TUGAS 1.3.A.8 KONEKSI ANTAR MATERI- VISI GURU PENGGERAK
Pendidikan  terus maju dan bergerak
Tetap semangat cgp Angkatan 7
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Saya Istiqomah,S.Pd
TKS BUDHI MULYO
Cgp Angkatan 7 Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur
Â
Fasilitator : Â Bapak Dr. Nurul Iskandar,S.Pd,M.Mpd
Pengajar Praktik : Â Bapak Suryadi,S.Pd,M.
Koneksi Antar Materi 1.3.a.8
Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Apa yang bapak/ibu pahami mengenai kaitan Peran pendidik dalam mewujudkan filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan  Paradigma Inkuiri Apresiatif( IA) di sekolah Bapak/Ibu ?
  1.1 FILOSOFI  PENDIDIKAN KHD
Menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan
Setinggi tingginya baik sebagai manusia maupun masyarakat.
  1.2 NILAI & PERAN  GURU PENGGERAK
Nilai Guru Penggerak : - Berpihak pada murid,- Mandiri, - Reflektif, - Kolaboratif, - Inovatif
Peran Guru Penggerak : - Menjadi pemimpin pembelajaran, - Mewujudkan kepemimpinan murid, -Mendorong Kolaborasi, - Menjadi Coach bagi guru lain, - Menggerakkan komunitas Praktisi
1.3 VISI GURU PENGGERAK
Paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) dengan  tahapan BAGJA
Koneksi antar materi
1.1  Filosofi Pendidikan KHD, 1.2 Nilai & Peran Guru Penggerak, 1.3 Visi Guru Penggerak  Â
 Impian murid dimasa mendatang adalah mewujudkan Filosofi Pendidikan KHD dan Profil Pelajar
Pancasila
Keterkaitan Materi ( MODUL )
1.1 Â Filosofi Pendidikan KHD dan 1.3 Visi Guru Penggerak adalah Seorang GP mampu mewujudkan filosofi
Pendidikan KHD dan profil Pelajar pancasila dalam Rumusan Visi dengan Paradigma Inkuiri Apresiasi
Koneksi Antar Materi ( MODUL )
1.2 Nilai & Peran dan 1.3 Visi Guru Penggerak adalah Seorang GP harus memiliki nilai GP dan Mencerminkan
 Peran Guru Penggerak dalam mewujudkan visi dengan Paradigma IA ( Inkuiri Apresiatif )
KESIMPULAN KETERKAITAN MATERI ( MODUL)
1.1 FIilosofi Pendidikan KHD, 1.2 Nilai & Peran Guru Penggerak, 1.3 Visi Guru Penggerak
   Adalah Seorang Guru Penggerak  harus memiliki nilai GP dan mencerminkan peran  guru Penggerak dalam   menyusun dan melaksanakan visi dengan paradigma IA untuk mewujudkan filosofi pendidikan KHD dan Profil pelajar pancasila
Visi Guru Penggerak adalah suatu cita cita,impian,harapan,seorang
Guru Penggerak
Dalam mewujudkan sekolah impian dimasa mendatang yang
Berlandaskan Filosofi pemikiran KHD dan profil pelajar pancasila
Paradigma Inkuiri Apresiatif ( IA ) dengan tahapan BAGJA adalah sebuah
Alur atau kerangka perencanaan terukur,konkrit dan sistematis
Dalam menyusun sebuah visi
Inkuiri Apresiatif adalah pendekatan managemen
Perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan
(David Cooperrider,2015)
BAGJA adalah tahapan-tahapan perencanaan
(bahagia).
 Sesuai dengan pemaparan tersebut, saya merumuskan
Mewujudkan siswa berkarakter (berbudi dan berahlaqul karimah
),mandiri ,kreatif menuju merdeka belajar
Prakarsa Perububahan
Mewujudkan siswa berkarakter ,mandiri ,kreatif menuju merdeka belajar
Â
Terimakasih...
Wassalamu'alaikum wr.wb
PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H