelas mengidentifikasi tujuan observasi dan memastikan bahwa perhatiannya terarah pada hal-hal yang relevan.

2. Memahami upaya perilaku

Setelah menetapkan target perilaku, langkah berikutnya adalah mempelajari secara mendalam mengenai target tersebut. Guru perlu memahami definisi target perilaku, metode observasi yang akan digunakan, dan cara memberikan umpan balik yang efektif. Pemahaman yang baik terhadap target perilaku akan membantu guru untuk melibatkan diri secara lebih intensif selama observasi, serta memberikan evaluasi yang lebih akurat.

3. Jadwal observasi

Penjadwalan observasi kelas juga merupakan tahap krusial dalam persiapan. Guru perlu menentukan waktu dan durasi observasi dengan cermat, sambil memastikan bahwa proses ini tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di kelas. Penjadwalan yang baik akan membantu guru untuk fokus pada kegiatan pembelajaran yang terencana tanpa mengganggu kegiatan sehari-hari di kelas.

4. Persiapkan dokumen pendukung

Selain itu, guru perlu menyiapkan dokumen pendukung seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau modul ajar. Dokumen-dokumen ini akan menjadi pedoman selama observasi kelas dan membantu guru untuk memastikan bahwa kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Keberadaan dokumen pendukung juga dapat mendukung guru dalam memberikan umpan balik yang konstruktif kepada rekan sejawatnya.

Selanjutnya, persiapan mental dan fisik guru tidak kalah pentingnya. Guru perlu memastikan bahwa mereka berada dalam kondisi yang baik dan siap menghadapi berbagai situasi yang mungkin muncul selama observasi berlangsung. Kesejahteraan mental dan fisik guru dapat memengaruhi kualitas evaluasi dan umpan balik yang diberikan.

Dengan melakukan persiapan ini secara cermat, seorang guru dapat memastikan bahwa proses observasi kelas berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini tidak hanya membantu guru dalam memberikan umpan balik yang lebih akurat, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Observasi kelas yang terstruktur dan terarah akan memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai praktik pengajaran, memfasilitasi pertukaran pengalaman antar guru, dan mendorong terciptanya lingkungan pembelajaran yang lebih berkualitas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun