Sepeda motor kini bukan hanya berfungsi sebagai alat transportasi untuk mobilitas warga di desa hingga di perkotaan. Peran sepeda motor kini meluas menjadi transportasi produktif untuk menunjang mata pencaharian, bahkan menjadi bagian dari hobi dan gaya hidup.
Selain karena harganya relatif terjangkau dibandingkan mobil, sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat diandalkan karena kepraktisannya, cepat, dan lebih mudah untuk dikendarai. Apalagi di kondisi perkotaan yang padat seperti Jakarta, sepeda motor selalu menjadi pilihan yang tepat untuk menembus kemacetan di saat jam-jam sibuk.
Tak hanya di kota, sepeda motor juga menjadi pilihan utama kendaraan bagi masyarakat di daerah pedesaan yang minim transportasi umum. Tak heran sepeda motor menjadi kendaraan pilihan sejuta umat dari berbagai kalangan.
Banyaknya pilihan merek sepeda motor tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna saat menentukan jenis dan merek sepeda motor yang akan dibeli. Pastinya kita ingin sepeda motor yang kuat, irit dalam penggunaan bahan bakar, dan lokasi bengkel resminya yang tersebar di berbagai lokasi. Untuk saat ini, pilihan saya jatuh pada sepeda motor keluaran Honda.
Orang tua saya membeli sepeda motor Honda jenis Supra X belasan tahun yang lalu dan masih dipakai hingga saat ini karena kondisinya masih terbilang bagus dan prima. Selain karena mesinnya boleh dibilang bandel, kami juga selalu melakukan perawatan/servis yang rutin.
Konsultasi tanpa Bingung dengan Service Advisor di Bengkel AHASS
Kita bisa saja tidak terlalu paham mengenai seluk-beluk kendaraan bermotor. Namun penting sekali bagi pemilik kendaraan bermotor untuk selalu aware dalam merawat kendaraannya. Servis rutin bertujuan supaya mesin tetap awet sehingga kendaraan bisa selalu dalam performa yang prima setiap saat.
Memang ada banyak bengkel-bengkel bagus di luar sana, tapi jika memungkinkan, perawatan/servis kendaraan bermotor sebaiknya dilakukan di bengkel-bengkel resmi. Honda sendiri memiliki Bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) sebagai satu-satunya bengkel resmi PT Astra Honda Motor.
Mengusung slogan "Servis Pasti dari yang Ahli", Bengkel AHASS ternyata juga memiliki Service Advisor sebagai tenaga ahli (mekanik) yang dapat membantu kita untuk lebih memahami performa sepeda motor kita, serta servis atau perbaikan apa saja yang dibutuhkan.
Jadi kalau pembaca sekalian bukan penggemar otomotif dan tidak tahu banyak soal kendaraan bermotor seperti saya, konsultasi dengan Service Advisor di Bengkel AHASS sangat membantu sekali. Tak perlu malu apalagi takut jika ingin bertanya apa pun yang tidak kita pahami soal sepeda motor kita.
Lalu apa saja keuntungan berkonsultasi dengan Service Advisor di Bengkel AHASS ini?
1. Penjelasan Pekerjaan Servis
Sebelum pekerjaan dimulai, Service Advisor AHASS akan melakukan wawancara singkat dengan pemilik sepeda motor untuk memeriksa, menganalisis, dan memberikan penjelasan mengenai kondisi sepeda motor, seperti kondisi rem, ban, dan lainnya. Di sini tentunya kita bisa berdiskusi panjang kali lebar.
Setelah itu Service Advisor akan memberikan saran perbaikan atau penggantian komponen apabila diperlukan. Oh ya tentunya penjelasan dan saran yang diberikan, dilakukan oleh tenaga kerja yang profesional. Jadi tidak perlu ragu apalagi bingung, karena mereka pastinya cukup ahli di bidangnya dan apa pun rekomendasi yang diberikan pastinya sudah mempertimbangkan dan mengutamakan keselamatan pengendara.
2. Penjelasan Penggantian Komponen (Spare part)
Bila diperlukan penggantian komponen, Service Advisor Bengkel AHASS tentunya akan memberikan penjelasan dan rekomendasi komponen apa saja yang perlu diganti. Jangan khawatir, setiap komponen/suku cadang yang tersedia di Bengkel AHASS tentunya dijamin asli (Honda Genuine Part), dalam kondisi baru, dan lengkap sesuai dengan standar Astra Honda Motor (AHM).
Komponen yang diganti juga nantinya akan dikembalikan kepada konsumen sebagai bukti bahwa komponen lama sepeda motor kita memang telah diganti dengan yang baru. Bahkan saat ganti oli, oli baru yang tersisa juga akan diberikan ke konsumen.
3. Kepastian Waktu Pengerjaan dan Biaya
Kalau di bengkel yang abal-abal, kadang kita suka kesal karena waktu pengerjaannya suka tidak jelas. Belum lagi ada saja biaya-biaya tambahan lain yang tidak disampaikan sebelum pengerjaan dimulai.
Namun hal itu tidak terjadi jika kita melakukan servis di Bengkel AHASS. Setiap pekerjaan baik itu berupa perbaikan maupun penggantian spare part, tentunya dilakukan atas persetujuan pemilik kendaraan.
Selain itu Service Advisor Bengkel AHASS juga akan memberikan penjelasan estimasi penyelesaian pekerjaan hingga biaya yang harus dikeluarkan sesuai dengan rekomendasi yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan demikian konsumen tidak perlu khawatir soal waktu pengerjaan atau muncul biaya-biaya tambahan lainnya.
4. Informasi Jadwal Servis Berkala
Terakhir, Service Advisor juga tidak lupa untuk memberikan rekomendasi jadwal servis berikutnya, terutama jika ada spare part lain yang perlu diganti. Dengan mengikuti jadwal servis yang telah ditetapkan akan memperpanjang performa sepeda motor kita.
Berkonsultasi dengan Service Advisor di Bengkel AHASS pastinya sangat bermanfaat bagi para pengguna kendaraan bermotor yang ingin melakukan servis hingga memperbaiki sepeda motornya. Mereka mampu memahami kesulitan setiap pelanggan dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Selain itu pelayanan yang responsif dan keramahan petugas tentunya juga akan memberikan pengalaman positif bagi para pelanggannya, yang pada akhirnya meningkatkan keyakinan dan loyalitas para pengendara sepeda motor keluaran Honda. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, servis motornya di Bengkel AHASS!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H