Mohon tunggu...
Ismiyati Ismiyati
Ismiyati Ismiyati Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran

Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Filsafat 8 (Filsafat Penelitian dan Evaluasi Pendidikan)

20 Januari 2021   11:07 Diperbarui: 20 Januari 2021   13:30 1944
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat Ilmu Aminidtrasi | dokpri

FILSAFAT PENILAIAN PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA PERGURUAN TINGGI
(MATA KULIAH PRAKTIK PERKANTORAN)

Pendidikan sebagai sebuah proses disengaja yang mempunyai suatu tujuan tertentu. Jika demikian masalahnya, maka para pendidik harus mempunyai banyak landasan untuk sampai pada apa yang dikonsepsikan sebagai tujuan. 

Filsafat adalah kerangka dasar yang melandasi praktik pendidikan. Bagan berikut menggambarkan bahwa ada hubungan nyata antara kepercayaan-kepercayaan filosofis dengan praktik pendidikan. Sebagai contoh sudut pandang epistimologis dan metafisis yang berbeda pada gilirannya akan mengarah pada sebuah orientasi nilai tertentu (Knight, 2017: 58-59). 

Filsafat Ilmu Administrasi 

Filsafat Ilmu Aminidtrasi | dokpri
Filsafat Ilmu Aminidtrasi | dokpri

Administrasi perkantoran merupakan cabang dari ilmu administrasi. Ilmu administrasi tergolong dalam ilmu-ilmu sosial dan merupakan salah satu cabang dari ilmu-ilmu sosial. Secara khusus dapat pula dikatakan bahwa ilmu administrasi itu termasuk kelompok applied sciences dalam ilmu-ilmu sosial karena kemanfaatannya hanya ada apabila prinsip-prinsip, rumus-rumus, dan dalil-dalilnya diterapkan untuk meningkatkan mutu kehidupan manusia (Sondang P. Siagian, 2003). 

Salah satu mata kuliah kompentensi pada program studi administrasi perkantoran adalah praktik perkantoran. Diagram alur dari body of knowledge Prodi S-1 pendidikan administrasi perkantoran FE UNNES secara garis besar ditunjukkan  pada gambar dibawah ini

Gambar Peta keterkaitan keilmuan dan keahlian | dokpri
Gambar Peta keterkaitan keilmuan dan keahlian | dokpri

Prodi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran dengan bidang lainnya

Aktivitas Mata Kuliah Praktik Perkantoran

Salah satu aktivitas mata kuliah praktik perkantoran pada Pendidikan Administrasi Perkantoran baik yang teori dan praktik. Aktivitas mata kuliah praktik perkantoran yang teori, salah satunya dengan metode cooperative learning dan simulasi (demostrasi). Sedangkan aktivitas mata kuliah praktik perkantoran yang praktik, salah satunya dengan bermain peran (role playing). Mata kuliah praktik perkantoran dimana mahasiswa akan belajar melalui pengalaman. 

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (2008) dalam Tim Pengembang Kurikulum Unnes (2013), merekomendasikan berbagai metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dan dipandang relevan diimplementasikan pada pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi di Unnes. 

Metode tersebut di antaranya adalah (1) small group  discussion, (2) role play & simulation, (3) case study, (4) discovery learning (DL), (5) self directed learning (SDL), (6) cooperative learning ( CL), (7) collaborative learning (CbL), (8) contextual instruction (CI), (9) project based learning (PBL), dan (10) problem based learning and inquiry (PBL). Daryanto (2010), bahwa strategi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar meliputi pada gambar di bawah ini.

Gambar metode mengajar | dokpri
Gambar metode mengajar | dokpri

Penilaian Mata Kuliah Praktik Perkantoran

Penilaian  pendidikan merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup: penilaian kinerja, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional (external test), ujian sekolah berstandar nasional, dan ujian sekolah (Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2018).

Berdasarkan teknik penilaian, meliputi penilaian kontektual (tes tertulis, tes lisan, penugasan), portofolio, penilaian sikap (observasi, penilaian diri, penilaian antarteman), penilaian keterampilan (kinerja, proyek), penilaian sosial (penilaian praktik kerja lapangan), dan external test (penilaian paket kompetensi). Hal ini sifat penilaian yang ada di pendidikan administrasi perkantoran program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Penilaian sikap dalam mata kuliah praktik perkantoran adalah dengan dilakukan melalui observasi dan penilaian antar teman dan penilaian ketrampilan melalui penilaian unjuk kerja (performance assessment).  Asesmen kinerja adalah proses mengumpulkan data dengan cara pengamatan yang sistematik untuk membuat keputusan tentang individu (Berk (1986) dalam Mardapi, 2017: 16). Penilaian unjuk kerja sering disebut dengan penilaian autentik atau penilaian alternatif (Mardapi, 2017:107).

 Pendapat lain Uno (2018: 19), penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut mahasiswa menunjukkan unjuk kerja. Unjuk kerja yang dapat diamati dalam mata kuliah praktik perkantoran adalah role playing (bermain peran), menggunakan peralatan laboratorium dan mengoperasikan suatu alat yang dirancang menjadi mini office.

