Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Satu Keluarga Tewas akibat Korsleting Pemanas Air dan 5 Langkah Pencegahannya

26 Maret 2022   10:37 Diperbarui: 26 Maret 2022   21:10 2458
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pemanas air|Dokumentasi Shutterstock/Mansong Suttakarn, dimuat Kompas.com

Tiba-tiba saya merasa ngeri dengan kondisi water heater (pemasan air) yang ada di kamar mandi saya. Kamar mandi ini menyatu dengan kamar tidur.

Sebetulnya, saya sudah lama tahu bahwa di sekitar ujung pipa yang menempel ke bawah tabung pemanas air itu sudah karatan, sehingga berwarna hitam kecoklatan.

Tapi, karena merasa aman-aman saja, dan pemanas air masih berfungsi dengan baik, saya tidak terlalu peduli. Padahal, usianya mungkin sudah sekitar 7-8 tahun.

Kengerian saya itu muncul setelah saya menonton siaran berita dari salah satu stasiun televisi nasional. Satu keluarga di Pulo Gadung, Jakarta Timur, tewas kesetrum di kamar mandi akibat korsleting water heater (Minggu, 20/3/2022).

Berdasarkan hasil olah TKP (tempat kejadian perkara), Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri menemukan kebocoran listrik pada instalasi pemanas air dalam kamar mandi, di mana empat korban meregang nyawa.

Keempat korban tersebut, menurut Kompas.com (23/3/2022), terdiri dari suami (BG/37 tahun), istri (NB/29 tahun), anak (EA/11 bulan), dan baby sitter (SM/59 tahun).

Nah, kembali ke kondisi di rumah saya, jangan-jangan tanda karatan itu menjadi pertanda bahaya. Lalu, saya berselancar mencari informasi tentang keamanan water heater di sejumlah media daring.

Jika saya tulis ulang dalam versi bebas, inilah tanda-tanda pemanas air yang menggunakan tenaga listrik yang perlu diwaspadai dengan meminta ahlinya untuk mengecek dan memperbaiki, jika ada yang rusak.

Atau, kalau kerusakannya tergolong parah, tentu tidak usah merasa sayang untuk menggantinya dengan pemanas air yang baru.

Tanda-tanda tersebut adalah, pertama, berkaitan dengan lamanya pemakaian. Secara umum, pemanas air bisa berfungsi dengan baik selama 10-15 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun