Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

3 Hal yang akan Diobservasi oleh Pengajar Praktik dalam Pendampingan Individu (PI) 4

24 Januari 2024   19:01 Diperbarui: 24 Januari 2024   19:05 276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan Individu 4 bagi Calon Guru Penggerak merupakan tonggak penting dalam pengembangan profesionalisme pendidik. Fase utama PI-4 ini menekankan pengawasan dan peningkatan modul pembelajaran, termasuk budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan sosial emosional. 

Melalui partisipasi aktif, calon guru penggerak dapat memperbaiki implementasi modul-modul ini dalam konteks pembelajaran mereka. 

Sasaran utamanya adalah membantu mereka membentuk lingkungan belajar inklusif, memastikan dukungan bagi perkembangan semua siswa secara holistik. 

Dengan demikian, PI-4 membawa peluang berharga bagi peningkatan profesionalisme dan peningkatan kualitas pendidikan.

3 Hal yang akan diobservasi

Fokus utama Pendampingan Individu ke-4 adalah Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran. Dalam pendampingan ini, penekanan diberikan pada pengawasan kelas Calon Guru Penggerak untuk mengevaluasi bagaimana modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial-emosional diterapkan. 

Observasi ini menjadi instrumen kunci dalam memahami dan meningkatkan efektivitas pendekatan pembelajaran mereka. Dengan demikian, tema utama PI-4 memusatkan perhatian pada pengembangan proses pembelajaran yang berfokus pada modul-modul tertentu, mendukung pertumbuhan guru yang akan datang dalam menghadapi dinamika ruang kelas.

Observasi berlangsung secara tatap muka selama 2 jam pelajaran, dengan durasi 2 x 35 menit (untuk SD) dan 2 x 40 menit (untuk SMP). 

Setelah observasi, sesi pasca-observasi melibatkan serangkaian kegiatan yang mencakup penyampaian tujuan, berbagi kesan hasil observasi, dan membahas langkah-langkah perbaikan terkait implementasi modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial-emosional. 

Proses ini mendukung kolaborasi konstruktif antara pendamping dan calon guru, membentuk dasar untuk peningkatan berkelanjutan dalam pengembangan profesionalisme pendidik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun