Perubahan pola hidup manusia merupakan salah satu hal yang pasti akan terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Populasi yang semakin meningkat, kondisi alam yang berubah, dan tentunya perkembangan teknologi yang akhir-akhir ini luar biasa, memaksa manusia mau tidak mau harus beralih memasuki era -- Digitalisasi.Â
Teknologi yang hadir melalui digitalisasi merupakan solusi tepat atas permasalahan yang dihadapi manusia dalam kegiatan sehari-harinya untuk memberikan keuntungan dalam hal efisiensi waktu, low operation cost, layanan cepat dan handal serta kemudahan untuk mendapatkan informasi serta memberikan respon dalam waktu yang cecpat.
Revolusi Industri generasi ke -4 yang sering kita dengar dengan istilah "Industry 4.0" memang sedang digalakkan di seluruh dunia khususnya di Indonesia. Industry 4.0 secara sederhana dipahami sebagai industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber.Â
Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif.
Implementasi industry 4.0 ini sudah dapat kita lihat dibanyak aplikasi umum digunakan seperti smart lighting, smart home, pemesanan makanan online, pemesanan driver online, pemesanan tiket online dan pemesanan berbasis online lainnya yang setiap hari muncul ditengah-tengah kehidupan manusia.Â
Bahkan beberapa industri sudah menerapkan line production berbasis IoT untuk meningkatkan layanan mereka dalam hal kualitas produk yang dihasilkan, delivery time kepada konsumen, lower operation cost dan efektivitas serta produktivitas perusahaan.
Demikian halnya dengan layanan di bidang logistik sekarang ini. Implementasi Industry 4.0 sangat tepat untuk diterapkan mengingat kompleksitas yang terdapat dalam hal pelayanan pada bidang logistik ini. J&T Express yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman ekspres, merupakan salah satu contoh yang sudah memanfaatkan kemajuan teknologi digital berbasis industry 4.0 dalam menjalankan roda pelayanannya.Â
Dengan luasnya daerah yang dilayani yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sumatera hingga Papua, J&T Express membangun suatu sistem berbasis internet sebagai implementasi industry 4.0 untuk menjangkau seluruh konsumen yang dilayani setiap harinya.Â
Semua informasi yang penting khususnya untuk pelanggan disediakan pada dashboard utama yang dapat diakses pada http://www.jet.co.id/, sehingga konsumen memang mendapat kemudahan saat akan menggunakan jasa J&T Express untuk mengantarkan barang yang akan dikirim.
Ketika kita pertama sekali mengakses http://www.jet.co.id/, kita akan dihadapkan pada lama utama yang menarik dan tentunya tidak menggangu penglihatan, karena disuguhkan dengan menu sederhana namun lengkap sesuai dengan kebutuhan saja. Kemudian hal penting lainnya yang menjadi perhatian adalah ketersediaan bahasa dalam versi Bahasa lokal (Indonesia) yang merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh pengguna di negara kita, bahasa inggris merupakan bahasa internasional menjadi pilihan yang tepat dengan asumsi warga neagara lain yang bukan warga negara yang tinggal di Indonesia juga umumnya bisa menggunakan ketika menggunakan layanan J&T Express. Hal menarik justru penyediaan Bahasa Mandarin (China) yang tentunya menjadi ide kreatif dari pengembang proses bisnis dan IT di J&T Express.Â
Seperti kita ketahui bahasa China merupakan salah satu bahasa yang mendunia saat ini selain karena populasinya yang terbesar di dunia, banyak juga warga negara Cina yang stay di Indonesia yang berprofesi sebagai pedagang, pengusaha sehingga mereka banyak menggunakan jasa layanan pengiriman barang seperti pengusaha lainnya dalam menjalankan usaha maupun bisnis mereka.
Dimulai dari pembuatan business prosess, database, dashboard, menu, layanan yang terkoneksi dengan internet, IoT, Big Data analytic dan lainnya tentunya membutuhkan usaha yang ekstra dan waktu yang sangat lama.Â
Namun kepuasan pelanggan merupakan target utama dari layanan ini. Melalui nilai dasar yang diusung yaitu "Integritas, share, layanan dan tanggung jawab adalah empat nilai dasar yang that diaplikasikan J&T Express untuk meraih kualitas pengiriman paket ekspres yang sebesar-besarnya bagi pelanggan. Kami berkomitmen untuk melayani setiap pengiriman dengan jujur dan bertanggung jawab.", J&T Express membuat sebuah terobosan besar dan tepat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini yaitu industry 4.0 (Internet, IoT, Big Data, Cloud Computing, dan lainnya).
Penerapan smart services berbasis IoT yang sudah diterapkan J&T Express membawa layanan ini berada satu step didepan jasa pengiriman lainnya yang bergerak dibidang yang sama. Keunggulan mereka dapat kita lihat seperti:
- Layanan Jemput Paket di Tempat
- Luasnya area layanan yang tersebar diseluruh pelosok nusantara
- Sistem tracking real time berbasis internet yang memungkinkan konsumen mengetahui posisi barang kiriman mereka
- Fasilitas Aplikasi & Website yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi pengiriman seperti estimasi tarif,jenis barang yang diperbolehkan atau tidak, titik penjemputan terdekat dan informasi lainnya yang dapat diakses melalu mobile devices.
- Dengan system online yang sudah dibangun, waktu operasionalnya juga bisa dimaksimalkan yaitu 365 hari setahun atau dengan kata lain setiap hari ada layanan.
- Untuk informasi tentang sesuatu hal yang ditanyakan yang berhubungan dengan jasa pengiriman atau barang yang sedang dalam pengiriman, ada tersedia Hotline
24 Jam. - Harga yang ditawarkan oleh J&T express juga sangat beraing dengan tetap memberikan pelayanan yang terbaik
- Untuk keterangan lainnya juga konsumen akan mendapatkan informasi melalu SMS waybill
- Tersedia VIP Platform
- Dan juga menyediakan fasilitas klaim asuransi bagi konsuman
Semuanya keuntungan yang disediakan merupakan bentuk totalitas dari J&T Express dalam memberikan layanan premium kepada penggunanya.
Layanan Aplikasi berbasis digital sebagai penerapan industry 4.0 merupakan layanan smart yang diberikan oleh J&T Express untuk memanjakan konsumen  dalam memenuhi kebutuhan mereka khususnya dalam hal pengiriman barang. Semua layanan hanya diakses melalui sentuhan pada monitor saja, semua informasi sudah didapatkan.
Masyarakat juga bisa merasakan perkembangan teknologi khususnya dibidang IT dan IoT ketika mengakses situs resmi J&T Express. Memang satu yang masih menjadi pekerjaan besar pemerintah dan kita semua adalah memastikan seluruh pelosok nusantara bisa merasakan adanya koneksi Internet, sehingga perkembangan digital berbasis IoT ini memang bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semaksimal mungkin.
Sekali lagi, konsumen puas dengan layanan yang diberikan dan juga masyarakat semakin cerdas dalam menentukan pilihan Bersama J&T express.
Terima kasih,
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H