Mohon tunggu...
Iskandar Junaidi
Iskandar Junaidi Mohon Tunggu... Guru - Guru

hobyy saya membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Laporan Best Practice

27 November 2023   15:18 Diperbarui: 28 November 2023   12:01 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE

Laporan Best Practice

Menggunakan Metode Star 

(Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi )

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan 

Peserta didik Dalam Pembelajaran

di SMP Negeri 42 Palembang

oleh : Iskandar Junaidi,SPd

NIM :A2G323002

Pelaksanaan PPL PPG Daljab tahun 2023 yang mana Mahasiswa diwajibkan Menyusun Best Practice Dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Penulis bertugas di SD Negeri 051 Palembang dan melaksanakan PPL di SMP Negeri 042 Palembang yang mana dilakukan di kelas VIII. Penulis adalah Mahasiswa PPL Daljab Universitas Jambi. Penulisan ini ssBertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik khususnya dalam Simple Past Tense. Dalam penyusunan best practise yang dilihat adalah kondisi dan latar belakang dalam menerapkan strategi pembelajaran. Berdasarkan evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan didapatkan beberapa masalah,

SITUASI

  • Rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa inggris, khususnya dalam pembelajaran Simple Past Tense.
  • Kurangnya minat baca peserta didik yang mana menyebabkan mereka kesulitan dalam membaca kalimat berbahasa inggris.
  • Kurangnya Guru menggunakan Bahasa inggris dalam pembelajaran yang menyebabkan para peserta didik kesulitan dalam menjawab pertanyaan dalam Bahasa inggris
  • Kurangnya kosa kata yang diberikan dalam pembelajaran menyebabkan peserta didik sulit dan kurang aktif dalam pembelajaran
  • Sarana dan prasarana yang kurang lengkap menyebabkan guru kurang maksimal dalam menjelaskan pembelajaran, sehingga peserta didik agak kesulitan dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh Guru

Berdasarkan beberapa hal yang diatas adalah menjadi penyebab dari latar belakang pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang efesien dalam melakukan pembelajaran didalam kelas. Dengan demikian penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran sangatlah penting untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan pembelajaran. Yang mana dapat memotivasi peserta  didik menjadi lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran. Dengan menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) dan media pembelajaran yang tepat serta inovatif akan mempermudah guru mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Selain dari pada itu motivasi belajar peserta didik menjadi bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

TANTANGAN

Berdasarkan hasil analisis, literature dan observasi penyebab masalah yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar dan motivasi peserta didik antara lain :

  • Kurangnya Guru dalam menggunakan Media dan alat peraga pada saat pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Bahasa inggris
  • Sumber belajar hanya berpatokan pada buku pegangan guru dan buku Pelajaran peserta didik
  • Model pembelajaran yang diberikan cenderung monoton dan kurang innovative
  • Motivasi belajar yang rendah  dari peserta didik  dan kurang terlibat aktif dalam pembelajaran

Berdasarkan beberapa penyebab masalah diatas Adapun pemecahannya antara lain :

  • Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakter peserta didik dalam pembelajaran akan menjadikan pembelajaran  berjalan maksimal dan peserta didik menjadi lebih aktif
  • Penggunaan media pembelajaran yang inovatif, tepat dan menarik bagi peserta didik
  • Menambahkan sumber belajar yang relevan
  • Guru harus memotivasi peserta didik dalam belajar melalui proses pembelajaran yang menarik serta melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran
  • Melalui diskusi kelompok diharafkan peserta didik mampu dan mengerti apa yang terkandung dalam naratif teks yang berbentuk legenda

Dalam hal ini beberapa pihak harus dilibatkan, diantaranya :

  • Guru yaitu sebagai penyaji dalam pembelajaran
  • Peserta didik sebagai objek dari dari penelitian
  • Kepala sekolah selaku pemberi izin dan narasumber seta guru senior sebagai
  • Narasumber
  • Dosen dan Dosen Pamong
  • Rekan Mahasiswa dan teman sejawat

AKSI

Dalam tahap ini ada beberapa Langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi tantangan yang telah ditemukan, antara lain :

  • Mengidentifikasih masalah yang telah dianalisis berdasarkan informasih yang didapat dari hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru Bahasa inggris disekolah tersebut, serta kajian literature yang didapat dari jurnal dan artikel.
  • Menyiapkan perangkat pembelajaran : Modul Ajar, bahan pembelajaran, media pembelajaran, LKPD, instrument penilaian, lembar penilaian hasil produk, lembar evaluasi yang sesuai dengan model pembelajaran yang relevan
  • Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai denganperangkat yang telah dibuat.

Setelah menentukan Langkah-langkah Guru menentukan strategi yang digunakan dalam praktek pembelajaran yang mana mampu dalam mengatasi masalah yang terjadi pada saat pembelajaran. Adapun strateginya :

A.Pemilihan Model Pembelajaran

  • Guru memilih model pembelajaran yang sesuai dengan memahami kharakter peserta didik. Dalam hal ini Guru memilih metode Problem Based Learning (PBL) dengan sintak-sintak :
  • Orientasi peserta didik, pada kegiatan ini peserta didik diberikan penjelasan mengenai materi yang akan dipelajari dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Mengorganisasikan peserta didik dengan cara membentuk kelompok yang mana setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
  • Membimbing secara individu maupun kelompok, Guru membimbing peserta didik dalam pembelajaran yang diberikan
  • Menyajikan hasil karya, dalam hal ini peserta didik menyajikan hasil kegiatan mereka yang telah mereka lakukan secara berkelompok dan kelompok lain boleh menaggapi.
  • Menganalisis dan mengevaluasi pemecahan masalah, dalam kegiatan ini Guru menganalisis hasil diskusi dari presentasi kelompok, yang mana sangat berguna untuk mengetahui tingkat pemahaman materi yang telah didiskusikan peserta didik.

B.Pemilihan Media Pembelajaran

Strategi yang digunanakan Guru yaitu dengan memilih media yang bagus dan menarik, dalam hal ini Penulis menggunakan media gambar sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Proses penggunaan media ajar yang berbasis Track yang mana memudahkan Guru dalam memberikan pengetahuan yang dapat membangkitkan motivasi belajar. Adapun sekelompok orang yang terlibat langsung dalam pembelajaran sangatlah penting sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana dengan sempurna

  • Guru, sebagai penyaji dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting, Mendidik, Mengajarkan, Membimbing, Memberikan penilaian dan melakukan Evaluasi kepada peserta didik.
  • Peserta didik, peran peserta didik dalam proses pembelajaran dianggap penting karena tidak hanya sebagai pendengar dan menerima Pelajaran yang diberikan guru tapi peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran
  • Kepala Sekolah, peran kepala sekolah dalam hal pembelajaran sangatlah penting, selain memberikan izin tempat praktek pembelajaran juga memberikan informasih lain seperti saat wawancara yang mana dikembangkan dalam pembelajaran.
  • Dosen dan Dosen Pamong, peran Dosen dan Dosen pamong sangat penting yang mana selalu memberikan bimbingan dan masukan dalam kegiatan proses pembelajaran,selain memberikan arahan -arahan dalam pelaksanaan praktik pembelajaran lapangan.
  • Rekan Mahasiswa dan teman sejawat, dalam hal ini mereka selalu memberikan dukungan dan semangat, saran dan tanggapan dari hasil praktik pembelajaran

Dalam pembelajaran penulis menggunakan Media gambar dengan tehnologo power point yang di unduh dari media youtube yang mana sangat bermanfaat dalam pelaksanaan pembelajaran, Metode Program Based Learning (PBL)  yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik serta meningkatkan motivasi dalam belajar


REFLEKSI

Pada kegiatan ini Guru melakukan Analisis dari hasil pembelajaran serta manfaatnya

  • Untuk Guru, menggunakan media ajar yang inovatif membuat guru semakin termotivasi untuk memanfaatkan teknologi dalam proses belajar dan mengajar, model pembelajaran yang bagus yang sesuai dengan kharakter peserta didik membuat guru makin memahami strategi mengajar yang dapat dikembangkan guna menghasilkan karya inivatif yang lebih baik
  • Untuk Peserta didik, model pembelajaran yang baik dan inovasi dapat membangkit motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, selain dari pada itu penggunaan media gambar yang menarik dan bagus membuat peserta didik rajin dalam pembelajaran dan mengerti apa yang dijelaskan guru dalam pembelajaran tersebut
  • Untuk masyarakat/wali murid, mereka semakin percaya kepada Guru dan sekolah yang mana dengan metode yang diberikan putra putri mereka semakin mengerti dalam mengikuti pembelajaran serta semakin rajin lagi belajar baik disekolah maupun diruman

Daftar Pustaka

* English For Nusantara kelas VIII

* Bacaan di youtobe

      *  Writing English Language (heaton.J.B : 1988 )

      * Teaching English as Foreign Language (Gunawan,Fitra : 2007)

      * English Learning Strategy (Juniawan,Terti,Muhammad : 2008)

      * Indonesia English Dictionery ( Echols,M.Jhon. and Shadily.

         Hasan : 2002 )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun