Perkembangan Teknologi akhir-akhir ini memberikan babak baru dalam perjalanan kehidupan manusia. Otomatisasi, Robotic, Telecommunication, Internet dan masih banyak lagi merupakan contoh aplikasi kemajuan yang nyata dibidang teknologi yang membawa kita maju satu langkah dalam kehidupan ini.
Tidak bisa dipungkiri, hadirnya teknologi memang sangat membantu manusia untuk banyak hal yang menjadi rutinitas sehari-hari. Kecanggihan teknologi hari ini juga membawa dampak yang sangat besar dalam mempermudah segala kegiatan, membuat waktu yang dibutuhkan lebih efisien, dan semuanya berjalan dengan efektif.Â
Demikian juga ditengah-tengah kehidupan anda, saya dan kita semua dalam keseharian, Teknologi sudah hadir yang tanpa kita sadari sangat membantu dan memudahkan kita dalam segala hal. Membayar tagihan bisa secara online, membeli pulsa dan paket bisa melalui internet, mencari informasi penting bisa lewat cellular phone, dan bahkan saat ini kita lebih dimanjakan lagi dengan hadirnya layanan angkutan online, pesanan barang online dan termasuk makanan/kuliner online yang semuanya bisa kita dapatkan dari tempat kita memesan.
Demikian juga konsep Internet of Things yang hadir dalam aplikasi GO-JEK saat ini, yang memungkinkan anda mendapatkan hampir semua layanan berbasis online, seperti pada aplikasi GO-FOOD yang menawarkan semua jenis makanan yang anda butuhkan dari yang pernah anda konsumsi, sampai yang belum pernah anda ketahui sebelumnya. Anda juga bisa memesan langsung makanan itu tanpa perlu mengetahui Lokasi tempat makanan itu tersedia, karena petugas yang menjadi penawar jasa pengantar pesanan akan mengantarkan orderan anda setelah proses pemesanan selesai.Â
Disamping itu, anda bisa memilih jenis makanan mana yang disukai dengan mengetahui harga yang harus anda bayarkan untuk memesan termasuk dengan besarnya jasa pengiriman kelokasi anda berada. Semuanya praktis, akurat dan efektif. Tanpa berpindah dari tempat, melalui GO-FOOD anda akan segera mendapatkan pesanan makanan yang diinginkan segera setelah petugas datang ke kediaman kita.
Langkah ini merupakan salah satu terobosan yang bagus bagi pelaku usaha mikro, kecil ,dan menengah (UMKM) seiring dengan pertumbuhan teknologi. Kerjasama tersebut merupakan inovasi baru yang memanfaatkan kecanggihan IT dalam hal Kuliner, karena selama ini kecanggihan teknologi dan Informasi lebih difokuskan pada pengembangan Industri yang arahnya lebih ke Usaha Makro Menengah ke Atas.
Dan, fakta membuktikan melalui beberapa Lembaga yang melakukan analisis dan kajian penggunaan Teknologi layanan pesan-antar berbasis online ini, Lebih dari 70 persen mitra merchant Go-Food merupakan pengusaha kuliner yang masuk kategori pengusaha kecil dan menengah. Dimana, rata-rata transaksi mereka meningkat 2,5 kali sejak bergabung dengan Go-Food (wartaekonomi.co.id).Â
Bahkan kebanyakan dari para pelaku usaha mikro, kecil ,dan menengah mengakui hasil yang mereka dapatkan setelah menggunakan aplikasi onlineGO-FOOD meningkat sangat tajam dibandingkan saat mereka hanya menunggu pelanggan ditempat mereka berusaha tanpa bantuan aplikasi apa-apa.Â
Tak sedikit dari mereka kemudian menambah daftar menu baru dengan cita rasa yang bervariasi pula hanya untuk menarik pelanggan untuk mencoba setiap barang yang mereka tawarkan. Beberapa dari mereka juga sudah tidak mengandalkan lagi konsumen yang datang, tetapi lebih banyak berdiri sambal memperhatikan para driver yang datang untuk memesan jenis makanan yang disorder oleh konsumen lewat aplikasi GO-FOOD.
Go-JEK benar-benar bisa memaksimalkan kondisi dimana menurut Survei Khusus Ekonomi Kreatif yang dilakukan oleh Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik (2016) mengungkapkan bahwa usaha kuliner termasuk salah satu pendorong utama ekonomi kreatif di Indonesia. Subsektor kuliner menyumbang sekitar 41 persen kepada PDB ekonomi kreatif.Â
Sehingga dengan solusi teknologi yang ditawarkan oleh Go-Jek melalui aplikasi GO-FOOD, diharapkan akan membuka akses pasar yang lebih luas bagi pengusaha UMKM kuliner. Dan jelas dengan kehadiran mereka, para konsumen memiliki akses langsung terhadap pelanggan tanpa perlu memiliki armada pesan-antar sendiri. Tidak hanya itu, UMKM kuliner juga terbantu dari sisi brand awareness dan marketing. Sebagai keuntungan lainnya diharapkan UMKM bisa tumbuh dan berkembang bersama Go-Food dari yang mikro ke kecil, yang kecil ke menengah, bahkan dari menengah sampai besar,sehingga membuka lebih banyak peluang kerja bagi pelaku usaha.
Saat ini Go-Food, sudah menjelma menjadi salah satu layanan pesan antar makanan terbesar di Asia setelah Cina berkat dukungan para merchant. Dan harapan kedepannya Go-FOOD tetap dapat menjaga kerjasama yang baik dengan UMKM melalui pemberian penghargaan kepada lebih dari UMKM kuliner yang berprestasi, baik dari segi total penjualan mereka melalui Go-Food selama satu tahun, kepuasan pelanggan atas layanan yang diberikan dan kategori lainnya. Sehingga UMKM juga dapat lebih semangat dan berbenah dalam memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan di seluruh Indonesia.
Kehadiran Go-JEK melalui Go-FOOD memang sudah memberikan dampak yang sangat luar biasa ditengah tengah industri kuliner tanah ari. Go-FOOD sudah mengarah pada aspek yang menjadi agregator kuliner terbesar di Indonesia berkat pengusaha UMKM kuliner yang sudah bekerjasama. Melalui kerjasama yang baik diharapkan UMKM dapat berkembang Bersama-sama dengan GO-FOOD lebih besar lagi. Kehadiran layanan ini membuktikan bahwa UMKM tidak kalah dengan jaringan-jaringan usaha kuliner termasuk kuliner global.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H