Berdasarkan data dari Indonesia eSports Assocation (IESPA) jumlah gamers di Indonesia mencapai 60 juta player. Angka tersebut mengalahkan jumlah penduduk Singapura pada tahun 2022 yaitu sebanyak 5.950.202 jiwa saja. Oleh karena itu, industri game di Indonesia tumbuh semakin besar, mengikuti demand yang ada.
Meskipun game kadang dipandang sebelah mata, faktanya game lokal dan para player kerap berprestasi baik dikancah nasional maupun internasional. Salah satunya adalah partisipasi 10 (sepuluh) industri game pada Tokyo Game Show (TGS) 2022.Â
Apakah Tokyo Games Show Itu?
TGS adalah salah satu event pameran dagang serta eksibisi game terkemuka di dunia. TGS kerap menjadi panutan bagi penyelenggaraan event serupa di  negara lain dan konten di dalamnya sering menjadi tolak ukur perkembangan industri game global. TGS 2022 adalah merupakan TGS yang ke-27.
TGS berlangsung mulai hari ini, 15 September 2022 hingga 18 September mendatang di Makuhari Messe, Chiba, Jepang. TGS 2022 kurang lebih akan dihadiri oleh 31.605 eksibitor dari Jepang dan seluruh dunia, serta menghadirkan sekitar 1.883 booth eksibisi. Indonesia sendiri sudah turut serta dalam TGS sebanyak empat kali. Bila tahun lalu Indonesia hanya mengikuti TGS secara daring, maka partisipasi secara luring kali ini terasa sangat membanggakan.
Sebagai informasi, kesepuluh industri game berhasil mengikuti TGS 2022 setelah lolos dari rangkaian proses open call serta kurasi. Mereka berasal dari berbagai latar belakang seperti game developer, game-related developer, publisher, game services production, dan sebagainya.
Pada TGS 2022, Indonesia membawa branding campaign GotGame.id: Games From Indonesia untuk me-representasikan program pemasaran produk game Indonesia di luar negeri. GotGame.id: Games From Indonesia adalah sebuah platform gabungan dari seluruh stakeholder industri game Indonesia untuk membawa produk game terbaik asal Indonesia ke dunia internasional.
GotGame.id: Games From Indonesia berusaha untuk selalu menampilkan berbagai pilihan produk, servis game dan game-related yang merepresentasikan karya terbaik dari industri game Indonesia. GotGame.id: Games From Indonesia yang mengikuti TGS 2022 yaitu Agate, Big Fire Studio, Devata Games Production, Digital Happiness, GameChanger Studio, IOTA Studio, Megaxus Infotech, Melon Indonesia, Niji Games, dan Vertwo.Â
Sepuluh industri game Indonesia tersebut akan maju pada sesi Business Day pada tanggal 15-16 September 2022 di Hall 2F International Conference Hall, Makuhari Messe, Chiba, Jepang. Mereka akan memfokuskan diri untuk memasarkan produk dan mencari peluang bisnis dengan cara menjalin networking dengan partner baru atau investor bisnis yang potensial.
Peran Stakeholder Pada Tokyo Game Show 2022
Para stakeholder industri game Indonesia, seperti Asosiasi Game Indonesia (AGI); Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo); Kementerian Perdagangan, yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang juga mendukung gelaran TGS 2022.Â
Para stakeholder di atas mendukung industri game nasional dalam event TGS 2022 dengan cara memberikan fasilitas berupa penyediaan booth dalam business meeting area TGS 2022, dan akses terhadap TGS 2022 Business Matching System dan Meet2Match -- The Tokyo Edition.
Selain itu, para pemangku kepentingan (stakeholder) juga mendorong diadakannya Business Forum & Matching yang akan mempertemukan delegasi Indonesia dengan komunitas dan perkumpulan industri game dan animasi asal Jepang. Business Forum & Matching ini merupakan hasil kerja sama dengan ASEAN Japan Center.
Lebih lanjut, 10 delegasi industri game nasional juga didukung dalam hal promosi & publikasi, travel grant dan penyelenggaraan networking meeting bersama investor serta komunitas industri game di Jepang.Â
Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif optimis bahwa partisipasi delegasi Indonesia akan mampu menghasilkan pencapaian bisnis yang bermanfaat bagi industri game nasional.
Sandiaga berharap agar perwakilan Indonesia dapat menunjukkan performa bisnis yang maksimal serta dapat membawa peluang usaha di industri game global ke tanah air. Kedepannya, diharapkan agar industri game dapat menjadi salah satu pilar bangkitnya ekonomi, dan mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi para pemangku kepentingan dalam keturutsertaan Indonesia pada acara TGS 2022.Â
Menurut beliau, partisipasi Indonesia dalam TGS 2022 merupakan langkah konkret kolaborasi pemerintah bersama dengan stakeholder industri untuk memajukan ekosistem game, animasi, dan aplikasi lokal. Menteri Perdagangan menyambut baik upaya kolaborasi tersebut karena sangat membantu pelaku usaha Indonesia untuk berkiprah di kancah dunia dan aktif dalam rantai pasok global industri digital dan kreatif.
Selain itu, penghargaan dan dukungan juga diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika. "Kami sangat meng-apresiasi kemunculan game lokal dan Kemenkominfo terus mendukung penguatan ekosistem industri game lokal serta mendorong inisiasi yang dapat mendorong pertumbuhan game lokal. Salah satunya adalah melalui Indonesia Game Developer Exchange (IGDX), yang didalamnya terdapat mentoring, matchmaking, rekrutmen potensi serta mendorong tersedianya acara berbagi informasi dan berkumpulnya para pelaku industri game dalam dan luar negeri setiap tahun," ujar Johnny Gerard Plate.
Heri Akhmadi sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, sekaligus Federasi Mikronesia, menyambut kedatangan para pengembang game dari Indonesia di TGS 2022.Â
Dubes Heri Akhmadi menyampaikan keyakinannya bahwa industri game Indonesia dapat menjadi tulang punggung sekaligus katalisator bangkitnya ekonomi Indonesia. Ia berharap keikutsertaan Indonesia di TGS 2022 dapat bermanfaat untuk lebih menduniakan game Indonesia dan mendorong kerja sama dengan pelaku industri game Jepang.
Sebagai tambahan, Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI) turut menekankan pentingnya usaha pemasaran produk game lokal, baik di dalam maupun luar negeri. "Saat ini, sebagian besar pasar game Indonesia masih dikuasai oleh produk impor, sehingga pemerintah perlu untuk menggencarkan kembali pemasaran produk game Indonesia di dalam dan luar negeri demi meningkatkan ekspor produk game lokal. Agar game lokal Indonesia semakin dapat menguasai pangsa pasar lokal maupun global, diperlukan sejumlah usaha berkelanjutan, salah satunya melalui kehadiran para pelaku industri game secara kontinyu dan konsisten di event-event game global seperti Tokyo Game Show," ungkapnya.
Yuk, dukung GotGame.id: Games From Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di Tokyo Game Show 2022!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H