Mohon tunggu...
IRMANIA LIQOIYAH
IRMANIA LIQOIYAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA PPG PRA JABATAN

Mahasiswa PPG Pra Jabatan, Guru SMK N 3 Purwokerto

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengurangi Prokrastinasi Akademik

16 Juni 2022   07:07 Diperbarui: 16 Juni 2022   07:31 823
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pinterest/reddit.com

Guru bimbingan dan konseling (BK) adalah pendidik profesional yang tugas utamanya memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah yang memandirikan peserta didik. 

Adapun Peran utama guru bimbingan dan konseling (BK) adalah membantu konselor bimbingan dalam kemampuannya memberikan berbagai layanan ini kepada peserta didik, dengan fokus pada penyediaan layanan yang berpusat pada peserta didik dan menciptakan lingkungan di mana peserta didik lebih terlibat dalam pembelajaran dan pencapaian akademik

Adapun Peran dan fungsi guru Bimbingan konseling dimasa Pandemi ini sangatlah berperan penting, dimana Guru bimbingan dan konseling (BK) mampu menfasilitasi pemberian layanan dengan menarik, inovatis dan tidak membosankan.  Apalagi di masa pandemic Covid- 19 ini, agar proses belajar dan pembelajaran tetap berlangsung maka digunakan metode virtual atau daring.

Dengan perubahan yang terjadi dalam sistem pendidikan akibat COVID-19, Salah satu penentu proses kebehasilan pembelajaran secara virtual atau daring adalah para guru perlu menyesuaikan gaya agar kegiatan belajar mengajar berhasil dengan situasi saat ini dan tetap menjaga integritas serta menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran.

Dengan perubahan yang terjadi dalam sistem pendidikan akibat COVID-19, Salah satu penentu proses kebehasilan pembelajaran secara virtual atau daring adalah para guru perlu menyesuaikan gaya agar kegiatan belajar mengajar berhasil dengan situasi saat ini dan tetap menjaga integritas serta menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran.

Pandemi COVID-19 telah mengubah kehidupan sekolah, mengakibatkan sejumlah tantangan bagi siswa, guru, orang tua, dan pihak lain yang terlibat dalam lingkungan pendidikan. 

Tantangan tersebut antara lain hilangnya kontinuitas waktu kelas, terganggunya kalender dan jadwal akademik, jarak sosial, pembelajaran jarak jauh, akses terbatas ke perpustakaan, laboratorium, pusat pengujian, dan fasilitas belajar lainnya, dan kurangnya interaksi antara teman sebaya dan instruktur. 

Dampak pandemi terhadap pembelajaran peserta didik menjadi perhatian penting bagi pembuat kebijakan dan juga pendidik yang ingin memastikan hasil belajar yang berkualitas bagi siswa dan mencegah mereka putus sekolah.

Salah satu adaptasi yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) akibat dampak pandemic Covid- 19 adalah penggunaan teknologi digital untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan e- learning, google meet, google classroom, zoom dan masih banyak metode pembalajaran yang bisa di terapkan. 

Penggabungan teknologi pembelajaran digital ke dalam kelas memungkinkan siswa untuk terlibat dalam pengalaman belajar aktif melalui konten online yang dapat membantu mereka dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka secara efektif.

Belajar merupakan suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. 

Tidak semua pesesrta didik mempunyai ketrampilan manajemen belajar atau manajemen waktu yang baik, apalagi dimasa pandemic banyak peserta didik yang sering menunda- nunda mengumpulkan tugas atau biasa disebut Prokrastinasi akademik.

Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda-nunda untuk memulai atau mengerjakan tugas akademik yang dilakukan secara sengaja dan dilakukan secara berulang-ulang. 

Berawal dari menunda- nunda tersebut peserta didik bisa mengalami keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, dan bisa memungkinkan peserta didik mendapatakan pengurangan nilai akademik yang akan menunjang peserta didik tidak naik kelas atau kelulusan. Terlebih di masa pandemi ini, dimana kegiatan sekolah, kuliah hingga kerja dilakukan dari rumah.

Penting bagi peserta didik untuk memahami bahwa penundaan adalah gangguan kompleks yang menghasilkan kinerja akademik yang buruk, yang pada gilirannya dapat berdampak pada hidupnya. Prokrastinasi dapat merambat ke banyak hal, seperti pekerjaan yang nggak selesai-selesai, efisiensi kerja yang menurun, hingga stress dan tekanan karena kesulitan membagi jadwal. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami aspek atau ciri-ciri yang dapat menggambarkan perilaku prokrastinasi akademik, diantara lain yaitu gangguan perhatian, keyakinan psikologis terhadap kemampuan diri, kurang inisiatif, kesulitan mengatur waktu, faktor sosial, dan kemalasan.

Saat ini, hampir tidak mungkin untuk menghentikan kebiasaan menunda tugas, terutama ketika tidak ada konsekuensi langsung untuk melakukannya, seperti dalam kasus tinggal di rumah selama berminggu-minggu tanpa bekerja atau kembali ke sekolah atau bekerja, karena itu dapat dianggap sebagai "liburan yang diperpanjang" dalam banyak hal dan bukan sesuatu yang akan mengakibatkan konsekuensi negatif jika ditunda hingga tahun depan atau lebih (setidaknya dari perspektif masyarakat). 

Seperti disebutkan di atas, perilaku menunda pekerjaan sendiri sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan milenial. Kebiasaan menunda- Nunda ini bisa berdampak negative.

Untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik, Guru Bimbingan Konseling mampu memberikan layanan yang mampu memfasilitasi Peserta didik didik dengan menyebarkan asesmen baik, Angekt Kebutuhan Peserta Didik (AKPD), Daftar Cek Masalah (DCM), SOSIOMETRI atau alat tes lainnya. 

Selanjutnya Guru BK mampu mengindentifikasi permasalahan yang di alami peserta didik dan merancang 4 komponen layanan, yang meliputi: (1) Layanan Dasar, (2) Layanan perencanaan individual (3) Layanan responsive Layanan dukungan system. sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan peserta didik untuk memecahkan masalah secara efisien dan efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun