Mohon tunggu...
ISTIQOMAH ISTIQOMAH
ISTIQOMAH ISTIQOMAH Mohon Tunggu... Guru - Guru kelas TKS BUDHI MULYO SARIMULYO CLURING

Guru TKS BUDHI MULYO GP Angkatan 7

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

28 September 2023   14:21 Diperbarui: 28 September 2023   14:29 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

TUGAS 1.3.A.8 KONEKSI ANTAR MATERI- VISI GURU PENGGERAK

Pendidikan  terus maju dan bergerak

Tetap semangat cgp Angkatan 7

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Saya Istiqomah,S.Pd

TKS BUDHI MULYO

Cgp Angkatan 7 Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur

 

Fasilitator :  Bapak Dr. Nurul Iskandar,S.Pd,M.Mpd

Pengajar Praktik :  Bapak Suryadi,S.Pd,M.

Koneksi Antar Materi 1.3.a.8

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Apa yang bapak/ibu pahami mengenai kaitan Peran pendidik dalam mewujudkan filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan  Paradigma Inkuiri Apresiatif( IA) di sekolah Bapak/Ibu ?

   1.1 FILOSOFI  PENDIDIKAN KHD

Menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan

Setinggi tingginya baik sebagai manusia maupun masyarakat.

   1.2 NILAI & PERAN   GURU PENGGERAK

Nilai Guru Penggerak : - Berpihak pada murid,- Mandiri, - Reflektif, - Kolaboratif, - Inovatif

Peran Guru Penggerak : - Menjadi pemimpin pembelajaran, - Mewujudkan kepemimpinan murid, -Mendorong Kolaborasi, - Menjadi Coach bagi guru lain, - Menggerakkan komunitas Praktisi

1.3 VISI GURU PENGGERAK

Paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) dengan  tahapan BAGJA

Koneksi antar materi

1.1  Filosofi Pendidikan KHD, 1.2 Nilai & Peran Guru Penggerak, 1.3 Visi Guru Penggerak    

 Impian murid dimasa mendatang adalah mewujudkan Filosofi Pendidikan KHD dan Profil Pelajar

Pancasila

Keterkaitan Materi ( MODUL )

1.1  Filosofi Pendidikan KHD dan 1.3 Visi Guru Penggerak adalah Seorang GP mampu mewujudkan filosofi

Pendidikan KHD dan profil Pelajar pancasila dalam Rumusan Visi dengan Paradigma Inkuiri Apresiasi

Koneksi Antar Materi ( MODUL )

1.2 Nilai & Peran dan 1.3 Visi Guru Penggerak adalah Seorang GP harus memiliki nilai GP dan Mencerminkan

 Peran Guru Penggerak dalam mewujudkan visi dengan Paradigma IA ( Inkuiri Apresiatif )

KESIMPULAN KETERKAITAN MATERI ( MODUL)

1.1 FIilosofi Pendidikan KHD, 1.2 Nilai & Peran Guru Penggerak, 1.3 Visi Guru Penggerak

     Adalah Seorang Guru Penggerak  harus memiliki nilai GP dan mencerminkan peran  guru Penggerak dalam     menyusun dan melaksanakan visi dengan paradigma IA untuk mewujudkan filosofi pendidikan KHD dan Profil pelajar pancasila

Visi Guru Penggerak adalah suatu cita cita,impian,harapan,seorang

Guru Penggerak

Dalam mewujudkan sekolah impian dimasa mendatang yang

Berlandaskan Filosofi pemikiran KHD dan profil pelajar pancasila

Paradigma Inkuiri Apresiatif ( IA ) dengan tahapan BAGJA adalah sebuah

Alur atau kerangka perencanaan terukur,konkrit dan sistematis

Dalam menyusun sebuah visi

Inkuiri Apresiatif adalah pendekatan managemen

Perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan

(David Cooperrider,2015)

BAGJA adalah tahapan-tahapan perencanaan

(bahagia).

 Sesuai dengan pemaparan tersebut, saya merumuskan

Mewujudkan siswa berkarakter (berbudi dan berahlaqul karimah

),mandiri ,kreatif menuju merdeka belajar

Prakarsa Perububahan

Mewujudkan siswa berkarakter ,mandiri ,kreatif menuju merdeka belajar

 

Terimakasih...

Wassalamu'alaikum wr.wb

PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun