K-Pop telah sukses membius 178 juta orang secara global. Nilai ekspor konten budaya Korea Selatan tahun 2018, mencapai 1,15 miliar dollar AS. Itu setara dengan enam kali lipat total ekpor Indonesia. Duh!
Di Indonesia 7,48 Miliar Streaming K-Pop
Korean Pop, K-Pop. Itulah brand industri budaya Korea Selatan yang membuat publik dunia tergila-gila. Korean Foundation, Fans Korean Pop, mencatat, fans K-Pop secara global mencapai 178 juta orang. Dan, jumlah fans K-Pop di Indonesia, luar biasa banyaknya.
Bahkan, jumlah total streaming musik K-Pop di negeri ini, sudah mencapai 7,48 miliar streaming. Dari 7 negara yang paling banyak streaming K-Pop-nya pada tahun 2023, Indonesia menempati ranking ke-3, di bawah Jepang dan Amerika Serikat. Korea Selatan sebagai negara asal K-Pop, berada di ranking ke-4.
Korean Pop sebagai aliran musik, digarap industri budaya Korea Selatan dengan sungguh-sungguh. Berbagai genre diciptakan. Antara lain, hip-hop, jazz, rock, electronic dance, dan sebagainya. Semua itu dikolaborasikan dengan tarian modern, dengan para penampil yang benar-benar good looking.
Itu adalah bagian dari strategi pemerintah Korea Selatan dalam menciptakan industri budaya, agar mampu merambah pasar global. Mereka menyiapkan serta mengeksekusi strategi itu, secara cermat. The right man on the right place, menempatkan sumber daya manusia yang tepat, mengacu kepada tujuan yang sudah ditetapkan.
Terbukti, sudah 178 juta orang lebih menjadi fans K-Pop secara global. Dan, total streaming musik K-Pop di Indonesia, sudah mencapai 7,48 miliar streaming. Jumlah yang sangat fantastis. Karena itulah, berbagai elemen di Korea Selatan, mengawasi dengan ketat, agar prinsip The right man on the right place, benar-benar ditegakkan di berbagai lini.
Kenapa? Karena, hasilnya bukan hanya sekadar meng-global. Hasilnya pun fantastis. Pada tahun 2021 misalnya, nilai ekspor konten budaya Korea Selatan tersebut, mencapai rekor tertinggi sepanjang masa, sebesar 12,4 miliar dolar Amerika Serikat. Setara dengan Rp 193 triliun.
Hasil itu sangat progresif. Mari kita tengok ke belakang. Pada Minggu, 21 Maret 2021, Kompas.id melansir, nilai ekspor konten budaya Korea Selatan tahun 2018, mencapai 1,15 miliar dollar AS. Itu setara dengan enam kali lipat total ekpor Indonesia.
Ingat, setara dengan enam kali lipat total ekpor Indonesia. Menurut saya, salah satu faktor utama dari pencapaian Korea Selatan tersebut adalah The right man on the right place, menempatkan sumber daya manusia yang tepat, mengacu kepada tujuan yang sudah ditetapkan.