Mohon tunggu...
iskandar Rumi
iskandar Rumi Mohon Tunggu... Jurnalis - blog

Content & Media Optimation di solusiukm.com (rumah digital para UKM) dan Antijobless.com

Selanjutnya

Tutup

Money

JET Express, Menjawab Tantangan Pebisnis Online

2 November 2019   10:55 Diperbarui: 2 November 2019   11:13 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ini paket yg saya kirimkan

Apa sih tantangan pebisnis online saat ini? Ada cukup banyak, mulai dari persaingan di marketplace yang begitu ketat dan sengit hingga mecari konsumen yang tepat. Selain kedua itu, salah satu tantangan pebisnis online yang cukup berat yakni mencari jasa pengiriman yang tepat untuk mengirimkan paket-paketnya ke tangan konsumen. Suksesnya bisnis online, suksesnya memilih jasa pengiriman.

Saat ini mungkin mencari jasa pengiriman tidak sesulit dahulu, terlebih dengan mudahnya menemukan jasa pengiriman barang dan cukup beragamnya jasa pengiriman barang. Ada yang sudah menjadi brand minded di masyarakat Indonesia, tetapi masih ada juga yang belum dikenal luas oleh masyarakat.

Beragamnya jasa pengiriman barang di Indonesia semakin memudahkan para pemilik bisnis dalam menentukan pilihan pengiriman barangnya. Lalu apa sih yang membuat para pebisnis online memilih jasa pengiriman tersebut? Ada banyak faktor: Salah satunya cepat. Yah, karena pelanggan ingin menerimanya barang dibelinya secara online dengan cepat, sehingga kecepatan menjadi salah satu penilaian yang mendasar pebisnis online memilih jasa pengiriman tersebut.

Bicara cepat, kita akan membahas salah satu jasa pengiriman yang mungkin belum begitu dikenal luas oleh masyarakat bahkan para pebisnis online. Mungkin tulisan ini akan membuka mata pebisnis online untuk memilih jasa pengiriman satu ini sebagai pilihan utama jasa pengiriman barang di Indonesia dan memasukannya ke dalam list jasa pengiriman yang digunakan untuk mengirimkan paket-paketnya ke tangan konsumen.

Siapakah jasa pengiriman tersebut? JET EXPRESS!!

Siapa JET EXPRESS?

Anda pasti bertanya-tanya siapa sih JET EXPRESS? Apakah sama dengan JnT Express? Usut punya usut, ternyata JET EXPRESS dan JnT merupakan jasa pengiriman yang berbeda. Entah kenapa, keduanya memiliki nama yang hampir sama bahkan warna merah yang hampir mirip. Namun keduanya berbeda loh. 

JET EXPRESS menyebutkan mereka berdiri pada pertengahan 2015, jika dihitung-hitung, saat ini JET EXPRESS sudah berusia sekitar 4 tahun. Tentunya usia 4 tahun mungkin masih terlalu muda dan masih kalah pamor dengan salah satu jasa pengiriman brand minded di Indonesia yang sudah dikenal luas tersebut.

Kenapa Saya Memilih JET EXPRESS?

Teman-teman pebisnis online pasti bertanya-tanya, kenapa saya memilih JET EXPRESS untuk mengirimkan paket-paket saya ke seluruh konsumen saya, jawabannya adalah CEPAT dan kurirnya ramah-ramah. Bahkan kadang boleh minta packingin paket loh, tapi jangan sering-sering yah! hehehe

Selain itu, saya sudah kecewa dengan jasa pengiriman brand minded yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Ceritanya, sekitar tahun 2017, adik saya melamar sebuah pekerjaan di Pekanbaru. Dan ketika melamar, ada syarat-syarat yang lupa kebawa pada saat dia pemberian berkas di Perusahaan di Pekanbaru. Akhirnya, di hari itu juga saya dan orang tua menyiapkan berkas yang dibutuhkan untuk di kirimkan ke Pekanbaru dari Bogor. 

Setelah berkas lengkap, saya kirimkan dokumen itu ke salah satu agen di dekat rumah jasa pengiriman brand minded itu, dan saya memilih untuk menggunakan layanan yang cepat, kalau bisa yang besok paketnya sudah diterima. Akhirnya, dipilihlah layanan tersebut. Singkat cerita, dokumen tersebut tidak terkirim di esok harinya. 

Dokumen yang harus sampai esok, ternyata tidak sampai. Namun, adik dan orang tua masih sabar untuk menunggu paket hingga hari kedua. Ternyata di hari kedua, hingga malam tiba paket itu tidak sampai. Disinilah rasa kecewa muncul, itu paket penting dan saya mengirimkan menggunakan layanan yang esok sampai, tetapi tidak sampai. Bahkan paket itu tidak sampai, meskipun sudah 7 hari setelah di kirimkan. 

Di hari ketiga, saya sudah samperin ke Agen tempat saya mengirim. Dan si agen menjawab, "Paketnya sedang di cari, ditunggu saja pak." terang si agen tersebut. Lah, saya bilang "Itu paket dokumen yang butuh cepat sampai, saya sudah nunggu 3 hari padahal saya menggunakan layanan yang di yakini esok sampai." Lalu si agen menjawab, "yah ditunggu saja pak." Oke akhirnya paket tersebut saya tunggu, hingga hari kelima dan ketujuh paket tersebut tidak juga sampai. 

Di hari keenam, saya kembali datang ke agen tersebut, saya tanyakan gimana paket saya, dia bilang, "Kayaknya paket bapak hilang," Waduh, "kok bisa hilang?" Tanya saya. "Iyah pak, mungkin ketumpuk." Dengan kecewa, orang tua akhirnya marah-marah dengan agen tersebut, dan minta agen itu bertanggung jawab. Namun agen tersebut tidak menanggapi dan seperti tidak mau merespon. Disini, saya menganggap bahwa mereka tidak mau peduli dengan barang konsumen. Sayangnya, saya sudah kecewa dan pada saat itu resi yang saya terima, saya buang saja. Karena saya sudah menganggap paket saya hilang. Jadi mohon maaf saya tidak bisa memberikan bukti yang lengkap, tapi ini benar saya alami.

Meskipun paket akhirnya diantar ke alamat yang ada di Pekanbaru, namun paket itu sampai setelah 14-15 hari setelah saya kirimkan. Dan di hari itu adik saya sudah kembali ke Bogor, karena proses administrasinya telah selesai dan adik saya gagal. Setelah kejadian ini, hingga hari ini pun saya tidak pernah lagi mengirimkan paket dengan jasa pengiriman brand minded tersebut. Kecuali menerima kiriman paket-paket yang saya beli dari marketplace, karena tidak ada pilihan lain lagi. 

Akhirnya, saya selalu mencari-cari jasa pengiriman lain ketika akan mengirimkan paket. Bahkan, hingga saya berjualan online. Saya tidak pernah mengirimkan paket-paket saya ke jasa pengiriman tersebut.

Saya juga pernah menggunakan jasa pengiriman yang ongkirnya termurah, tetapi sayang paketnya juga lama di terima. Bahkan belum lama ini, saya membeli barang di marketplace dan mencoba lagi untuk menggunakan jasa pengiriman murah tersebut. Apa jadinya, ternyata paket yang di kirimkan cukup lama. Padahal, si seller sudah mengirimkan sejak hari Senin tapi baru sampai setelah 3 hari atau tepatnya di hari Kamis.

Namun sejak akhir 2017, saya menemukan jasa pengiriman yang menurut saya cukup efektif dan menjadi jawaban saya setiap melakukan pengiriman. Meskipun jangkauannya belum begitu luas, tetapi ketika ada paket bermasalah. Mereka akan cepat merespon dan kita bisa komplain tanpa pergi ke agen melainkan melalui live chat. Yah jasa pengiriman tersebut adalah JET EXPRESS. 

JET EXPRESS memiliki layanan live chat di website mereka. Menurut saya ini sangat membantu kita, memudahkan pebisnis online bertanya-tanya tentang paket, jika terdapat masalah pada paket yang di kirimkan. 

Berbeda jika kita ke jasa pengiriman yang sudah memiliki brand minded maupun jasa pengiriman lainnya di Indonesia yang belum memiliki live chat yang realtime, meskipun ada satu jasa pengiriman yang sudah menggunakan live chat, tapi responnya lama. Karena keunggulan dari JET EXPRESS ini, apa lagi CS live chat beneran manusia, bukan robot. Memudahkan kita untuk bertanya. Sehingga membuat kita sebagai pebisnis online lebih efisien untuk komplain dibandingkan harus datang ke agen dan menelpon CS jasa pengiriman itu. Bisa-bisa harga nelpon ke CS lebih mahal dibandingkan harga ongkirnya deh.

JET EXPRESS Sangat Cepat

Di awal-awal, saya menggunakan JET EXPRESS, saya kaget ketika paket yang di kirimkan bisa sampai hanya dalam waktu sehari meskipun menggunakan layanan reguler. Saya kira itu ada yang error dari sistem tracking JET EXPRESS, ternyata tidak. Saat saya tanya kepada konsumen, benar kalau paket tersebut sudah sampai. 

Bahkan hingga saat ini, JET EXPRESS masih cukup cepat. Saya memiliki bukti beberapa paket yang saya kirimkan ke kota-kota besar baru-baru ini, sampai dalam waktu satu hari padahal saya menggunakan layanan reguler. Nah saya ada buktinya loh, kalau paket saya yang di kirimkan bisa sampai satu hari meskipun reguler.

Ini paket yg saya kirimkan
Ini paket yg saya kirimkan

Ini paket yg baru saya kirimkan.
Ini paket yg baru saya kirimkan.

Inilah dua bukti bahwa kirim pake JET ke kota-kota besar bisa sampai satu hari meskipun kita menggunakan layanan reguler. Nah buat teman-teman bisnis online, bisa ni masukin JET EXPRESS sebagai salah satu jasa pengiriman di list jasa pengiriman Anda. Apa lagi, saat ini JET EXPRESS memiliki layanan sameday service di kota-kota besar. Seperti di Jabodetabek, kirim sebelum jam 11 siang, paket bisa sampai di sore atau malamnya, bahkan ongkirnya murah banget cuma Rp 15 ribu/3 kilogram. Walah, bisa menjadi solusi teman-teman deh! 

Itu dulu cerita saya mengenai jasa pengiriman. Semoga bisa membuka wawasan dan pengetahuan teman-teman bisnis online lainnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun