Mohon tunggu...
Isar Dasuki Tasim
Isar Dasuki Tasim Mohon Tunggu... Administrasi - Profil sudah sesuai dengan data.

Sebagai Guru SMA yang bertugas sejak tahun 1989 di Teluknaga Tangerang. "berbagi semoga bermanfaat"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menciptakan Belajar Efektif dari Rumah

2 Mei 2020   18:13 Diperbarui: 2 Mei 2020   18:18 995
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Awal maret Presiden Jokowi menyampaikan tentang adanya pasien yang positif korona. Pasien tersebut merupakan Ibu dan Anak yang dirawat di RS Suroso, sebenarnya Pasien tidak tahu apakah terkena korona atau tidak, sebab yang dia rasakan hanya deman dan batuk pilek biasa. Namun peristiwa tersebut membuat Bangsa Indonesia mulai waspada terhadap virus yang mematikan ini.

Dari peristiwa ini berpengaruh pada kegiatan Pendidikan, mulai pertengahan bulan Maret 2020 di beberapa daerah khususnya Propinsi Banten mengharuskan guru dan peserta didik belajar di rumah. Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membatalkan pelaksanaan UNBK yang rencana akan di hapuskan pada tahun 2021, karena Covid-19, terpaksa pada tahun ini UN di hapuskan, untuk melindungi guru dan peserta didik dari penyebaran virus corona. Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk belajar di rumah. Bagaimana Pola belajar efektif dari rumah dapat di lakukan. Banyak aplikasi yang menawarkan pembelajaran daring, rumah belajar, saba banten yang ditawarkan, namun guru-guru baru familier dengan google class room. Efektifkah pembelajaran tersebut ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 885) pola adalah suatu system kerja atau carakerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskrifsikan gejala itu sendiri (Suyoto, 1985: 327).

Belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang dimana perubahan tersebut dalam bentuk peningkatan prilaku, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya. Menurut Skiner, pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif. Sedangkan C.T Morgan mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan yang relative dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang telah lalu.( https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-belajar.html)

Efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan. Pengertian efektif merupakan suatu usaha yang dilakukan secara maksimal sesuai yang diharapkan, selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang di inginkan belum tercapai. (https://pengertiandefinisi.com/pengertian-efektif/). Sementara rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menepati rumah tersebut.

Berdasarkan definisi-definisi  diatas pola Belajar efektif dari rumah dapat diartikan sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan demikian peserta didik yang melakukan pola belajar efektif dari rumah dapat membuat rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan, penjadwalan yang berlangsung terus menerus di dalam rumah. Jawal ini harus di ikuti secara konsisten, disiplin dan terjadwal. Rumah sebagai tempat tinggal dapat dijadikan sarana pembelajaran yang membuat nyaman bagi peserta didik. Penjadwalan kegiatan dapat di buat sebagai patokan untuk melakun kegiatan belajar misalnya dengan membuat jadwal dari mulai bangun tidur sampai ke tidur lagi. Contoh dengan membuat matrik kegiatan sebagai berikut:

WAKTU

KEGIATAN

KETERANGAN

04.00 – 05.00

Bersih-bersih Sholat

05.00 – 06.00

Olah raga ringan

06.00 – 07.00

Persiapan melakukan kegiatan

07.00 – 12.00

Pembelajaran daring

Beberapa Mata Pelajaran

12.00 – 13.00

Istirahat, Sholat dll

13.00 – 17.00

Membaca kembali, buku pelajaran serta refrensi yang mendukung

17.00 – 19.00

Istirahat dll

19.00 – 21.00

Membaca  kembali pelajaran untuk penguatan

Materi yang dianggap sulit tambah waktunya

21.00 – 04.00

Tidur, istirahat

Jadwal tersebut dapat dibuat sesuai dengan selera peserta didik sendiri, yang penting dapat dilaksanakan secara konsisten. Dengan jadwal yang terpola sedemikian rupa peserta didik dapat melakukan dengan konsisten setiap harinya, maka peserta didik akan terbiasa dengan pola yang terjadwal. Perubahan prilaku peserta didik akan mengalami peningkatan yang di harapkan, ini lah yang disebut belajar. Rumah yang merupakan tempat tinggal dapat di rancang sedemikian rupa agar peserta didik merasa nyaman, bisa dilakukan sambil selonjoran, lebih bagus lagi bila ada meja belajar yang di hususkan untuk kegiatan belajar.

Dengan terbiasa melakukan pembelajaran yang terjadwal perserta didik akan terlihat perbedaannya dengan peserta didik yang tidak menggunakan perencanaan pembelajaran yang terjadwal. Peserta didik yang terbiasa dengan jadwalnya, maka akan selalu menggunakan jadwal tersebut sebagai patokan. Sementara peserta didik yang tidak melakukan penjadwalan akan kurang dalam peurbahan tingkah lakunya dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tes penilaian dan penugasan yang dilakukan oleh gurunya. Oleh karena itu peserta didik harus terbiasa dengan kegiatan rutin hariannya dan dibuatkan jadwal kegiatan yang terpola. Agar efektif dalam proses belajar, peserta didik harus sudah terbiasa membaca buku refrensi, untuk menambah pengetahuan tambahan.

Kesimpulan

Menciptakan belajar efektif dari rumah harus direncanakan dan terjadwal. Bagaimanapun efektif belajar harus membiasakan diri untuk konsisten disiplin dalam mengikuti jadwal yang sudah dibuat. Peserta didik yang terbiasa menggunakan penjadwalan belajar di rumah akan mengalami perubahan tingkah laku yang sangat signifikan. Sementara peserta didik yang tidak menggunakan perencanaan dalam pembelajaran bahkan tidak pernah mau belajar akan memperoleh penilaian yang tidak maksimal. Oleh sebab itu menciptakan belajar efektif dari rumah harus di bimbing oleh orang tua atau guru, sehingga peserta didik terbiasa dan konsisten dengan jadwal yang dibuatnya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun