FILSAFAT PENILAIAN PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA PERGURUAN TINGGI
(MATA KULIAH PRAKTIK PERKANTORAN)
Pendidikan sebagai sebuah proses disengaja yang mempunyai suatu tujuan tertentu. Jika demikian masalahnya, maka para pendidik harus mempunyai banyak landasan untuk sampai pada apa yang dikonsepsikan sebagai tujuan.Â
Filsafat adalah kerangka dasar yang melandasi praktik pendidikan. Bagan berikut menggambarkan bahwa ada hubungan nyata antara kepercayaan-kepercayaan filosofis dengan praktik pendidikan. Sebagai contoh sudut pandang epistimologis dan metafisis yang berbeda pada gilirannya akan mengarah pada sebuah orientasi nilai tertentu (Knight, 2017: 58-59).Â
Filsafat Ilmu AdministrasiÂ
Administrasi perkantoran merupakan cabang dari ilmu administrasi. Ilmu administrasi tergolong dalam ilmu-ilmu sosial dan merupakan salah satu cabang dari ilmu-ilmu sosial. Secara khusus dapat pula dikatakan bahwa ilmu administrasi itu termasuk kelompok applied sciences dalam ilmu-ilmu sosial karena kemanfaatannya hanya ada apabila prinsip-prinsip, rumus-rumus, dan dalil-dalilnya diterapkan untuk meningkatkan mutu kehidupan manusia (Sondang P. Siagian, 2003).Â
Salah satu mata kuliah kompentensi pada program studi administrasi perkantoran adalah praktik perkantoran. Diagram alur dari body of knowledge Prodi S-1 pendidikan administrasi perkantoran FE UNNES secara garis besar ditunjukkan  pada gambar dibawah ini
Prodi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran dengan bidang lainnya
Aktivitas Mata Kuliah Praktik Perkantoran