Mohon tunggu...
Irwan Hadiansyah
Irwan Hadiansyah Mohon Tunggu... Digital strategist -

Digital strategist

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Wawancara Dengan Founder Gantibaju.com Tentang Kiat Sukses Bisnis Onlinenya

14 Maret 2011   09:31 Diperbarui: 26 Juni 2015   07:48 763
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Pada interview perdana ini, UrbanSosial.com mendapatkan tamu yang sangat istimewa yaitu kedatangan salah satu founderGantibaju.com, yaitu Aria Rajasa yang bisa ditemui di akun Twitternya @rajasa. Walaupun beliau banyak sekali kegiatan, namun Aria Rajasa telah meluangkan sedikit (mungkin banyak) waktu untuk berbagi kisah sukses kepada kita semua tentang “resep dapur” dalam membangun bisnis onlinenya. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menginspirasi kita semua untuk lebih semangat lagi dalam berkarya.

Bagi yang belum berkenalan, Gantibaju.com adalah creative clothing line yang menggabungkan clothing line, e-commerce,dengan kontes design kaos terbesar di Indonesia dimana desain-desain kaos yang diproduksi oleh Gantibaju.com adalah desain-desain kiriman dari para anggotanya berdasarkan voting anggota yang lain dan dari hasil penilaian juri-juri khusus yang kompeten di bidangnya. Para Pemenang yang terpilih desainnya akan mendapatkan uang tunai dan royalti dari penjualan kaos tersebut.

Walaupun mungkin ada beberapa diantara kita sudah mendengar tentang model bisnis yang serupa diluaran sana, tapi ada hal yang membuat Gantibaju.com unik dan berbeda yaitu, nuansa Indonesia yang selalu kita dorong di setiap desain-desainnya. Hanya desain-desain keren yang memiliki nuansa Indonesia lah yang akan Gantibaju.com terima dalam mengikuti kontesnya. Untuk lebih detail tentang mereka, Anda bisa mengunjunginya di http://www.gantibaju.com.

Ok, inilah wawancara UrbanSosial.com dengan Mas Aria Rajasa, salah satu founder dari Gantibaju.com:

Halo apa kabar kawan-kawan di Gantibaju.com? Makin keren aja nih. Katanya sudah dapat awards ya kemarin? Bisa ceritakan?

Halo, kemarin kami baru saja menang sebagai juara 1 kompetisi SWA Startup untuk kategori Bisnis juga, awal yang baik untuk tahun 2011. Selain itu kami juga menang di SparxUp Award sebagai Most Promising Startupdan juga predikat Top 100 Application di Asia oleh e27, Singapura.

Oh ya, sebelumnya. Untuk yang belum kenal  lebih jauh, bisa ceritain kisah singkat Gantibaju.com tentang awal mula berdiri sampai dengan berkembang hingga saat sekarang?

Gantibaju.com berdiri sejak Februari 2010, dan kini telah memiliki lebih dari 15000 member, 8000 desainer. Lebih dari 1500 orang pernah mengirimkan desainnya untuk mengikuti 9 tema desain yang pernah dirilis. Gantibaju.com telah menjalin kerjasama dengan beberapa brand lokal seperti Koprol (situs jejaring sosial lokal berbasis lokasi yang baru-baru ini diakusisi oleh Yahoo!), Raditya Dika (penulis muda populer dengan karyanya berjudul Marmut Merah Jambu), B Channel TV (stasiun televisi lokal yang memfokuskan diri pada acara-acara berkualitas dan mendidik), dan XL Axiata (salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia).

Gantibaju.com memiliki 3 Founder yaitu Aria Rajasa yang bertindak sebagai CEO, Anang Pradipta yang bertindak sebagai CMO dan Community Manager dan Setyagus Sucipto yang bertindak sebagai CTO. Pada Februari 2009 Gantibaju.com memiliki 8 orang karyawan, yang sekarang telah bertumbuh sampai 15 orang karyawan.

Apa yang Gantibaju.com lakukan diawal-awal berdiri untuk mengenalkan merek jualan online kalian supaya lebih banyak dikenal orang?

Kami melacak komunitas-komunitas designer yang sebelumnya berdiri sendiri-sendiri dan kurang di-expose, kemudian kami datang dengan konsep gantibaju.com dan ternyata mereka sangat antusias kepada konsep kami.

Semenjak itu, kami bekerjasama dengan banyak komunitas designer untuk menumbuhkan jumlah designer baru di gantibaju.com dan juga datang ke acara-acara komunitas designer seperti event pameran Karya Akbar, Diskomfest untuk memberikan support dan semangat kepada mereka, karena pada dasarnya Gantibaju.com dan mereka memiliki semangat yang sama, yaitu memperbaiki dan meningkatkan apresiasi kepada design.

Selain itu kami juga aktif melakukan pendekatan kepada para customer melalui social media seperti Facebook dan Twitter, dimana disana banyak kegiatan unik yang kami buat bersama para customer dan future customer.

---

Untuk lebih detil tentang wawancara tersebut. Silahkan di baca di: http://www.urbansosial.com/artikel/wawancara-dengan-ganti-baju-com.html

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun