Industri baja dari China saat ini menguasai 50 persen pasar dunia. Semua perusahaan baja dunia menyurati China. Kita marah semua. China sulit sekali dihadapi. Itulah keluhan Purwono Widodo, Direktur Pemasaran Krakatau Steel.
Rentetan keluhan Purwono Widodo itu, saya baca kemarin, Kamis (03/08/2017), di Kompas.com. Ini tentu saja tidak mengagetkan. Kenapa? Karena, kategori industri yang lain sudah mengalami tekanan dari produk China, jauh sebelumnya. Industri mainan anak-anak, misalnya, sudah babak-belur oleh mainan anak-anak buatan China, sejak awal tahun 2010. Terus, sejak akhir tahun 2011, batik buatan China sudah membanjiri pasar Tanah Abang dan pasar lain di tanah air. Industri tekstil dan garmen kita, terdesak. Terus, apa strategi Krakatau Steel?
China Selalu Banjiri Produk
Kita tahu, strategi China tetap konsisten dari tahun ke tahun: membanjiri negara tujuan dengan produknya. Misalnya, pada tahun 2013. Indonesia butuh produk besi dan baja impor, hanya lima juta ton. Apa yang terjadi? China membanjiri pasar Indonesia dengan produk besi dan baja mencapai 10 juta ton. Akibatnya, pasar besi dan baja dalam negeri terdistorsi. Sebagai produsen baja, Krakatau Steel tentu memiliki catatan khusus tentang hal tersebut.
Jadi, meski semua perusahaan baja dunia menyurati China agar mengurangi produksi bajanya, besar kemungkinan China tidak akan mau didikte. Mari kita belajar dari situasi tahun 2013 tersebut. Pada tahun itu, pasar Eropa sedang menciut, hanya mampu menyerap 10 juta ton besi dan baja. Dalam kondisi normal, China memasok pasar Eropa 23 juta ton. Apakah China mengurangi produksinya? Tidak. China justru membanjiri pasar di negara-negara di luar pasar Eropa, agar negara-negara tersebut menyerap 13 juta ton produk, yang tidak terserap oleh pasar Eropa.
Itu baru perusahaan yang direct berinvestasi dari China. Ada sejumlah perusahaan China lainnya, yang berbasis di Singapura, kemudian berinvestasi di negeri kita. Kalau yang masuk via Singapura itu dicatat sebagai investor China, barangkali posisi China sudah menjadi negara investor nomor 1 di Indonesia. Posisi nomor 1 itu memang diinginkan oleh China. Lihatlah, volume investasi direct China ke Indonesia, dari tahun 2015 hingga pertengahan tahun 2016, melonjak hingga 532 persen. Sekretaris Jenderal Kamar Dagang China di Indonesia, Liu Cheng, pada Rabu (18/01/2017), Â mengatakan, China terus berkomitmen untuk menjadi investor nomor satu di Indonesia.
China Tujuan Ekspor Utama
Melihat agresivitas China dalam berinvestasi, mencermati investasi China di Indonesia, maukah China mengurangi produksi bajanya, hanya karena permintaan Krakatau Steel? Atau, hanya karena permintaan pengusaha baja dari negara-negara Asean? Saya pikir, tidak. China bukan negara yang mau didikte, setidaknya dalam urusan perdagangan. Dan, kita tahu, China sangat penting artinya bagi perdagangan Indonesia. Kenapa? Karena, China merupakan negara yang menjadi tujuan utama ekspor non-migas Indonesia.
Kembali ke baja, kebutuhan China sendiri hanya di kisaran 400-550 juta ton. Sementara, China konsisten memproduksi baja mencapai 800 juta ton per tahun. Dengan demikian, ada 400 juta ton baja China yang diproduksi untuk membanjiri pasar dunia. Bandingkan dengan kapasitas terpasang Krakatau Steel yang saat ini hanya 4 juta ton baja per tahun. Sementara, kebutuhan dalam negeri tahun ini diperkirakan menembus 15 juta ton. Artinya, produksi baja Krakatau Steel masih jauh untuk mampu memenuhi permintaan domestik. Dan, secara finansial, Krakatau Steel terus mencatatkan kerugian, sejak tahun 2012. "Untuk semester kedua tahun ini, kami sudah bisa cetak profit," ujar Dirut Krakatau Steel, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.