Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Life is a turning wheel

Freelance Editor dan Penerjemah Kepustakaan Populer Gramedia | Eks Redaktur Tabloid BOLA | Eks Redaktur Pelaksana Tabloid Gaya Hidup Sehat | Eks Redaktur Pelaksana Majalah BOLAVAGANZA | Bekerja di Tabloid BOLA Juli 1995 hingga Tabloid BOLA berhenti terbit November 2018

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Ketika Shaquille O'Neal Mempromosikan Album Hip Hop

23 Desember 2021   14:50 Diperbarui: 24 Desember 2021   17:21 495
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saya ketika mewawancarai Shaquille O'Neal. (Sumber: Koleksi pribadi)

Sebelum nyemplung di desk sepak bola selama belasan tahun di Tabloid BOLA, saya sempat mendapat tugas liputan di desk-desk lainnya, seperti bulu tangkis dan bola basket. Waktu itu, status saya masih reporter anyar, baru saja diangkat sebagai karyawan tetap.

Nah, pada suatu hari, bos saya di desk bola basket menugaskan saya untuk mewawancarai seorang bintang NBA bernama Shaquille O'Neal. Dia akan datang ke Jakarta untuk tur. Tidak disebutkan tur apa. Saya diminta untuk membuat daftar pertanyaan. Tentu saja saya mengerjakannya dengan sepenuh hati. Daftar pertanyaan saya berisi sekitar 20 pertanyaan.

Saya sungguh tak ingat kapan Shaq datang. Mestinya itu setelah musim NBA 1995-96 kelar, yang merupakan musim terakhirnya sebagai pemain Orlando Magic.

Pada Juli 1996, Shaq bergabung dengan Los Angeles Lakers dengan status free agent. Dan, musim yang baru, 1996-97, dimulai pada awal November. Jadi, saya perkirakan ia datang antara Juli dan November 1996.

Saya juga pernah bertemu pemain NBA lainnya, bernama Tyus Edney. Sebagai pemain berposisi point guard, Edney memiliki tinggi badan tidak mencapai 180 cm. Ia bermain bersama Sacramento Kings ketika saya menemuinya.

Sangat berbeda ketika bertemu Shaq. Pria kelahiran Newark di New Jersey itu memiliki posisi sebagai center. Biasanya di bola basket, seorang dengan posisi center adalah pemain paling tinggi di tim. Tinggi badan Shaq 216 cm!

Ketika bertemu, saya masih kurus kering. Rasanya, tinggi badan saya pun belum seperti sekarang, masih lebih pendek 2 atau 3 cm saat itu. Saya jadi kelihatan mungil di hadapan Shaq. Untung saja, wawancara dilakukan dengan Shaq duduk santai di sofa, di sebuah ruang di hotel tempatnya menginap. Kalau harus berdiri, leher saya bisa mendongak permanen.

Kami menghabiskan waktu sekitar satu jam untuk wawancara. Ketika saya menyelesaikan semua pertanyaan, saya ingat Shaq masih seperti menanti apakah ada pertanyaan yang lain. Saya hanya tersenyum, sembari mengucapkan terima kasih untuk waktu yang telah diluangkannya.

Baru setelah saya keluar dari ruangan dan menuju sebuah ruang besar di mana penonton sudah menanti kehadiran Shaq, barulah saya ngeh. Ternyata, kehadiran pria kelahiran 6 Maret 1972 itu di Jakarta adalah dalam rangka promosi album hip hop barunya. Ya ampun!

Lha bos saya sama sekali tidak mengatakan apa-apa soal album hip hop! Lagipula, saat itu, apa yang saya tahu tentang hip hop? Genre favorit saya adalah pop, rock klasik, balada. Penyanyi favorit saya adalah ABBA, The Beatles, Bon Jovi, Genesis, dan yang sejenisnya. Saya belum menambahkan hip hop sebagai musik favorit. Rasanya juga tak pernah hingga saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun