Mohon tunggu...
Isnaini Nur Afifah
Isnaini Nur Afifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

suka alam dan keindahan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Integrasi Nilai-Nilai Kewarganegaraan dalam Membangun Kesadaran Lingkungan Siswa SD

6 Januari 2025   19:25 Diperbarui: 6 Januari 2025   19:26 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

INTEGRASI NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SD

 Isnaini Nur Afifah

Pendahuluan

Kesadaran lingkungan merupakan aspek penting dalam pendidikan yang perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, terutama pada tingkat pendidikan dasar (Ludiya, 2024). Di usia yang masih belia, anak-anak berada pada tahap perkembangan kognitif dan sosial yang sangat sensitif terhadap pembelajaran yang bersifat aplikatif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka (Fatwa et al., 2024). Salah satu cara yang efektif untuk membangun kesadaran lingkungan adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai kewarganegaraan dalam proses pendidikan (Rahmatiani, 2020). 

Nilai-nilai kewarganegaraan, seperti tanggung jawab sosial, rasa kepedulian terhadap sesama, dan partisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, memiliki korelasi yang erat dengan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan (Lestari, 2023). Anak-anak pada usia ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga mereka cenderung mudah menerima nilai-nilai baru yang diajarkan secara kreatif dan aplikatif. Oleh karena itu, mengajarkan kesadaran lingkungan dapat membantu siswa SD memahami isu lingkungan dan dapat menciptakan perubahan positif dalam masyarakat (Aisyah et al, 2024)

Tujuan

Tujuan essai ini adalah untuk menjelaskan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai kewarganegaraan dalam pembelajaran kesadaran lingkungan di SD. Dengan pendekatan ini, siswa diharapkan memahami tanggung jawab mereka terhadap lingkungan sebagai bagian dari kewajiban sosial. Essai ini bertujuan menunjukkan bagaimana nilai-nilai seperti kepedulian, partisipasi, dan kebersamaan dapat membentuk karakter siswa. Hal ini diharapkan dapat mendorong mereka untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam. Dengan demikian, kesadaran lingkungan yang kuat dapat terbangun sejak dini.

Pembahasan

1. Peran PKn dalam Membentuk Kesadaran Lingkungan pada Siswa SD

 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki peran strategis dalam membentuk kesadaran lingkungan pada siswa sekolah dasar (SD). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki dasar teoretis yang kuat dalam membentuk kesadaran lingkungan pada siswa Sekolah Dasar:

A.Teori Pembentukan Karakter (Character Formation Theory), yang menekankan bahwa pendidikan bertujuan membangun karakter siswa agar memiliki nilai-nilai moral, etika, dan tanggung jawab sosial. Dalam konteks PKn, nilai-nilai ini dapat mencakup kepedulian terhadap lingkungan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun