INTEGRASI NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SD
 Isnaini Nur Afifah
Pendahuluan
Kesadaran lingkungan merupakan aspek penting dalam pendidikan yang perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, terutama pada tingkat pendidikan dasar (Ludiya, 2024). Di usia yang masih belia, anak-anak berada pada tahap perkembangan kognitif dan sosial yang sangat sensitif terhadap pembelajaran yang bersifat aplikatif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka (Fatwa et al., 2024). Salah satu cara yang efektif untuk membangun kesadaran lingkungan adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai kewarganegaraan dalam proses pendidikan (Rahmatiani, 2020).Â
Nilai-nilai kewarganegaraan, seperti tanggung jawab sosial, rasa kepedulian terhadap sesama, dan partisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, memiliki korelasi yang erat dengan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan (Lestari, 2023). Anak-anak pada usia ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga mereka cenderung mudah menerima nilai-nilai baru yang diajarkan secara kreatif dan aplikatif. Oleh karena itu, mengajarkan kesadaran lingkungan dapat membantu siswa SD memahami isu lingkungan dan dapat menciptakan perubahan positif dalam masyarakat (Aisyah et al, 2024)
Tujuan
Tujuan essai ini adalah untuk menjelaskan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai kewarganegaraan dalam pembelajaran kesadaran lingkungan di SD. Dengan pendekatan ini, siswa diharapkan memahami tanggung jawab mereka terhadap lingkungan sebagai bagian dari kewajiban sosial. Essai ini bertujuan menunjukkan bagaimana nilai-nilai seperti kepedulian, partisipasi, dan kebersamaan dapat membentuk karakter siswa. Hal ini diharapkan dapat mendorong mereka untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam. Dengan demikian, kesadaran lingkungan yang kuat dapat terbangun sejak dini.
Pembahasan
1. Peran PKn dalam Membentuk Kesadaran Lingkungan pada Siswa SD
 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki peran strategis dalam membentuk kesadaran lingkungan pada siswa sekolah dasar (SD). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki dasar teoretis yang kuat dalam membentuk kesadaran lingkungan pada siswa Sekolah Dasar:
A.Teori Pembentukan Karakter (Character Formation Theory), yang menekankan bahwa pendidikan bertujuan membangun karakter siswa agar memiliki nilai-nilai moral, etika, dan tanggung jawab sosial. Dalam konteks PKn, nilai-nilai ini dapat mencakup kepedulian terhadap lingkungan.Â