Di era digital yang terus mengalami perkembangan, platform media sosial juga banyak menyita perhatian publik, salah satunya adalah TikTok.
Menurut laporan We Are Social pengguna TikTok di dunia diperkirakan mencapai 1,08 miliar pada Juli 2023, di Indonesia pengguna aplikasi TikTok menduduki peringkat kedua terbesar di dunia yaitu sebanyak 99,79 juta pengguna dibawah negara Amerika Serikat yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah pengguna yaitu sebanyak 122.05 juta.
Aplikasi TikTok yang pada mulanya digunakan untuk mencari hiburan serta memenuhi kesenangan semata. Kini para pengguna menjadikan live TikTok sebagai media untuk menyalurkan kreatifitas dan tidak jarang para pengguna mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Hal ini sejalan dengan teori uses and gratification yang menyatakan bahwa pengguna media memiliki hasrat untuk memilih dan menggunakan media demi memenuhi kebutuhan dirinya sendiri.
Hingga saat ini fitur yang dihadirkan pada aplikasi TikTok terus mengalami perubahan dan perkembangan. Salah satunya ialah fitur live streaming atau siaran langsung. Fitur ini memungkinkan para penggunanya terhubung secara real time dengan para penontonnya. Para pengguna pun memanfaatkan fitur ini sebagai ajang untuk mereka memberikan hiburan, sebagai media promosi, serta menunjukkan aktifitas yang sedang mereka lakukan.
Tren Yang Sedang Marak Meramaikan Live TikTok
1. Tren NPCÂ
Akhir akhir ini sedang marak tren NPC di live TikTok contohnya seperti pada akun @ThreeShester. Maksud kata NPC ini yaitu Non-Playable Character. Istilah ini pada mulanya merupakan istilah yang ada pada saat bermain game, yaitu karakter yang tidak bisa dikendalikan oleh pemain game tersebut melainkan digerakan oleh sistem komputer.Â
Tren NPC ini telah masuk pada live TikTok dimana mereka melakukan gerakan gerakan template dan berbicara secara berulang ulang layaknya karakter figuran pada dunia games. Dalam hal ini mereka mampu menarik perhatian pengguna dan penonton live mereka dan tak jarang pula yang memberikan mereka gift atau hadiah yang nantinya bisa ditukarkan menjadi uang tunai.
2. Tren Mencari JodohÂ
Tidak hanya tren NPC saja yang menghiasi live TikTok, akhir akhir sedang marak juga tren mencari jodoh secara online, seperti yang dilakukan oleh akun TikTok @HDN224. Ada yang beranggapan bahwa hal ini mirip dengan program acara salah satu televisi yaitu Take Me Out.
Pada sesi live tersebut terdapat satu orang host sebagai moderator yang memandu jalannya sesi pemilihan jodoh, serta ada pencari jodoh dan orang yang akan dipilih. Mereka yang join pada sesi live tersebut akan memberikan banyak hal tentang dirinya seperti tipe pasangan yang mereka inginkan, kelebihan atau kekurangan tentang dirinya dan hal hal lain yang mampu menyita perhatian para peserta lainnya.
Tren yang berkembang pada platform TikTok baik tren NPC ataupun tren mencari jodoh tersebut menunjukkan bahwa kehidupan manusia dalam menjalani kehidupan layaknya seperti di panggung sandiwara seperti yang dijelaskan pada teori dramaturgi dari Erving Goofman yang menyatakan manusia akan terus berperan seperti sedang bermain drama demi menjalani kehidupan mereka
Melalui live TikTok para pengguna kini memiliki peluang untuk bisa mengeksplorasi serta berkolaborasi antar pengguna sehingga mereka bisa bekerja sama dalam mencari penghasilan atau menambah relasi di dunia maya.
Meskipun kini platform TikTok sudah menyediakan fitur live yang bisa digunakan untuk para penggunanya mengekspresikan dirinya masing masing. Dalam hal ini maka kita sebagai pengguna harus tetap bijak dalam menggunakan media, terlebih lagi aplikasi TikTok sudah sangat populer di masyarakat Indonesia. Kita harus bisa memanfaatkan perkembangan sebuah teknologi terutama media sosial dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H