Mohon tunggu...
Ismia Fauzia
Ismia Fauzia Mohon Tunggu... -

Fisika FMIPA Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Money

Tugas Kewirausahaan (Biografi Pengusaha)

28 Februari 2014   05:00 Diperbarui: 4 April 2017   17:31 1219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Biografi Daniel Mananta

Daniel Mananta lahir di Jakarta, 14 Agustus 1981 memulai kariernya dengan menjadi VJ di MTV Indonesia sejak Mei 2003 kemudian dipanggil VJ Daniel. Lulusan Universitas Edith Cowan Perth, Australia ini juga merambah dunia akting dengan membintangi sinetron I Love U Boss. Pria bertubuh atletis dan sixpack serta bertinggi badan 180 cm ini juga menjadi pembawa acara Indonesian Idol sejak musim ketiga (tahun 2006) sampai kini (tahun 2012), menggantikan Irgy Ahmad Fahrezi. Layaknya kebanyakan selebriti, pada tahun 2011 Daniel Mananta juga pernah diterpa masalah soal foto dirinya dengan penyanyi Syahrini. Namun dengan sebuah video klarifikasi yang diupload ke youtube, respond publik akhirnya menjadi lebih membaik.

Saat ini kairier Daniel Mananta marambah ke dunia industri fashion dengan menjual produknya bermerk Damn! I love Indonesia dan menjadi salah satu pengusaha muda tersukses di Indoneia. Awal Daniel merintis usaha yaitu dengan memproduksi kaos sebanyak 10 lusin saja dengan 2 warna. 10 lusin kaos tersebut terdiri dari 5 lusin kaos berwarna putih dan 5 lusin kaos berwarna hitam. Namun saat ini jumlahnya terus naik hingga bisa memproduksi 2000 potong kaos per dua bulan sekali. Ribuan kaos tersebut terdiri dari 10 warna yang berbeda. Tidak hanya memproduksi kaos, Daniel juga memperluas produksinya dengan memproduksi tas, topi dan jaket bermerk Damn! I love Indonesia.

Marketing salah satu faktor utama usahanya bisa berkembang terus. Mantan VJ MTV ini menggunakan sahabat-sahabat selebriti sebagai bagian dari marketing itu. Ia biasanya menghadiahi para public figure itu kaos bertuliskan merknya secara gratis. Dan ketika si artis tampil di televisi atau panggung manapun, masyarakat pun bisa melihatnya. Daniel pernah memberikan kaos itu kepada pesepak bola asal Inggris David Beckham dan vokalis grup band asal California Maroon 5, Adam Levine serta selebriti lokal seperti Ashanty dan Anang.

Menurut Daniel, rahasia sukses dari usahanya adalah sebagai berikut :


1. Target dan visi

Sebelum memutuskan untuk membangun usaha, Anda seharusnya sudah memiliki target, visi, dan misi usaha yang jelas dan spesifik. "Saat itu, saya punya visi dan misi untuk mengembangkan kebudayaan Indonesia dan membuat semua anak muda punya rasa nasionalisme yang tinggi," ungkap Daniel.

Target konkret yang dimilikinya adalah untuk memiliki sebuah toko bajunya sendiri. Tak cuma di dalam negeri, tetapi juga di negara lainnya. "Saat target dan misi usaha sudah jelas, maka saat itulah semua tantangan dan godaan tidak akan bisa memengar;uhi dan membuat Anda jadidown," katanya.

2. Produk

Setelah menentukan target dan visi, tahap selanjutnya adalah memilih jenis produk yang akan dijual. Daniel memiliki visi dan misi untuk memopulerkan kebudayaan Indonesia pada generasi muda. Salah satu cara yang paling tepat adalah denganfashion.

"Produknya bisa dibuat dengan caracross cultureuntuk menghadirkan kesan yang internasional tanpa mengurangi nilai budayanya. Namun, saya punya tujuannya bukanlah untuk baju suvenir, melainkan baju untuk identitas Indonesia," kata pria kelahiran 4 Agustus 1981 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun