Mohon tunggu...
Irwin Septian
Irwin Septian Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Irwin Septian Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran (4SKS) with Drs. M. Nasrun, M.Pd

16 September 2012   15:07 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:22 751
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Buatlah 10 Soal dari 10 Indikator berbeda dengan 6 macam kategori aspek kognitif menurut Taksonomi Bloom!!!

No

Indikator

Tujuan Pembelajaran

Soal Evaluasi

Kategori

1

Mampu menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup

Siswa mampu menyebutkan dua faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan melalui tes tertulis dengan benar

Faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yaitu....

a.gen dan hormonc.Hormon dan pH tanah

b.gen dan unsur harad.pH tanah dan unsur hara

C1

2

Mampu membedakan pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup

Siswa mampu memisahkan dua buah contoh peristiwa perkembangan dan dua buah contoh peristiwa pertumbuhan dalam tabel soal dengan tepat

Perhatikan beberapa peristiwa berikut !

1)Lingkar kepala bertambah besar

2)Remaja mulai tertarik dengan lawan jenis

3)Tanaman telah berbunga

4)Akar tanaman bertambah panjang

Pengelompokanyang benar dari beberapa peristiwa diatas yaitu...

Pertumbuhan

Perkembangan

a.

b.

c.

d.

1) dan 2)

1) dan 4)

2) dan 3)

2) dan 4)

3) dan 4)

2) dan 3)

1) dan 4)

1) dan 3)

C4

3

Mampu mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia

Siswa mampu mengurutkandengan benartahapan perkembangan pada beberapa fase hidup manusia

Perhatikan beberapa kemampuan motorik balita berikut!

1)Berdiri tanpa berpegangan

2)Menggerakkan tangan dan kaki

3)Duduk tanpa berpegangan

4)Berlari naik tangga

5)Melompat

6)Tengkurap-terlentang sendiri

7)Berjalan.

Urutan perkembangan motorik balita yang benar yaitu....

a.2)-3)-6)-1)-7)-5)-4)c.6)-2)-3)-7)-1)-4)-5)

b.2)-6)-3)-1)-7)-4)-5)d.6)-3)-2)-1)-7)-5)-4)

C2

4

Mampu membandingkan Metamorfosis dan Metagenesis

Siswa mampu membedakan tahapan pada proses metagenesis lumut melalui bagan pertumbuhan dengan benar

Perhatikan bagan metagenesis pada tumbuhan lumut berikut!

Spora

A

Tumbuhan lumut

AnteridiumArkegonium

BC

Huruf A, B, dan C pada bagan tersebut adalah.......

A

B

C

a.

b.

c.

d.

Protalium

Protalium

Protonema

protonema

Spermatozoa

Ovum

Ovum

Spermatozoa

Ovum

Spermatozoa

Spermatozoa

Ovum

C3

5

Mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan badan dan pakaian

Siswa mampu merencanakan usaha yang dilakukan untuk menjaga kebersihan badan sesuai usia dengan benar

Pada usia puber sering timbul jerawat.Salah satu cara mencegah timgulnya jerawat yaitu.....

a.Memakai pemutih wajah

b.Berganti kosmetik setiap minggu

c.Memakai kosmetik menjelang tidur

d.Membersihkan wajah dua kali sehari

C5

6

Mampu menyebutkan contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot

Siswa dapat menyebutkankelainan pada otot manusia

Melalui contoh peristiwa dengan tepat

Membesarnya otot pada atlet binaraga disebut…..

a.Atrofic.tetanus

b.Distrofi d.hipertrofi

C1

7

Mampu menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup

Siswa mampu menafsirkan faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan terhadap proses pada tumbuhandengan tepat

Kelembapan udara berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman karena berkaitan dengan proses…..

a.Translokasic.translasi

b.Transplantasid.transpirasi

C3

8

Mampu membedakan fungsi tulang, otot dan sendi.

Siswa mampu membedakan proses yang terjadi pada otot melalui beberapa karakteristik dengan benar

Ukuran otot memendek, mengeras, dan bagian tengahnya menggembung merupakan cirri otot sedang mengalami….

a.Kejang c.Kontraksi

b.Gangguan d.Relaksasi

C2

9

Mampu menyebutkan contoh kelainan penyakit pada system pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Siswa mampu menyebutkan gangguan pada sistem pencernaan berdasarkan ciri-cirinya dengan benar

Gangguan system pencernaan yang ditandai dengan pergerakan feses secara lambat melalui usus besar yaitu…..

a.Gastritis c.malabsorpsi

b.Konstipasi d.ulkus peptikum

C1

10

Mampu mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada didalamnya

Siswa mampu membedakan jenis vitamin, fungsi dan sumbernya melalui tabel pada soal dengan tepat

Vitamin berikut yang sesuai dengan fungsi dan sumber makanannya yaitu….

Vitamin

Fungsi

Sumber

a.

b.

c.

d.

Vitamin A

Vitamin B

Vitamin C

Vitamin D

Meningkatkan daya tahan tubuh

Mencegah penyakit beri-beri

Mencegah keguguran

Berperan dalam system reproduksi

Minyak ikan

Kacang tanah

Jeruk

Wortel

C4

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun