Mohon tunggu...
Iskandar deday
Iskandar deday Mohon Tunggu... Supir - Love NKRI

Blog pribadi hiacewisata

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Perbedaan Harga Hiace Premio dan Hiace Commuter

7 Juni 2023   01:47 Diperbarui: 7 Juni 2023   02:25 645
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.hiacewisata.c0m/

Membahas soal perbedaan mobil Toyota Hiace Commuter dengan Premio. Sebelumnya perlu diketahui bahwa Hiace Commuter dan Hiace Premio diperuntukan oleh pihak Toyota untuk mengisi segmentasi mobil komersil.

Kedua mobil ini memiliki perbedaan harga sekitar Rp 85.700.000. Dimana Hiace Commuter dibandrol Rp 551.200.000 sedangkan Hiace Premio Rp 636.900.000 per bulan Juni 2023, harga OTR Jakarta.

Dengan harga mobil yang terpaut jauh, Hiace Premio sendiri diperuntukan untuk mengisi pasar diatas Hiace Commuter bisa dibilang lebih premium. 

Selain dari harga, secara teknis masih banyak perbedaan lagi diantara kedua mobil tersebut. Ingin tahu perbedaan apa saja dari keduanya? simak ulasan berikut ini.

Dimensi Toyota Hiace Premio Dengan Commuter

Perbandingan dimensi Toyota Hiace Premio dengan Commuter

Keterangan Hiace CommuterHiace PremioPanjang5.380 mm5.915 mmLebar1.880 mm1.950 mmTinggi2.285 mm2.280 mmWheelbase3.110 mm3.860 mm

sumber https://www.toyota.astra.co.id/

Tampilan Toyota Hiace Premio Futuristik

Jika melihat tampilan eksteriornya kedua jenis mobil ini jauh berbeda. Hiace premio hadir dengan tampilan lebih segar dan futuristik. Desain futuristik ini dapat dilihat dibagian Headlamp, bumper yang seakan dipisah jadi dua bilah, dan bagian Grill yang terlihat lebih gagah membuat mobil ini lebih modern.

Perbedaan dimensi yang lebih besar membuat Hiace Premio terlihat gagah dengan paduan aksen garis memanjang kebelakang.

Bagian yang paling mencolok pada mobil premio adalah bagian depan yang menggunakan semi Bonnet yang bisa membuat lebih aman ketika terjadi benturan. Pemindahan mesin yang berada di depan membuat kabin menjadi lebih senyap dari suara mesin.

Sedangkan penempatan mesin pada hiace commuter berada dibawah jok supir membuat suara mesin sedikit masuk kedalam kabin. Pada bagian depan mobil ini tidak memiliki Bonnet atau hidung yang dipandang menjadi kurang safery ketika mengalami benturan.

Perbedaan fitur Hiace Premio dengan Commuter

Soal harga yang terpaut jauh membuat kedua mobil ini memiliki perbedaan fitur pendukung. Pada bagian kabin depan kita akan melihat bahwa hiace Premio dilengkapi dengan Head unit double din yang bisa terintergasi dengan kamera mundur. Sedangkan Hiace commuter itu tidak dilengkapi dengan head unit alias kosong.

Selanjutnya dibagian area pengemudi anda akan menemukan kenyamanan layaknya mobil premium. Kenyamanan tersebut terletak pada stir Hiace Premio sudah dilengkapi dengan Fitur Tilt dan Telescopic. 

Pengertian Tilt dan Telescopic pada stir.

Fungsi Tilt adalah mengatur posisi setir untuk naik atau turun, hal  itu bisa dilakukan setelah anda membuka tuas pengunci setir.

Untuk Telescopic steering berfungsi untuk menatur posisi maju atau mundur. Pada mobil Hiace Commuter Fitur Telescopic tidak disematkan.

Beberapa fitur keselamatannya yang ada pada mobil Hiace Premio dengan menyematkan sistem pengereman ABS & BA, Front and Rear Disc Brake agar meningkatkan kinerja rem di keempat rodanya., Dual SRS Airbags, Seatbelt 3 titik.

Selain itu Hiace Premio juga sudah dilengkapi dengan HSA (Hill Start-Assist). Fitur HSA berfungsi untuk memastikan mobil tetap berada di posisi dan tidak mengalami mundur ketika menanjak. Adanya fitur yang satu ini bisa mengurangi resiko kecelakaan saat melewati jalanan menanjak dengan kondisi macet atau tanjakan yang terjal.

 

Perbedaan mesin Toyota Hiace Premio dengan Commuter 

Menyambut penerapan standar emisi gas buang Euro 4 dari pemerindah Indonesia. Pihak Toyota membenamkan mesin baru pada mobil Hiace Commuter yaitu  mesin 1KD-ftv Euro 4 2.982 cc  4 silinder segaris 16 valve DoHC D-4D Common rail dan telah memiliki tubocharger. Tenagan yang dapat dimuntahkan sebesar 136 PS pada 3.400 rpm degan torsi capai 300 Nm pada 1.200 -- 2.400 rpm.

Sebelumnya Hiace Commuter memiliki mesin diesel 2KD-FTV 2.500 cc 4 -silinder segaris dengan 16 valve DOHC D-4D common rail yang dapat memuntahkan tenaga 102 ps @ 3.600 rpm dan memikili torsi maksimal sebesar 259 Nm @ 1.600-2400 rpm.

Bagaimana dengan mesin Toyota Hiace Premio? Pihak Toyota memberikan mesin  VNT Turbo Intercooler, 1GD-FTV 2.755 cc 4-silinder segaris 16-valve DOHC D-4D diesel common rail, direct injection. Berdasar data, mesin itu sanggup memecutkan tenaga maksimal sampai 156,4 PS @3.600 rpm dengan torsi pucuk 450 Nm @ 1.600-2.200 rpm dengan Transmisi manual 6 Percepatan dan di klaim juga telah lolos Euro 4

Kesimpulan

Diantara Toyota Hiace Premio dengan Commuter bukan hanya mempunyai perbedaan pada penampilan interior dan exterior saja. Fitur yang disuguhi antara ke dua mobil ini pun berbeda dimana mobil Hiace Premio memiliki fitur yang lebih komplit seperti yang ada juga pada dimobil pribadi.

Selain memiliki kelebihan Hiace Premio juga memiliki beberapa kekurangan dari pada toyota Hiace Commuter. Seperti pada interior bagian kabin belakang tidak miliki Cup Holder pada tiap bangkunya. Selain itu juga tidak adanya kompartemen ditiap sisi dinding.

Bagaimana menurut kalian? dengan perbedaan harga yang cukup jauh lebih baik memililih Hiace Premio atau Hiace Commuter sebagai kendaraan yang bisa dijadikan teman perjalanan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun