Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1
SDN 005 Samarinda Ilir
 Pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin mulai dipelajari pada akhir Maret 2023. Sebagai kegiatan refleksi kali ini saya kembali menggunakan model 4F yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway (Facts, Feelings, Findings, Future) untuk memudahkan saya dalam meruntut pengalaman belajar yang telah saya peroleh pada sesi modul 3.1.
1. Peristiwa (Facts)
Pada kegiatan awal modul ini, CGP diminta untuk mengerjakan pretest di tanggal 28 Maret 2023 dengan durasi 1 jam. Bentuk test yang berupa pilihan ganda mengandung sejauh mana pengetahuan awal yang dimiliki peserta terkait materi di modul ini.  Setelah menyelesaikan pretest, kegiatan saya lanjutkan dengan membuka pendahuluan pada LMS di program guru penggerak untuk mengetahui  kompetensi lulusan yang dituju, capaian umum dan capaian khusus yang diharapkan dapat dicapai oleh CGP pada modul 3.1.
Pada kegiatan berikutnya adalah mengikuti alur merdeka yang diawali dengan mulai dari diri dengan mengaktifkan pengetahuan awal tentang proses pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan yang berada di antara berbagai pemangku kepentingan serta memberi tanggapan dengan berbagi pengalaman pengambilan keputusan di sekolah asal CGP. Pada alur ini, CGP memiliki pengalaman belajar dengan moda mandiri dengan memberikan catatan ataupun mengajukan pertanyaan menyesuaikan dengan permintaan yang ada di LMS.
Sekolah sebagai institusi moral  merupakan konsep yang harus di eksplorasi pada alur berikutnya. Pada sesi ini CGP diharapkan dapat mengidentifikasi dan memahami prinsip-prinsip etika yang berdasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati dalam lingkungan pribadi maupun lingkungan profesi, serta mengaitkannya dengan nilai-nilai yang disepakati dan diyakini dalam proses pengambilan keputusan dilema etika.
Forum diskusi pada eksplorasi konsep mengharuskan CGP untuk dapat menganalisis pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dalam studi kasus yang CGP dapatkan dan memberi tanggapan pada studi kasus CGP lainnya dan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.
2. Perasaan (Feelings)
Selama saya mengikuti pembelajaran pada modul 3.1, saya merasa sangat antusias dan tertarik untuk dapat memahami pembelajaran kali ini karena saya meyakini dengan paham akan bagaimana sebaiknya proses pengambilan keputusan maka seorang pemimpin akan membuat keputusan yang tepat bagi warga sekolah. Pada saat menganalisa kasus yang ada pada LMS, saya berusaha memposisikan diri saya untuk berada pada masalah tersebut bahkan saya mengandaikan diri saya jika saya adalah pemimpin yang ada di sekolah pada kasus terkait.