Mohon tunggu...
Isson Khairul
Isson Khairul Mohon Tunggu... Jurnalis - Journalist | Video Journalist | Content Creator | Content Research | Corporate Communication | Media Monitoring

Kanal #Reportase #Feature #Opini saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul dan https://www.kompasiana.com/issonkhairul4358 Kanal #Fiksi #Puisi #Cerpen saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul-fiction Profil Profesional saya: https://id.linkedin.com/pub/isson-khairul/6b/288/3b1 Social Media saya: https://www.facebook.com/issonkhairul, https://twitter.com/issonisson, Instagram isson_khairul Silakan kontak saya di: dailyquest.data@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pers Proklamasi vs Hoaks Reformasi

15 Agustus 2021   10:28 Diperbarui: 15 Agustus 2021   20:07 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kredibilitas media di masa Proklamasi Kemerdekaan. Bagaimana dengan hoaks? Foto: isson khairul

17 Agustus segera tiba. Ini untuk ke-76 kalinya, kita merayakan Proklamasi Kemerdekaan. Ritual penting di perayaan tersebut adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta mengibarkan sangsaka Merah Putih. Di berbagai pelosok negeri, di perkampungan kumuh maupun di kawasan gedung mentereng, Merah Putih dikibarkan.

Soeara Asia dan Tjahaja

Bendera Merah Putih tersebut adalah identitas bangsa, lambang kedaulatan negeri, sebagai negara yang merdeka. Titik penandanya adalah deklarasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Lagu Indonesia Raya menjadi komponen identitas bangsa, yang tak terpisahkan dengan Merah Putih. Menyatu-padu, sebagaimana halnya Soekarno-Hatta, dwitunggal Proklamator bumi pertiwi ini.

Kemerdekaan diproklamirkan. Lagu Indonesia Raya digelorakan. Seluruh rakyat harus tahu, untuk menyatukan spirit kebangsaan. Untuk menumbuhkan kepercayaan diri. Dunia juga harus tahu, untuk mendapatkan pengakuan, sebagai bagian dari negara-negara di dunia yang sudah merdeka. Sudah berdaulat.


Itulah salah satu peran pers, menyebar-luaskan Proklamasi Kemerdekaan ke seluruh penjuru bumi. Media pers yang ada pada tahun 1945 itu adalah radio dan surat kabar. Ada dua suratkabar, yang pertama kali memberitakan tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu Soeara Asia yang terbit di Jogjakarta dan Tjahaja yang terbit di Bandung.

Soeara Asia dan Tjahaja adalah dua surat kabar propaganda Jepang, yang menjajah Indonesia. Meski koran penjajah, pengelola kedua media tersebut tak bisa mengingkari fakta bahwa negeri ini sudah merdeka. Kemerdekaan Indonesia sudah diproklamirkan oleh Soekarno-Hatta. Sehari setelah Proklamasi, 18 Agustus 1945, kedua koran propaganda Jepang tersebut mem-publish berita tentang Kemerdekaan Indonesia.

Nyaris tak ada yang menyangsikan berita tersebut. Rakyat menyambutnya dengan penuh suka-cita. Itulah kredibilitas media, kredibilitas surat kabar di masa Proklamasi. Ahli media Herbert Marshall McLuhan menyebut, medium is message. Situasi kondisi Pers di masa Proklamasi tersebut, sangat berbeda dengan kondisi Pers di era Reformasi, yang tahun-tahun belakangan ini bising oleh media mainstream, media abal-abal, serta dominasi media sosial.

Hoaks menyebar serta menjalar ke mana-mana. Informasi membanjiri saluran digital. Tiap orang merasa memiliki otoritas untuk memproduksi serta menyebarkan informasi. Pemerhati media menyebut, kondisi ini sebagai tsunami informasi. Warga seakan berada dalam labirin, untuk menemukan informasi yang akuntabel, yang kredibilitasnya layak dipertanggungjawabkan.

Bambang Harymurti dan Atmaji Sumarkidjo

Bambang Harymurti, mantan Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, menyebut, hoaks adalah tantangan terbesar jurnalisme kini. Hoaks bukan hanya menjadi masalah bagi pers, tapi sudah menjadi masalah sosial, politik, ekonomi yang merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat. Bagi pers, masa-masa ini merupakan proses untuk pers mencapai posisi yang lebih kredibel.

Dengan daya rusak yang demikian hebat, akan kah hoaks membunuh sendi-sendi jurnalisme yang mengedepankan akurasi serta kredibilitas? Atmaji Sumarkidjo, mantan jurnalis senior surat kabar Sinar Harapan, menilai, nilai-nilai pers benar-benar sudah punah oleh dominasi media sosial yang telah menguasai hajat hidup publik.

Sebegitu pesimis kah? Berbeda dengan Atmaji Sumarkidjo, Bambang Harymurti menilai, kondisi pers kini adalah tahap proses untuk sampai pada satu titik akan kembali ke level kredibilitas, yang mungkin lebih tinggi nilainya dibanding Pers masa Proklamasi.

Pesimisme Atmaji Sumarkidjo dan optimisme Bambang Harymurti adalah realitas terbelahnya mantan pelaku pers menyikapi situasi kondisi pers kini. Keterbelahan sikap tersebut juga terjadi di tengah masyarakat sebagai pihak yang akan menjadi konsumen media. Artinya, kompetisi antar media menjadi semakin sengit untuk merebut pembaca-pemirsa-pendengar demi kelangsungan hidup perusahaan media yang bersangkutan.

Nah, dalam konteks ini, model bisnis media tentulah harus berubah. Bukan hanya berubah bagian demi bagian, tapi pers benar-benar harus me-reformasi diri secara total, agar available serta menjawab kebutuhan publik era digital. Publik penghuni bumi yang sudah borderless. Hidup tanpa sekat.

The New York Times dan Harian Kompas

Dari sejumlah publikasi, saya membaca, sejauh ini surat kabar The New York Times (TNYT) yang sudah melakukan reformasi model bisnisnya, sejak jauh-jauh hari. Di awal reformasi model bisnisnya, para jurnalis media terkemuka dunia tersebut kelabakan. Kenapa? Karena, tiap jurnalis bukan hanya meliput, menulis, dan memosting, tapi juga wajib men-share tulisan mereka dengan akun media sosial masing-masing.

Hasilnya? Beberapa waktu setelah me-reformasi model bisnisnya, pendapatan iklan edisi digital TNYT terus menanjak secara bertahap, hingga melebihi pendapatan iklan TNYT versi cetak. Beberapa hari lalu, Harian Kompas bahkan mengulas hal tersebut dalam Tajuk Rencana edisi Sabtu, 7 Agustus 2021, halaman 6.

Di situ dituliskan, dalam rentang Januari 2020-Juni 2021, pelanggan produk digital The New York Times, bertambah 2,738 juta pelanggan. Surat kabar asal New York, Amerika Serikat, tersebut membukukan pendapatan Rp 12,6 triliun sepanjang semester pertama 2021. Sementara itu, edisi cetaknya masih tetap terbit. Kisah sukses surat kabar ini mengubah model bisnisnya, layak dijadikan inspirasi oleh media lain.

Oh, ya, koran ini diterbitkan pertama kali pada 18 September 1851 oleh Henry Jarvis Raymond, seorang jurnalis dan politikus, bersama George Jones, seorang bankir. Saat itu namanya New-York Daily Times. Nama The New York Times mulai digunakan sejak tahun 1857 untuk edisi Senin-Sabtu dan edisi Minggu-nya mulai terbit sejak 21 April 1861.

Tentu, bukan suatu kebetulan, Harian Kompas sampai mengulas, bahkan menempatkannya di laman Tajuk Rencana. Menurut saya, ini bagian dari upaya Kompas untuk memotivasi team kerjanya secara internal, sekaligus untuk memotivasi pelaku industri pers secara nasional. Maksudnya, tentu saja dalam konteks me-reformasi model bisnis.

Harian Kompas sendiri sudah beberapa tahun belakangan mengembangkan versi digitalnya lewat kompas.id, dengan sistem berlangganan berbayar, seperti yang sudah dilakukan TNYT sebelumnya. Jumlah halaman di kompas.id, lebih banyak bila dibandingkan dengan Harian Kompas yang terbit pada hari yang sama.

Saya belum punya data, berapa jumlah pelanggan Harian Kompas dan pelanggan versi digital kompas.id. Demikian pula dengan pendapatan iklannya. Menurut saya, reformasi model bisnis media yang sudah dieksekusi Harian Kompas, tentulah sudah menuju ke arah untuk menjawab kebutuhan publik era digital. Publik penghuni bumi yang sudah borderless. Hidup tanpa sekat.

Jakarta 15 Agustus 2021

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun