Sebagai rangkaian tugas dari kegiatan guru penggerak, salah satunya adalah aksi nyata. Pelaksanaan aksi nyata diharapkan tidak hanya sekedar tugas saja. Akan tetapi pelaksanaan aksi nyata akan dilaksanakan secara konsisten, berkelanjutan dan penuh tanggungjawab.
Sebelum saya membuat aksi nyata, yang saya lakukan pertama kali adalah menyusun Rancangan Aksi Nyata Disiplin Positif sebagai berikut ;
A. Latar Belakang
Yang mendasari saya melakukan aksi nyata ini adalah siswa belum melaksanakan kesepakatan kelas yang telah disusun bersama. Sehingga seringkali terjadi pelanggaran yang dilakukan  siswa terhadap kesepakatan kelas. Padahal kesepakatan kelas tersebut disusun untuk menumbuhkan disiplin positif di kelas secara khusus dan lingkungan sekolah secara umum.Â
Saya merasa perlu menumbuhkan tanggung jawab siswa terhadap kesepakatan yang telah dibuat bersama. Sehingga, saya menyusun keyakinan kelas bersama siswa untuk menumbuhkan kesadaran mereka dalam pelaksanaan budaya positif. Agar  budaya positif di lingkungan sekolah terbentuk dari dalam diri siswa sendiri (motivasi instrinsik).
B. Tujuan
Diharapkan siswa memahami keyakinan kelas yang disusun berdasarkan nilai-nilai kebajikan dengan sadar.
Diharapkan siswa secara konsisten mampu mengaplikasikannya dalam perilaku/ tindakan mereka di kelas / sekolah sehari-hari, sehingga terbentul budaya positif di kelas/ sekolah.
Diharapkan praktik baik ini dapat ditularkan kepada rekan guru, sehingga nantinya rekan guru mampu budaya positif berupa keyakinan kelas.
C. Tolak Ukur
Bukti dokumentasi bahwa siswa sangat antusias mengikuti kegiatan aksi nyata berupa kegiatan "Segitiga Restitusi" dan " Keyakinan Kelas" yang merupakan implementasi budaya positif di kelas / lingkungan sekolah.
Bukti dokumentasi bahwa rekan sejawat dalam mengikuti kegiatan aksi nyata berupa kegiatan diseminasi / guru berbagi dalam mengenal budaya positif yang bisa dikembangkan seperti membuat keyakinan kelas dan segitiga restitusi.
D. Lini Masa Kegiatan Aksi Nyata
Menyusun rencana kegiatan aksi nyata.
Melakukan kegiatan aksi nyata membuat "Keyakinan Kelas".
Pengimbasan / diseminasi budaya positif kepada rekan guru.
Diskusi, refleksi, evaluasi, dan sharing pasca kegiatan aksi nyata yang dilakukan di kelas.
Membuat video aksi nyata dengan mengunggah di Drive, Youtub, dan Guru Berbagi (PMM)
E. Dukungan Yang Dibutuhkan
Kepala sekolah dan rekan guru
Murid dan wali murid
Komite sekolah dan masyarakat sekitar.
F. Pelaksanaan Aksi Nyata
Sekitar akhir Desember pembelajaran CGP angkatan 7 selesai untuk modul 1. sebagai penutup kegiatan modul 1 yaitu melakukan aksi nyata modul 1.4 tentang budaya positif. Aksi nyata kali ini berbeda dengan aksi nyata sebelumnya. Perbedaan terletak pada himbauan untuk berbagi dan melakukan diseminasi materi kepada rekan guru sejawat.
Agar pelaksanaan berjalan lancar, saya menyusun rencana kegiatan aksi nyata seperti yang dijelaskan di atas. Dari rencana tersebut, saya secara bertahap melaksanakan kegiatan tersebut sesuai linimasi yang telah ditetapkan. Saya bermusyawarah dengan kepala sekolah terkait pelaksanaan aksi nyata yang nantinya akan ada pengimbasan di lingkungan sekolah.
Kegiatan yang pertama saya lakukan adalah menyusun keyakinan kelas. Saya bersama siswa kelas empat menyusun keyakinan kelas bersama. Awalnya saya menjelaskan apa itu keyakinan kelas, kemudian siswa diminta menulis keyakinan kelas mereka, saya bersama siswa memilah atau menyeleksi keyakinan kelas yang kemudian dibuat kalimat positif. Dan tahapan terakhir yaitu memajang keyakinan kelas di tembok.
Selain membuat keyakinan kelas, segitiga restitusi pun saya praktikan dalam penyelesaian masalah yang terjadi di kelas.
Setelah melihat perkembangan anak, saya pun menyusun pengimbasan aksi nyata yang telah dilakukan. Melakukan komunikasi dengan kepala sekolah, dan beliau siap memfasilitasi terkait diseminasi yang akan saya lakukan. Saya menghubungi salah satu guru untuk berkenan menjadi moderator dan membagi undangan kepada Bapak dan Ibu guru SDN Boja 03 Majenang sebagai target pengimbasan saya. Pelaksanaan diseminasi hari Sabtu, 21 Januari 2023 pukul 11.00 WIB sampai selesai.
Selesai acara diseminasi, saya melakukan diskusi dengan teman sejawat terkait budaya positif yang saya sampaikan. Kemudian saya merefleksikan kegiatan saya selama pelaksanaan aksi nyata.
Rangkain kegiatan yang saya susun di publikasikan pada chanel YouTube dan PMM Guru berbagi sebagai bukti karya saya.Â
https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/211657
Saya berharap apa yang kegiatan aksi nyata budaya positif akan diterapkan dan dapat berdampak positif untuk saya pribadi maupun rekan sejawat. aamiin...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H