Mohon tunggu...
Irsya Jali
Irsya Jali Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Univ.Pamulang

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sistem Pengendalian Manajemen Analisa Perusahaan Indomaret

29 Juni 2024   09:58 Diperbarui: 29 Juni 2024   10:15 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Profil Sejarah Singkat Indomaret

Berawal dari pemikiran untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok sehari-hari karyawan, maka pada tahun 1988 didirikanlah sebuah gerai yang diberi nama Indomaret Sejalan pengembangan operasional toko, perusahaan tertarik untuk lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja. Guna mengakomodasi tujuan tersebut, beberapa orang karyawan ditugaskan untuk mengamati dan meneliti perilaku belanja masyarakat. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa masyarakat cenderung memilih belanja di gerai modern berdasarkan alasan kelengkapan pilihan produk yang berkualitas, harga yang pasti dan bersaing, serta suasana yang nyaman.

Berbekal pengetahuan mengenai kebutuhan konsumen, keterampilan pengoperasian toko dan pergeseran perilaku belanja masyarakat ke gerai modern, maka terbit kempinan luhur untuk mengabdi lebih jauh bagi nusa dan bangsa. Niat ini diwujudkan dengan mendirikan Indomaret, dengan badan hukum PT. Indomarco Prismatama yang memiliki visi menjadi jaringan ritel yang unggul serta moto "mudah dan hemat"

Pada mulanya Indomaret membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di dekat hunian konsumen, menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari-hari, melayani masyarakat umum yang bersifat majemuk, serta memiliki luas toko sekitar 200 m2.

Seiring dengan perjalanan waktu dan kebutuhan pasar, Indomaret terus menambah geras di berbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, wisata dan apartemen. Dalam hal ini terjadilah proses pembelajaran untuk pengoperasian suatu jaringan retail yang berskala besar lengkap dengan berbagai pengalaman yang kompleks dan bervariasi.

Setelah menguasai pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan jaringan ritel dalam skala besar, Manajemen berkomitmen untuk menjadikan Indomaret sebagai sebuah aset nasional. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa seluruh pemikiran dan pengoperasian Perusahaan ditangani oleh sepenuhnya oleh putri Indonesia. Sabagai aset nasional, indomaret ingin berbagi oleh kepada Masyarakat Indonesia melalui bisnis warabala dan juga mampu bersaing dalam persaingan global. Oleh karena itu, visi Perusahaan kemudian berkembang “menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel warabala yang unggul dalam persaingan global”.

Konsep bisnis warabala Indomaret adalah yang pertama dan merupakan pelapor di bidang minimarket di Indonesia. Sambutan Masyarakat ternyata sangat positif, terbukti dengan peningkatan jumlah Terwalaba Indomaret dari waktu ke waktu.

Visi Misi Indomaret

Visi : Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan retail warabala yang unggul dalam persaingan global.

Misi : Meningkatan pelayanan terbaik sehinga kepuasaan pelanggan utama yang harus dapat terpenuhi.

Visi dan misi Indomaret juga di dukung oleh motto dari Indomaret yakni “Mudah dan Hemat” dan budaya Perusahaan yaitu, dalam bekerja Indomaret menjunjung tinggi nilai-nilai:

1. Kejujuran,kebenaran dan keadilan.

2. Kerjasama tim

3. Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis

4. Kepuasan pelanggan

Keunggulan Indomaret:

1. Citra publik.

2. Lokasi Strategis.

3. Produk yang dijual. variatif dan lengkap.

4. Mampu menjual dengan harga yg lebih murah.

5. Indomaret pelopor waralaba pertama. 

6. Terdapat security asset.

Strategi Bisnis

Dalam hal ini strategi penetapan harga yang dilakukakn Indomaret dengan menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dari barang tersebut, juga menawarkan harga yang dapat bersaing dengan perusahaan ritel-ritel lainnya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Indomaret sering memberikan diskon terhadap barang-barang tertentu dan juga dalam waktu yang telah ditentukan, penetapan diskon seperti ini dilakukan agar Indomaret dapat terus bersaing dengan perusahaan retail lainnya diluar sana yang juga menerapkan diskon.

Indomaret melakukan promosinya dengan kegiatan promosi yang dilakukan ataudijalankan secara berkala dengan berbagai metode dan cara yang sesuai dengan jenis produkdan fokus kepada target pasarnya. 

Teknologi Dan Sistem Informasi Yang Di Terapkan Oleh perusahaan

Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 14,99 juta transaksi per bulan didukung oleh sistem teknologi yang handal. Indomaret menggunakansistem teknologi informasi Point Of Sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, persediaan dan penerimaan barang. Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan saat ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa mendatang.Dalam dunia bisnis,Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-outcounter) dengan mesin kasir (cash register).

Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) ditransaksikan dikatakan selesai. Ini adalah dimana pembeli dan penjual melakukan pembayaran atas barang/jasa yang sudah diterima. Pada POS penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran serta mengeluarkan tanda terima transaksi pembelian yang biasa disebut struk.

Kekuatan dan Kelemahan Perusahaan

Kekuatan:

Sudah memiliki berbagai cabang di seluruh Indonesia, sehingga mudah untuk dijangkau oleh konsumen.

Sejumlah gerai indomaret yang terletak di wilayah komersial buka selama 24 jam.

Kelemahan:

Produk-produk yang dijual kurang lengkap dan hanya tersedia kebutuhan-kebutuhan pokok.

Berbagai daerah kurang mengenal indomaret, karena kurangmya promosi.

Kesimpulan

 Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Dalam bidang penjualannya Indomaret menggunakan teknologi system informasi yang menjadikan kegiatan-kegiatan bisnis menjadi lebih cepat, mudahdan efisien. Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 14,99 juta transaksi per bulan didukung oleh sistem teknologi yang handal.

Indomaret menggunakan sistem teknologi informasi Point Of Sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, persediaan dan penerimaan barang Sistem ini dirancang untuk mempermudah transaksi penjualan serta memenuhi kebutuhan saat ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa mendatang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun