Mohon tunggu...
Ismawati
Ismawati Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya suka memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Kartu Angka

29 November 2023   09:06 Diperbarui: 29 November 2023   09:11 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Peningkatan Perkembangan numerasi dalam mengenal konsep lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Maka tindakan solusi yang dapat dilakukan adalah dengan merancang kegiatan main dengan menggunkaan media yang menarik dan membantu anak untuk mengenal konsep lambang bilangan. untuk meningkatkan kemampuan numerasi dalam mengenal konsep lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun yaitu dengan menggunakan kegiatan bermain kartu angka. 

Adapun Langkah-langkah yang ditempuh dalam kegiatan bermain kartu angka sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak yaitu: (1) guru mempersiapkan alat permainan edukatif berupa kartu angka dan mendemonstrasikan cara bermainnya; (2) Anak diminta untuk bermain mengurutkan kartu angka terlebih dahulu; (3) Guru meminta anak untuk menulis lambang bilangan 1-5; (4) Selanjutnya guru meminta anak untuk menunjuk lambang bilangan1-5 dengan bilangannya pada kartu angka.. 

Setelah dilakukan asesmen terhadap pelaksanaan proses belajar dikelas, dari hasil asesmen didapat bahwa 10 anak sudah muncul. Anak-anak terlihat antusias dalam pembelajaran hal ini terlihat saat mereka ingin maju membilang buah mangga dan mengambil kartu angka yang dibawa guru, media kartu angka juga dapat menarik minat mereka dalam kegiatan mengenal konsep lambnag bilangan. 

Secara kualitas Penggunaan kegiatan bermain kartu angka juga telah dibuktikan Penelitian yang dilakukan oleh Yul Sendang Utami (2018) dengan judul "Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anka Kelompok A di TK Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul". 

Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan, Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A di TK Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain kartu angka. 

Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari tahap Pra Tindakan dan setelah dilakukan tindakan kelas. persentase pencapaian anak dalam satu kelas untuk indikator anak menunjuk lambang bilangan pada pra siklus 50% (MB), siklus I 63,89% (BSH) dan siklus II 83,89% (BSB). 

Indikator membuat urutan 1-10 dengan benda pada pra siklus 45% (MB), siklus I 61,11% (BSH) dan siklus II 81,67% (BSB). Indikator menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda hingga 1- 10 (anak tidak disuruh menulis) pada pra siklus 43,33% (MB), siklus I 58,33% (BSH) dan siklus II 75,56% (BSB).

Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu:

1. Menyediakan kegiatan main yang variatif dengan 1 kegiatan sudut pengaman

2. Kolaborasi dengan rekan sejawat

3. Berkaitan dengan media ajar, guru menggunakan media kartu angka dan benda kongkrit seperti buah mangga sehingga anak lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan main dan diharapkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan manjadi meningkat

4. Guru memanfaatkan TPACK dalam pembelajaran

5. Berkaitan dengan setting kelas, guru bisa mendesain tempat duduk anak dengan baik, sehingga anak- anak tidak terlihat bergerombol, ruang gerak anak- anak lebih luas dan nyaman sehingga bisa menerima pembelajaran dengan optimal.

Strategi yang digunakan adalah memperbaiki pembelajaran yang sudah mendapat arahan dari dosen pembimbing dan guru pamong. Penggunakan media pembelajaran berupa kartu angka yang memiliki ukuran agak besar yaitu 15 cm x 10 cm, warna yang mencolok dan buah mangga untuk lebih memahami numerasi mengenal konsep lambang bilangan 1-5 pada anak TK kelompok A. 

Media ini dipilih karena dinilai bisa meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan anak secara simultan. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Yul Sendang Utami dalam Jurnal Ilmiahnya pada tahun 2017 dengan judul "Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anka Kelompok A di TK Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul". Dikatakan bahwa Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan, Secara kualitas pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan kartu angka di kelompok A TK Setia Rini mengalami peningkatan

Dampak dari aksi yang dilakukan adalah:

  • Dengan kegiatan main yang variatif anak lebih antusias dalam pembelajaran, anak bisa memilih kegiatan main yang diinginkan dengan menggunakan alat dan bahan yang beragam.
  • Dengan adanya kolaborasi rekan sejawat dapat membantu dalam pendampingan anak saat kegiatan pembelajaran
  • Dengan menggunakan media kartu angka dapat menarik minat anak untuk mengenal konsep lambang bilangan karena terdapat gambar dan warna yang mencolok
  • Dengan menggunakan media TPACK anak lebih bersemangat dan tidak mudah bosan untuk menerima pembelajaran yang diberikan
  • Dengan penataan ruang kelas yang baik, anak dapat leluasa bergerak untuk memilih kegiatan main yang diinginkan.
  • Menggunakan berbagai media seperti video pembelajaran dan kartu angka dalam pembelajaran terdapat peningkatan aspek perkembangan numerasi yaitu 10 anak sudah mampu meengenal konsep lambang bilangan. Hal ini dapat dilihat ketika guru memberikan kegiatan membilang benda kepada anak, 10 anak mampu membilang dan menyebutkan angka 1-5 dengan benar.

Adapun respon yang diberikan teman sejawat sangat baik dan mendukung dalam proses pembelajaran ini untuk diterapkan dalam proses pembelajaran selanjutnya dengan kegiatan dan media yang lebih bervariasi sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Yang menjadikan faktor keberhasilan dari kegiatan ini adalah

1. Media pembelajaran yang digunakan dekat dengan anak sehingga mudah dipahami.

2. Kegiatan pembelajaran yang sangat menyenangkan sehingga anak tidak mudah bosan.

3. Metode yang digunakan sudah tepat

4. Penataan kelas yang tepat sehingga anak merasa nyaman saat belajar dan bermain.

5. Dukungan dari kepala sekolah dan teman sejawat juga sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran.

Bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing dan guru pamong sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar

Pembelajaran dari keseluruhan kegiatan ini adalah dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini saya sebagai penulis sangat banyak mendapatkan pembelajaran yaitu:

1. Mengetahui cara membuat perangkat pembelajaran yang menarik untuk peserta didik

2. Mengetahui cara menggali penggetahuan anak dengan metode bercakap-cakap melalui pertanyaan pemantik

3. Mengetahui cara memberikan materi pembelajaran yang tidak membosankan dengan media yang bervariasi.

4. Mengasah cara berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan menggunakan berbagai media yang menarik yaitu video, gambar dan benda konkret.

5. Memberikan kesempatan pada anak untuk memilih kegiatan main sesuai dengan minatnya

KESIMPULAN

Solusi yang di berikan berupa kartu angka dapat meningkatkan kemampuan numerasi anak dalam mengenal konsep lambang bilangan 1-5 terlihat dalam keaktifan anak, menarik minat anak untuk membilang dan menyebutkan lambang bilangan. Setelah dilakukan asesmen terhadap pelaksanaan proses belajar dikelas, dari hasil asesmen didapat bahwa 10 anak sudah muncul dalam membilang dan menyebutkan lambang bilangan 1-5 dengan benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun