Aturan perusahan menyangkut apa saja hak dan kewajiban karyawan, bisa berbeda-beda di setiap perusahaan. Termasuk juga soal apa yang terlarang bagi karyawan, bisa berbeda-beda.
Secara umum, tentu ada larangan yang berlaku di semua kantor karena telah diatur dalam undang-undang. Contohnya, larangan bertindak kriminal.
Namun, ada perusahaan tertentu yang juga mengatur hal yang bersifat pribadi, meskipun undang-undang tidak mengatur hal tersebut.
Makanya, jika ada perusahaan yang tidak membolehkan karyawannya menikah dengan teman sekantor, ini bukan aturan yang aneh.Â
Tahu kan kenapa dilarang menikah dengan teman sekantor? Karena teman sekantor kan banyak, tak mungkin semua dinikahi.
Hehehe, bukan itu alasannya, itu alasan candaan versi para komedian dengan mengartikan sekantor sebagai semua orang dalam satu kantor.
Alasan sebetulnya adalah agar karyawan bisa fokus pada pekerjaannya saat bekerja. Jika di ruang kerja tersebut juga ada istri atau suaminya, dikhawatirkan jadi kurang fokus.
Anggaplah sebelum ke kantor mereka bertengkar di rumahnya. Bisa saja, berantemnya berlanjut di kantor.
Atau, bisa saja suami istri berbeda kantor, namun masih satu perusahaan yang sama. Umpama, si suami di divisi sumberdaya manusia, sedangkan istrinya di divisi pemasaran.
Namun, adanya kolusi antara suami istri tersebut yang merugikan perusahaan, mungkin saja terjadi.Â
Apalagi, bila seorang atasan punya beberapa anak buah, yang salah satunya adalah istri si atasan itu. Ini bisa bahaya, karena si istri bisa menjadi bos bayangan.