Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Bos yang Baik Hati Sering Melakukan 9 Hal Ini

12 Desember 2022   05:03 Diperbarui: 12 Desember 2022   12:20 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jadi bos yang punya banyak anak buah di sebuah kantor, menurut persepsi banyak orang, pasti banyak enaknya ketimbang tidak enaknya.

Si bos mau apapun juga, tinggal perintah saja. Ibaratnya, bos tinggal duduk manis, semua tugas diselesaikan oleh anak buah.

Paling-paling, tangan bos sedikit pegel kalau lagi banyak surat atau dokumen yang harus ditandatangani.

Selain itu, bos lebih disibukkan oleh makan enak menjamu teman bisnis, atau melobi rekanan sambil main golf.

Tapi, jika seorang bos ingin dicintai oleh anak buahnya, bukan ditakuti, maka bos tersebut harus menjadi bos yang baik hati.

Ada beberapa ciri seorang bos yang baik hati, seperti yang diuraikan berikut ini.

Pertama, mengingat nama semua anak buahnya. Hal ini kelihatannya sepele. Tapi, bagi anak buah menjadi hal yang penting, pertanda bos punya perhatian.

Jika anak buah hanya belasan orang, seharusnya gampang menghafalnya. Tapi jika 100 orang, ya, harus berusaha, umpamanya setiap hari menghafal 10 nama.

Nanti, setelah 10 hari akan hafal semua. Bos tak mau memanggil anak buah dengan "kamu" atau "you" saja.

Kedua, selalu menyapa anak buah saat berpapasan dan menyebut namanya. Jika anak buah sudah tergolong senior pakai "pak" atau "bu".

Jika anak buah tersebut masih muda, pakai "mas" atau "mbak" sebelum menyebut namanya. Atau, langsung sebut nama saja juga tidak masalah.

Akan lebih baik lagi, bos menyempatkan bertanya sesuatu, misalnya bertanya tentang kondisi keluarga anak buah, atau pertanyaan lain di luar pekerjaan.

Ketiga, tidak terkesan enggan berbicara atau berdiskusi dengan anak buah level bawah. Bos yang hanya mengajak diskusi para staf tertetu saja, akan mengakibatkan yang lain merasa diabaikan.

Keempat, bos memberikan pengarahan yang rinci dan jelas. Anak buah diberi kesempatan untuk bertanya, jika mereka belum paham dengan pengarahan tersebut.

Kelima, bos mengalokasikan waktu khusus secara periodik (misal setiap Senin pagi), untuk berdiskusi dengan semua karyawan.

Diskusi ini bersifat interaktif, di mana anak buah dirangsang agar berani menyampaikan pendapat atau keluhan.

Keenam, bos adakalanya memberi kritik pada anak buah. Tapi, kritiknya bersifat membangun, dengan memberikan solusinya.

Kritik tersebut disampaikan bos secara sopan, bukan dengan marah-marah yang terkesan melecehkan anak buah.

Ketujuh, bos yang mengakui dan menghargai anak buah yang sudah menghasilkan sesuatu yang bagus atau sudah memenuhi apa yang diperintahkannya.

Kedelapan, terhadap ide baik yang orisinil berasal dari seorang bawahan, bos mau mengakui dan menyampaikan terima kasih.

Jika ide bawahan sampai diakui sebagai ide bos, tentu akan menyakitkan bagi anak buah yang punya ide.

Kesembilan, membaur dengan anak buah dalam acara rekreasi bersama. Bos yang baik hati juga tidak pelit dan relatif sering mentraktir makan-makan anak buah.

Begitulah ciri-ciri seorang bos yang baik hati. Mungkin masih banyak ciri yang lain, tapi dengan 9 butir di atas sudah cukup mewakili.

Tapi, tak ada yang sempurna di dunia ini. Berita kurang baiknya, bos yang baik hati relatif sering makan hati.

Soalnya, si bos tidak tega untuk  memarahi anak buah, sehingga sering rasa marahnya dipendam dalam-dalam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun