Beberapa hari yang lewat , media diramaikan dengan berita mobil yang plat no -1 di Indonesia mogok di Kalimantan.
Berbagai bumbu dan komentar bermunculan, bahkan ada yang mau bikin group patungan beli mobil baru untuk Pakde. Mobil itu dalam hitungan awam , sudah tua, sudah 13 tahun.
 Memang untuk mobil biasa,  itu sudah uzur, taxi saja dibatasi umurnya 7 tahun (?) . Uber tidak mau menerima mobil setua itu.
Saya coba melihat secara telepati , karena saya tidak pernah melihat , mendekat apalagi menaiki.
Secara taknis keuzuran ( worn out ) mobil atau kendaraan tidak hanya bisa dilihat dari umur. Ada tiga spendekatan melihat keuzuran  itu.
Pertama dari pemakaian, dalam hitungan waktu ( jam ) atau kilometer.
Kedua dari kalender time.
Kelembaban  ( humidity )
Pertama , jam pemakaian atau kilo meter.
Disini bagian-2 yang worn out adalah karena pergerakan, atau putaran. Ini terutama menyangkut mesin, transmisi, roda dan lain yang bergerak atau berputar.
Kedua , kalender time.
Pada semua benda yang statis akan terjadi proses penuaan, korosif  karena dimakan waktu. Benda yang termasuk dalam katagori ini adalah body dan alat-2 yang terbuat dari karet. Body tendens untuk karatan sedang karet-2 tendens jadi kaku , kehilangan
daya lenturnya.
Humidity .
Ini sangat berefek pada system komputerisasi, elictrical system, juga sangat berpengaruh pada iten no 2 diatas.
Bagaimana  dengan mobil Presiden. Saya  dengar yang termahal dari mobil itu adalah body nya , mungkin sangat mahal. Dengan teknologi yang tinggi tentu Pabrik Mercy sangat konsern pada perlidungan kerusakan yang terjadi di item 2 , umpama pencegahan korosion tingkat tinggi dan mengganti secara berkala alat dari karet.
Bagaimana dengan mesin nya. Sekali lagi, tentu perawatannya sangat baik . Mobil serta mesin nya termasuk low utilazation .  Namun  kalau mesin bermasaalah , bisa ganti mesin saja jauh lebih murah dari pada  ganti semua mobil.
Alat-2 komputernya, mungkin terpengaruh  karena kita tinggal didaerah tropis yang lembab bisa jadi perhatian lebih khusus.
Intinya; Mobil masih sangat bagus, terutama bodynya yang sangat mahal. Namun kalau ada komponent yang rusak termasuk mesin dan transmisi, ganti saja yang rusaknya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H