Sebagai seorang calon guru penggerak, visi saya tentang dunia pendidikan adalah memperjuangkan penciptaan lingkungan sekolah yang mendorong pertumbuhan integral bagi setiap murid. Visi ini bukan hanya sekadar impian, tetapi juga sebuah komitmen yang mendasari setiap langkah yang saya ambil dalam perjalanan menjadi seorang pendidik yang bermakna.
Sebelumnya, kita perlu memahami bahwa visi adalah representasi gambaran diri di masa depan. Visi ini mirip dengan sebuah lukisan lengkap di atas kanvas yang masih kosong. Visi juga bisa diibaratkan sebagai bintang penunjuk arah yang memandu perjalanan kita untuk mencapai tujuan di masa depan. Meskipun visi itu sendiri belum terwujud pada saat ini, namun ia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk mewujudkan dirinya di masa yang akan datang. Untuk mewujudkan visi ini, kita perlu merencanakan dan menyelaraskan upaya-upaya yang konsisten.
Visi saya sebagai seorang guru penggerak terkait dengan imajiku tentang murid di masa depan. Saya percaya bahwa sebagai pendidik, visi ini sangat penting karena akan memandu seluruh tindakan dan langkah-langkah yang saya ambil dalam perjalanan pendidikan. Mari kita jelajahi lebih dalam mengenai imajiku tentang murid di masa depan.
Visi saya tentang murid di masa depan mencakup berbagai aspek yang sangat penting dalam pendidikan. Saya ingin melihat murid-murid saya tumbuh sebagai individu yang ”perceka” dalam bahasa Sunda, perceka artinya seseorang yang memiliki banyak keahlian, terampil, serba bisa, pintar dan cakap dalam mengatur pekerjaan dan pandai berkomunikasi.
1. Percaya diri
Pelajar yang percaya diri adalah teman yang kuat dan hebat di sekolah. Mereka yakin bahwa mereka bisa belajar dengan baik dan mencapai impian mereka di sekolah. Mereka tidak takut untuk bertanya saat mereka tidak mengerti atau ikut serta dalam diskusi di kelas.
Mereka juga suka mencoba hal-hal baru. Ketika mereka gagal, mereka tidak sedih. Sebaliknya, mereka belajar dari kesalahan mereka dan mencoba lagi dengan semangat yang positif. Mereka juga suka bekerja sama dengan teman-teman mereka dalam kelompok, berbagi ide, dan saling membantu. Pelajar yang percaya diri seringkali mendapat nilai bagus dan membuat suasana sekolah menjadi lebih baik.
2. Cekatan
Pelajar yang cekatan adalah seperti penyihir pintar di dunia sekolah. Mereka memiliki kemampuan istimewa untuk dengan cepat dan cerdas menyelesaikan pekerjaan mereka. Mereka bisa menulis, membaca, dan berhitung dengan sangat baik, bahkan lebih cepat daripada yang lain.
Ketika guru memberi tugas, mereka mampu menyelesaikannya dengan cepat dan benar. Mereka juga ahli dalam memecahkan teka-teki dan bermain permainan yang memerlukan pikiran yang gesit.
Yang lebih istimewa lagi, pelajar yang cekatan selalu siap membantu teman-teman yang mungkin membutuhkan bantuan. Mereka adalah teman yang luar biasa untuk belajar dan bermain bersama. Ingat, dengan berlatih dan senang-senang, kita semua bisa menjadi pelajar yang cekatan!
3. Kreatif
Pelajar yang kreatif memiliki kemampuan luar biasa dalam menghasilkan ide-ide segar dan karya-karya yang belum pernah dilihat sebelumnya. Mereka mampu melahirkan konsep-konsep inovatif dari gabungan unsur-unsur yang ada, menghadirkan sesuatu yang unik dan berbeda dalam bentuknya. Kreativitas mereka melampaui batasan konvensional, memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi dan bereksperimen dengan beragam ide dan konsep. Pelajar kreatif seringkali menjadi sumber inspirasi bagi orang lain, mendorong pemikiran kritis, solusi unik, dan perkembangan seni dan pengetahuan yang baru. Kemampuan ini tidak hanya menciptakan perubahan, tetapi juga membawa semangat inovasi ke dalam dunia pendidikan dan masyarakat secara keseluruhan.
4. Agamis
Pelajar yang agamis adalah anak-anak yang sangat percaya kepada Tuhan dan selalu berusaha untuk melakukan hal-hal baik sesuai dengan ajaran agama mereka. Mereka sering berdoa dengan hati yang penuh rasa ikhlas dan menghormati nilai-nilai seperti kebaikan, kasih sayang, serta keadilan yang diajarkan oleh agama mereka.
Mereka juga selalu berusaha untuk bersikap baik kepada teman-teman mereka. Pelajar yang agamis suka membantu orang lain dan berbagi dengan yang membutuhkan. Mereka adalah contoh bagus tentang bagaimana menjadi orang yang baik, bersyukur, dan peduli terhadap dunia di sekitar kita. Kita bisa belajar banyak hal baik dari mereka.
Visi ini menjadi panduan utama dalam setiap langkah saya sebagai seorang guru penggerak. Visi ini adalah sumber inspirasi dan motivasi bagi saya untuk terus bekerja keras dalam mencapai tujuan ini. Namun, visi ini juga bukan hanya tentang saya sebagai guru. Visi ini adalah tentang masa depan pendidikan Indonesia dan kontribusi positif yang dapat kita berikan pada masyarakat dan bangsa kita.
Untuk mewujudkan visi ini, kolaborasi dengan berbagai pihak dalam lingkungan pendidikan sangat penting. Saya perlu bekerja sama dengan rekan-rekan guru, orang tua, siswa, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan integral murid.
Visi ini juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi orang lain untuk ikut serta dalam perjuangan ini. Ketika orang-orang melihat betapa berharganya visi ini, mereka akan merasa terdorong untuk berkontribusi dalam menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik.
Dalam perjalanan menjadi seorang guru penggerak, visi ini akan menjadi pedoman yang selalu saya pegang erat. Setiap langkah yang saya ambil, setiap keputusan yang saya buat, dan setiap tindakan yang saya lakukan akan selalu mencerminkan visi ini. Visi ini adalah komitmen saya untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan integral murid dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi masa depan dengan percaya diri dan kesuksesan.
Dengan visi yang jelas dan komitmen yang kuat, saya yakin bahwa kita dapat menciptakan perubahan yang positif dalam dunia pendidikan. Murid-murid kita akan menjadi generasi yang unggul, memiliki karakter yang baik, wawasan yang luas, dan kemampuan menguasai teknologi. Dengan begitu, mereka akan mampu berkontribusi pada kemajuan masyarakat dan bangsa kita.
Visi ini bukan hanya tentang impian saya sebagai seorang guru, tetapi juga impian untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia melalui pendidikan. Saya meyakini bahwa pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk masa depan bangsa, dan visi ini adalah langkah awal dalam perjalanan panjang menuju cita-cita tersebut.
Dengan demikian, visi saya sebagai seorang calon guru penggerak adalah menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pertumbuhan integral bagi setiap murid, berlandaskan pada nilai-nilai humanisme, inklusivitas, dan pembelajaran sepanjang hayat. Visi ini adalah bintang penunjuk arah yang memandu perjalanan pendidikan kita, dan saya berkomitmen untuk bekerja keras demi mewujudkannya. Semoga visi ini juga dapat menginspirasi orang lain untuk bergabung dalam perjuangan ini, sehingga bersama kita dapat menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik untuk generasi mendatang. Terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H