Mohon tunggu...
islamita siregar
islamita siregar Mohon Tunggu... Penulis - islamita siregar

semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hukum Bermain Catur Atau Game dan Sejenisnya dalam Islam dan Menurut 4 Madzhab

14 Agustus 2020   00:54 Diperbarui: 14 Agustus 2020   05:38 674
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada dasar nya segala sesuatu yang ada di bumi ini adalah halal untuk digunakan, sehingga semua yang kita lakukan kalau tidak salah arah tidak akan ada ada hukum yang melarang bahkan mengharamkannya.  Karena dalam islam sendiri waktu itu segalanya .

Begitu pula dengan hukum bermain catur atau game, segala yang kita perbuat akan menimbulkan hukum,  baik itu halal, mubah, makruh bahkan haram. Segala perbuatan dapat merubah hukum tergantung yang kita lakukan dan tergantung benda yang kita gunakan.

Mengapa catur dikaitkan dengan game karna catur sendiri merupakan permainan yang menguras waktu yang sia-sia sama halnya dengan bermain game. Menguras waktu yang bermanfaat bahkan melalaikan waktu yang sangat berharga.

Karena pendapat resmi madzhab syafi'i sendiri ialah bahwa bermain catur hukumnya makruh. Tetapi jika disertai dengan perlakuan yang mendasari hukum sampai kepada haram seperti bermain catur atau game dengan disertai judi, kata-kata kotor, mengimb-imbangin orang atau sampai menimbulkan permusuhan .  terutama juga bermain catur akan jatuh kepada haram jika berulang  lupa akan waktu shalat, lalai dalam beribadah lainnya seperti berdzikir, silaturahmi kepada tetangga dll.

Sebagaimana imam asy-syfi'i  radiallahu'anhu mengatakan :

"kami tidak menyukai bermain catur "                                                 

Dan diriwayatkan juga oleh al-imam an-nawawi yang menegaskan maksud ucapan sang imam di atas :

" dimakruhkan bermain catur "

Inilah pendapat resmi madzhab syafi'i sekalipun di internal madzhab ada ulama yang menghukuminya mubah serta ada pula yang mengharamkannya.

Sedangkan adapun dalil yang menghukumi kemakruhannya ialah bahwa permainan ini terbukti membuang banyak waktu pada hal yang tidak begitu bermanfaat sehingga membuat orang lain lalai akan beribadah seperti shalat, berdzikir dll. Karena dalam islam sendiri waktu itu sangat berharga dalam segala hal.  Waktu yang hilang tidak akan kembali lagi , dan segala yang bermanfaat tidak akan terulang kembali.   dan sejumlah sahabat  juga mencela permainan catur atau pun game dan sejenisnya , bukan alat yang menjadi pertimbangan hukum namun permainan yang menjadi hukum itu berubah. Karna alat permainan itu tidak haram disentuh atau pun di beli, nam   un keharamannya terletak pada pelaksanaannya yang membuat kita akan lupa pada waktu dan kegiatan yang berubah kita  mengingat kepada Allah.

dan diantara mereka ialah amirul mu'minin ali bin abi thalib radiallahu'anhu ketika melewati sekelompok orang bermain catur maka beliau menegur sembari membacakan dalil qur'an surat an-anbiya' ayat 52 sebagaimana bunyinya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun