Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Fast Moving Consumer Goods, Kuncinya Riset dan Inovasi

18 Mei 2023   05:21 Diperbarui: 18 Mei 2023   05:25 701
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tulisan ini bukan promosi. Berdasarkan fakta, jelas terlihat bahwa untuk bisnis fast moving consumer goods (FMCG), hingga saat ini masih dikuasai oleh produk-produk Unilever.

Ada memang pesaing Unilever di Indonesia, seperti produk-produk dari kelompok Procter & Gamble (P&G), Wings, Kao, Mandom, Paragon Group, dan Johnson & Jhonson.

Tapi, sejauh ini manuver yang dilakukan para pesaingnya, secara umum belum mampu menggoyahkan dominasi Unilever.

Apa itu FMCG? FMCG adalah produk-produk yang cepat perputarannya dalam arti cepat terjual. Biasanya berupa barang kebutuhan sehari-hari.

Makanan dan minuman ringan, barang-barang kecil yang biasa ada di kamar mandi, serta alat-alat dan produk untuk kecantikan, adalah beberapa contoh FMCG. 

Unilever sangat dominan, karena telah melewati sejarah yang sangat panjang. Perusahaan yang berasal dari Belanda itu telah berdiri sejak tahun 1890.

Di Indonesia sendiri, Unilever sudah masuk sejak 1933, ketika Indonesia masih disebut sebagai Hindia Belanda.

Tak semua perusahaan yang punya sejarah panjang pasti menguasai pasar, karena jika tak mampu mengikuti perkembangan zaman, malah bisa tergilas pendatang baru.

Sadar karena hal itu, Unilever sengaja memperkuat unit riset dan pengembangan, sehingga inovasi menjadi kunci utama kesuksesan Unilever.

Tak heran, jumlah produknya sekitar ratusan item dari puluhan brand, bahkan ada media yang menulis Unilever punya seribu produk. 

Meskipun merek yang dipakai adalah merek-merek yang sudah dikenal lama, tapi produk dan kemasannya selalu berkembang dari masa ke masa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun