Mohon tunggu...
Ismiyanti
Ismiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya yaitu berolahraga khususnya dalam cabang olahraga futsal dan petanque

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sosial Media bagi UMKM di Kelurahan Isola

9 Agustus 2022   15:16 Diperbarui: 9 Agustus 2022   15:38 373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era zaman sekarang dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih, pemilihan penggunaan aplikasi media sosial terutama untuk pemasaran memalui media sosial menjadi pilihan utama yang dilakukan oleh pelaku usaha, sekarang ini penggunaan media sosial telah menjadi pilar utama dalam penyampaian informasi. Salah satu kelebihan dari penggunaan media sosial adalah memiliki banyak potensi untuk kemajuan suatu usaha. 

Media sosial dalam pandangan Philip Kotler dan Kevin Lane Keller merupakan media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, suara, dan video baik dengan orang lain maupun perusahaan dan sebaliknya. 

Media sosial mempunyai pengaruh yang sangat besar, yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dalam bisnis, membantu pemasaran produk dan jasa, berkomunikasi dengan pelanggan dan pemasok, melengkapi merk jualan, mengurangi biaya untuk penjualan online. 

Masyarakat juga dapat lebih cepat menerima informasi lewat internet. Dengan akses yang mudah dan cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pegusaha kecil UMKM untuk lebih berani mempromosikan produk-produknya karena jaringan internet sangat luas dan tidak ada batasan waktu dan wilayah sehingga menjadikan media pemasaran yang efektif. 

Dengan pemanfaatan media sosial ini dapat dijadikan sebagai alat untuk mengembangkan dan mengoptimalkan usaha terutama usaha UMKM untuk mempromosikan usaha-usahanya agar dapat meningkatkan perekonomiannya.

Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan media sosial yang dapat membantu dalam pemasaran produk jualan para pelaku usaha terutama para UMKM ini, ternayata masih banyak masyarakat yang belum bisa mengikuti perkembangan media sosial tersebut, 

misalnya kita ambil dari kasus hasil survey kami di daerah Kelurahan isola rw 06, rt 03 mayoritas para pelaku UMKM didaerah tersebut belum bisa untuk mengakses media sosial dikarenakan beberapa faktor diantaranya yaitu tidak mengetahui bagaimana caranya untuk mengunakan aplikasi di media sosial, dan tidak mengetahui bagaimana caranya untuk bisa berjualan dimedia sosial tersebut. 

Dengan demikian dari masalah yang dialami para UMKM di Kelurahan Isola rw 06, rt 03 ini tidak bisa mempromosikan daganganya kepada banyak komsumen di media sosial, para UMKM ini hanya bisa mengandalkan konsumen yang berada dilingkungannya sendiri, sehingga pedapatan yang dihasilkan tidak sebesar yang didapatkan seperti para UMKM yang sudah bisa mengakses daganganya di media sosial.

Dengan masalah yang dialami oleh para UMKM di Kelurahan isola rw 06, rt 03 tersebut kami disini, berperan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dialaminya, dengan cara mendampingi dan memberikan pengetahuan kepada para UMKM untuk bisa mengakses dan mempergunakan media sosial dengan baik dan benar, 

kemudian memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara berjualan dan mempromosikan dagangan tersebut di media sosial agar para pembeli bisa tertarik sehingga membeli dagangan tersebut. 

Ada beberapa cara yang kita ajarkan kepada para UMKM di Kelurahan Isola rw 06, rt 03 yaitu yang pertama, mengenalkan beberapa media sosial yang sedang ramai saat ini antara lain aplikasi Whatsapp, Instagram, Twitter, Line, Facebook, Youtube, dan Tik-tok. 

Kemudian para pedagang diajarkan untuk bisa mengakses aplikasi dengan mengajarkan tahapan demi tahanpan dalam menggunakan aplikasi tersebut dengan baik dan benar. 

Lalu setelah itu, para UMKM diajarkan bagaimana caranya untuk bisa berjualan di media sosial, dengan memberitahu bagaimana caranya untuk mepromosikan dagangan tersebut dengan memposting berupa gambar atau video contohnya yaitu dengan menggunakan templet atau gambar berupa brosur yang sudah diedit sedemikian rupa, 

kemudian memposting video dagangan ditik-tok atau aplikasi lainnya dengan memberikan tampilan produk jualan semenarik mungkin dan diberikan keterangan selengkap mungkin mengenai produk yang dijual kepada pembeli agar pembeli langsung tertarik untuk membelinya. 

Dengan cara penggunaan media sosial tersebut menjadikan tempat para UMKM secara bebas dan terbuka dalam berinteraksi dengan sang pembeli hal ini juga dapat mempermudah untuk mengenalkan produk yang kita jual dan tentunya dapat membantu dalam meningkatkan penjualan para UMKM. 

Dengan adanya pembinaan mengenai pengenalan sistem pemasaran di media sosial ini, diharapkan para UMKM di Kelurahan Isola rw 06, rt 03 bisa lebih mengoptimalkan dalam pemanfaatan pemasaran di media sosial agar bisa memajukan mutu penjualan. 

Pemanfaatan dalam penggunaan sistem pemasaran di media sosial ini menjadikan produk-produk dari para UMKM akan lebih dikenal oleh masyarakat luas, dan pemesanan produk jualan bisa dilakukan secara online, sehingga dapat memudahkan pembeli dan pelaku UMKM dalam bertransaksi jual beli dan dengan cara pemasaran di media sosial ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian para UMKM di Kelurahan Isola rw 06, rt 03 ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun