Sering terjadi ketika melaksanakan mengevaluasi soal-soal yang akan diberikan kepada peserta didik tidak memperhatikan hal-hal berikut ini.Â
Guru sebelum memberikan soal ujian atau tes kepada siswanya tidak mempersiapkan dengan matang, karena jikalau hasilnya tidak memuaskan itu menjadi tugas bagi guru apakah pemaham materi yg selama pertemuan dijelaskan itu tersampaikan dengan baik atau tidak.Â
Analisis hasil tes merupakan proses penting dalam evaluasi kinerja individu atauÂ
kelompok dalam berbagai konteks, mulai dari pendidikan hingga lingkungan kerja. Tes dapatÂ
mencakup berbagai jenis, seperti tes pengetahuan, keterampilan, kepribadian, atau aspek lainÂ
yang relevan dengan tujuan evaluasi yang ditetapkan. Analisis hasil tes tidak hanya memberikanÂ
gambaran tentang pencapaian individu atau kelompok, tetapi juga memberikan wawasan yangÂ
berharga untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan meningkatkan kinerja di masaÂ
mendatang.
Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik untuk melakukan analisi yaitu:
1. Taraf kesukaran soal adalah sejauh mana soal itu dijawab benar atau dijawabÂ
salah oleh peserta tes, sehingga dapat diketahui mana soal yang masuk dalam kategoriÂ
mudah, sedang, atau sulit.
2. Daya pembeda soal adalah kemampuan sebuah soal untuk membedakan antara siswaÂ
yang pandai (berkemampuan tinggi) dengan siswa yang kurang pandai (berkemampuanÂ
rendah).
3. Pola jawaban soal adalah distribusi testee dalam menentukan jawaban pada soalÂ
pilihan ganda. Pola jawaban soal diperoleh dengan menghitung banyaknya testee yangÂ
memilih pilihan jawaban soal diperoleh dengan mengitung banyaknya testee yangÂ
memilih pilihan jawaban a, b, c, atau d atau yang tidak memilih pilian manapunÂ
(blangko).Â