Penilaian unjuk kerja merupakan salah satu asessement alternatif, dimana asesmen unjuk kerja yaitu evaluasi terhadap proses perolehan, penerapan pengetahuan dan keterampilan melalui proses pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam proses produk  Langkah-langkah penyusunan tugas dalam asessement alternatif adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dapat dimiliki mahasiswa setelah mengerjakan atau menyelesaikan tugas
  2. Merancang tugas untuk assessment kerja yang memungkinkan mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan berfikir dan ketrampilan.
  3. Menetapkan kriteria keberhasilan yang akan dijadikan tolak ukur untuk menyatakan bahwa seorang mahasiswa mencapai tingkat tuntas pengetahuan atau keterampilan yang diharapkan(Tim Pengembang Kurikulum Unnes, 2013:72).

Gambaran Umum Tentang Mata Kuliah Praktik Perkantoran

Gambaran umum ini diambilkan dari buku praktik perkantoran (Ismiyati, 2017).

Deskripsi Mata Kuliah Praktik Perkantoran

Pemahaman tentang Praktek Perkantoran berarti perlu mengenal tugas-tugas personil di suatu kantor. Secara sederhana tugas-tugas personil dalam suatu kantor, antara lain : tugas pimpinan kantor, pengolah, pelaksana, pengarah, agendaris, arsiparis dan ekspeditur. Dalam pelaksanaan praktek perkantoran, maka akan dilaksanakan secara kelompok dan hal tersebut disesuaikan dengan tempat praktek dan tugas-tugas yang akan dipraktekan.

Secara bergiliran mahasiswa akan mengenal semua tugas-tugas perkantoran dan bagaimana mengaliranya pekerjaan dari petugas yang satu ke petugas yang lain. Dengan demikian tempat praktek akan ditata berdasarkan tata ruang perkantoran (mini office) yang baik.

1. Standar Kompetensi :

a.  Mengenal dan  memahami tugas-tugas pekerjaan  personil kantor pada umumnya

b. Mengenal dan memahami pelaksanaan mengalirnya pekerjaan dari satu petugas ke petugas yang lain dalam suatu kantor

2. Kompetensi Dasar : 

a. Pengenalan tentang tugas-tugas pekerjaan personil kantor pada umumnya

b. Pengenalan tentang pelaksanaan mengalirnya pekerjaan yang dilakukan personil kantor dari satu petugas ke petugas yang lain.

3.  Indikator pencapaian kompetensi : 

a. Mengenal tugas-tugas Pimpinan Kantor

b. Mengenal tugas-tugas bagian Tatausaha/Pengolah

c. Mengenal tugas-tugas bagian operasional atau petugas pelaksana

d. Mengenal tugas-tugas bagian pengarah

e. Mengenal tugas-tugas bagian Pencatat atau Agendaris

f. Mengenal tugas-tugas bagian Penata arsip atau Arsiparis

g. Mengenal tugas-tugas bagian Penerima/Pengirim (Ekspeditur)


Uraian Tugas Personil Kantor

Salah satu contoh uraian tugas personil kantor adalah tugas-tugas bagian penerima/pengirim (ekspeditur). Uraian tugas ekspeditur meliputi:

1.  Menerima surat-surat masuk dari pihak luar.

2. Membubuhkan cap tanda diterima pada surat-surat masuk dan diberi catatan tentang tanggal penerimaan.

3. Mencatat dalam buku ekspedisi untuk surat masuk dan meneruskan kepada agendaris.

4. Menerima surat-surat keluar dari agendaris untuk dikirim ke pihak luar dan mencatat dalam buku ekspedisi keluar.

5. Melengkapi identitas (nomor surat, alamat yang dituju dan cap perusahaan) pada amplop surat.

6. Melipat surat sesuai lipatan surat yang baku.

7. Mengirim surat keluar sesuai alamat yang dituju.

8. Melaksanakan pemeliharaan alat yang digunakan.


Contoh Rubrik Penilaian Pada Kompetensi Ekspeditur 

Job Sheet

Job sheet untuk tugas ekspeditur adalah

dok. pribadi
dok. pribadi
Bahan Praktik
  • 2 lembar surat keluar
  • 1 buku ekspedisi surat keluar
  • 1 buku ekspedisi surat masuk
  • 10 amplop 

Alur Kegiatan Ekspeditur 

dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi
Sumber Pustaka:

Daryanto. 2010. Media pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2018. Panduan penilaian hasil belajar dan pengembangan karakter pada sekolah menengah kejuruan.

Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ismiyati. 2017. Praktik perkantoran. Semarang. PE UNNES.

Knight, George. 2007. Filsafat pendidikan. Yogyakarta: Gama Media.

Kurikulum Unnes. 2019. Kurikulum program studi pendidikan administrasi perkantoran.

Mardapi, Djemari. 2017. Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing

Sondang P. Siagian. 2003. Filsafat administrasi (edisi revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tim Pengembang Kurikulum Unnes. 2013. Buku panduan implementasi kurikulum Unnes 2012 (berbasis kompetensi dan konservasi).

Uno, Hamzah. 2018. Assessment pembelajaran: salah satu bagian penting dari pelaksanaan yang tidak dapat diabaikan adalah pelaksanaan penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun