Tiktok sudah begitu viral dan menyebar  menular saat berisi video orang menari-nari.Â
Bahkan banyak video lucu yang memparodikan orang marah-marah saat diperlihatkan video dan musik dari tiktok langsung menari.Â
Saat itu tiktok begitu menghipnotis dan mempengaruhi banyak orang, tak heran penonton  dan penggunanya langsung meledak.Â
Tak salah juga kalau kemudian ada tiktok shop bisa menjangkau jutaan pengguna tiktok. Akun ini menggunakan akun bisnis.
Fenomena artis yang menjadi konten kreator dan host di tiktok untuk mempromosikan  dagangan hingga terjual jutaan item cukup menghebohkan.
Hal ini diduga karena para publik figur itu  mempunyai banyak penggemar yang menonton videonya.
Apalagi saat live streaming, pengguna tiktok bisa berinteraksi dengan artis pujaannya. Ditambah barang-barang yang ditawarkan lebih murah daripada yang ditawarkan oleh pedagang pada umumnya.Â
Terkadang asal bisa berinteraksi dengan artis idolanya, mendapat barang dengan harga murah, para konsumen langsung kalap memborong tanpa mengecek kualitasnya.
Tak heran dalam sekian jam, para artis atau publik figur ada yang bisa untung sampai milyaran. Ini tentu menyenangkan, sekaligus memprihatinkan saat banyak pelaku UMKM yang dagangannya tak laku.
Tapi menurut Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure Yuswohady yang dilansir dari finance.detik.com. Popularitas artis dalam sebuah bisnis kuliner bukan faktor pendukung utama.
Ada beberapa faktor yang jauh lebih penting agar konsumen tertarik, yakni :
-kualitas produk,
-inovasi produkÂ
- kepuasan konsumen.
Sehabis shalat Maghrib berjamaah, saya duduk memakai kaos kaki sambil bertumpu alas kaki.
Tanpa sengaja, mata saya melirik sandal di sebelah. Ealah...ada tulisan nya TikTok shop dengan logo not balok. Itu gambar bulatan yang pakai bendera. Hihihi...
Jadi ingat tetangga yang bingung saat mencari kaos seragam agustusan bulan kemarin.
"Gampang! Di tiktok banyak. Beli di tiktok saja.Harganya juga murah," katanya. Terpercaya juga.
Tiktok memang mempunyai keunggulan, di antaranya :
1. Ada fitur live streaming yang bisa dimanfaatkan untuk promosi produk dan jualan. Terkadang obral besar dan diskon nggak kira-kira. Menarik, kan?
2. Riwayat barang dan status pengiriman bisa ditelusuri.
3. Bisa memilih barang yang diinginkan dengan harga termurah.
Melihat kelebihan platform tiktok shop, sayang kalau potensi ini dilarang karena mematikan UMKM. Bukankah sebaiknya justru UMKM didukung untuk ikut memanfaatkan platform digital?Â
Hal ini sejalan dengan saran salah seorang kompasianer, yang merupakan Doktor Ilmu Filsafat dan Master ekonomi lulusan University of Leeds, Inggris, Junanto Herdiawan.
 Beliau mengajak kompasianer  menumbuhkan optimisme UMKM untuk pulih lebih kuat dari tekanan ekonomi akibat pandemi COVID-19.Â
Salah satu langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan pengoptimalan penggunaan pembayaran digital. Tentunya platform tiktok shop ini bisa menjadi salah satu pilihan.
Bagaimana, setuju dengan hal ini?
Lalu bagaimana cara memanfaatkan platform tiktok shop?
Dikutip dari support.tiktok.com, Siapapun yang berniat mempromosikan bisnis mereka di tiktok shop, baik produk atau layanan harus menggunakan akun bisnis.
Dengan akun bisnis, maka keuntungan yang didapat adalah :
1. Akun Bisnis yang melibatkan konsumen dengan cara yang menarik.
 Misalnya, akun bisnis dapat membuat konten organik yang dapat digunakan oleh orang-orang di TikTok, dan bisa berinteraksi secara langsung dengan konsumen dan pengguna lainnya.
2. Akun bisnis  mengarahkan pengguna fokus pada komersial, dan memiliki akses ke alat bisnis lanjutan.Â
Hal ini membantu strategi pemasaran yang lebih komprehensif.
Referensi :
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H