Sebelum anda membaca artikel ini lebih lanjut, agar tidak terjadi kesalapahaman Silahkan baca terlebih dahulu artikel sebelumnya https://www.kompasiana.com/iskandar9999/6176428106310e578b2256b2/himbauan-umkm-usaha-anda-terdaftar-di-aplikasi-makanan-online-shopeefood-hati-hati-dengan-sales-simak-info-ini
Customer service merupakan layanan untuk menerima feedback dari Client (Klien)/ merchant/konsumen kepada perusahaan. Umumnya, bagi perusahaan baru dalam merespon keluhan sangat lambat dan tidak cepat. Namun, hal ini berbeda dengan layanan Customer service ShopeeFood. Beginilah respon mereka atas kelalaian yang telah terjadi.....
Berdasarkan laporan saya ke cs via email shopeefood (alamat email) pada 24/10/2021 Direspon pada hari itu juga, saya dimintai nomor telepon dan data lainnya. Keesokan harinya saya dihubungi cs pusat via saluran telepon, dimintai keterangan lebih lanjut setelah itu saya juga dihubungi oleh Lead Shopeefood Depok. Singkat cerita, pihak Shopeefood meminta maaf atas kelalaian dan menyayangkan kejadian ini. Mereka, juga langsung meneruskan ke tim terkait agar segala promo yang terdaftar pada outlet kami (satemadurapakarip) Â diberhentikan dengan catatan butuh proses (tambahan waktu). Â Saya memaklumi itu atau mungkin anda juga akan memaklumi tentunya, mengingat semua hal memang harus sesuai prosedur yang ada.
Alhasil, pada 28 Oktober 2021, segala promo yang terdaftar atas nama outlet saya ( https://www.instagram.com/satemadurapakarip/ ) sudah dihapus. Alhamdulillah, hasilnya sesuai dengan harapan.
Layanan customer service Shopeefood sudah cukup sigap dalam menangani dan merespon keluhan-keluhan. Mereka juga menyimak kronologi dengan sangat ramah, semoga hal ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Â Memang seperti itu seharusnya, sebagai pelayanan di bidang jasa haruslah melayani dengan ramah, baik, dan jelas. Agar klien/merchant/konsumen puas dan perusahaan juga akan mendapatkan nilai tambah di lingkungan usahanya.
Jika anda mengalami kejadian yang mengganjal, jangan takut untuk bertindak tegas (melapor ke cs). Anda memiliki hak untuk protes dan mendapatkan pelayanan maupun klarifikasi atas masalah anda. Tentunya laporan tersebut harus dilampirkan bukti-bukti yang kuat.
Bila ada kendala atau masalah yang menyangkut merchant  Shopeefood anda,
Simpan kontak CS Shopeefood ini ,
Gmail : help@support.shopee.co.id
Call Center : 1500702
Namun, bagi saya lebih baik via email terlebih dahulu selain karena hemat biaya  via email dapat mengirimkan file atau bukti yang anda maksud. Biasanya juga, setalah kita mengirimkan email akan mendapatkan tiket keluhan (secara otomatis saat pesan email sudah terkirim). Bila tidak ada tanggapan, barulah telp call center dengan menginformasikan nomor tiket tersebut.
Demikian, artikel saat ini dan terima kasih sudah membaca :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H