Mohon tunggu...
Isson Khairul
Isson Khairul Mohon Tunggu... Jurnalis - Journalist | Video Journalist | Content Creator | Content Research | Corporate Communication | Media Monitoring

Kanal #Reportase #Feature #Opini saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul dan https://www.kompasiana.com/issonkhairul4358 Kanal #Fiksi #Puisi #Cerpen saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul-fiction Profil Profesional saya: https://id.linkedin.com/pub/isson-khairul/6b/288/3b1 Social Media saya: https://www.facebook.com/issonkhairul, https://twitter.com/issonisson, Instagram isson_khairul Silakan kontak saya di: dailyquest.data@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Federal Oil "Spesialis Dingin", Diuji Endurance Journey dan Terbukti Spesial

18 September 2015   10:55 Diperbarui: 18 September 2015   11:04 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Peserta Endurance Journey with Federal Oil saat melibas tikungan tajam selepas Lhokseumawe, Aceh. "Federal Oil adalah oli spesial. Itu bukan omong kosong. Ini pembuktiannya,” kata Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur Federal Karyatama. Patrick (kanan) dan tim, akan terus melakukan inovasi, mencari formulasi tepat lainnya, untuk membuat performa mesin menjadi lebih baik. Foto: federaloil.co.id dan isson khairul

Oleh: isson khairul (id.linkedin.com/pub/isson-khairul/6b/288/3b1/ - dailyquest.data@gmail.com)

Federal Oil dikibarkan Patrick Adhiatmadja[1] sebagai pelumas spesialis dingin, spesial untuk sepeda motor. Janji Federal Oil tersebut diuji di medan yang ekstrem, dari Banda Aceh hingga DKI Jakarta, sejauh 3.514 kilometer.

”Kami ingin membuktikan bahwa Federal Oil tidak bohong,” ujar Patrick Adhiatmadja, Chief Executive Officer (CEO) Federal Karyatama, yang memproduksi Federal Oil. Itu ia ucapkan di kantornya, di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, pada Rabu (9/9/2015), lalu. Suaranya datar dan senyumnya juga wajar. Ia sama dinginnya dengan pelumas Federal Oil, ciptaannya. Bahkan, ketika pembawa acara keliru menyebut namanya dengan Petrus, ia tidak terbakar, hanya menanggapinya dengan santai dan senyum wajar.

Transparan, Terbuka untuk Diuji

Bila ada yang menyimpulkan bahwa sebuah produk adalah cerminan penciptanya, maka Federal Oil dan Patrick Adhiatmadja adalah salah satu contoh kongkritnya. Ketika pertama kali memimpin Federal Karyatama, pada tahun 2012, ia memutar arah bisnis perusahaan, yang bertolak-belakang dengan arah sebelumnya. Dulu, Federal Oil sudah cukup nyaman dengan hanya memasok kebutuhan pelumas untuk jaringan bengkel resmi Honda[2]. Sejak tahun 2012 itu, Patrick Adhiatmadja harus berjuang memasarkan Federal Oil di pasar aftermarket. Bertarung di pasar bebas.

"Kami secara terbuka menjelaskan kepada tim kerja, kalau dulu kita berlayar ke arah utara, sekarang mau ke timur. Saya orangnya transparan, menjelaskan management style seperti ini, berharap seluruh awak kapal punya tujuan satu arah yang sama,” ujar Patrick Adhiatmadja, waktu itu[3]. Sikap transparan itu pulalah yang ditunjukkan Patrick dalam menghadapi konsumen. Ia, misalnya, selama ini mem-branding Federal Oil sebagai pelumas spesial dingin untuk sepeda motor. Klaim spesial dingin tersebut, ditetapkan secara sungguh-sungguh.

Antara lain, melalui inovasi tiada henti di laboratorium, pusat riset, dan di devisi pengembangan produk. Proses evolusi produk itu, ia komunikasikan secara transparan kepada publik, melalui berbagai saluran komunikasi[4]. Bersamaan dengan itu, Patrick Adhiatmadja beserta jajarannya, juga tiada henti mendengarkan masukan dan keinginan konsumen, sebagai salah satu komponen untuk meningkatkan kualitas Federal Oil[5].

Cukupkah semua itu? Belum. “Kami ingin Federal Oil teruji secara kualitas, diuji oleh pihak yang benar-benar independen, hingga hasilnya bermanfaat untuk kami dan bermanfaat pula untuk konsumen,” tutur Patrick Adhiatmadja, tetap dengan suara datar dan diiringi senyum yang wajar. Spirit transparan inilah yang kemudian menjadi titik pertemuan antara Federal Oil dengan tim Motor Plus, media otomotif dari Kompas Gramedia Grup, yang memang mengkhususkan diri mengolah berbagai informasi yang relevan dengan sepeda motor.

Aong C. Ulinnuha, Editor In Chief Motor Plus (tengah) memaparkan sejumlah temuan dari pelaksanaan Endurance Journey. Melalui forum transparansi publik ini, Federal Oil menempatkan kualitas sebagai acuan utama, sebagai wujud keberpihakan kepada konsumen. Endurance Journey tidak bertujuan untuk membandingkan Federal Oil dengan produk pelumas kompetitor. Tapi, untuk membuktikan bahwa produk oli yang dikeluarkan oleh Federal Oil, benar-benar produk yang spesial. Foto: federaloil.co.id dan isson khairul

Independen, Menjaga Hasil Uji

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun