Mohon tunggu...
Khoirul Huda
Khoirul Huda Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

Berkelana Kalo Sempat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Darurat Literasi, Apakah Masa Depan Bangsa Ini Berada di Ujung Tanduk?

3 Oktober 2024   03:45 Diperbarui: 3 Oktober 2024   03:47 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Darurat Literasi: Apakah Masa Depan Bangsa Ini Berada di Ujung Tanduk?

Di era yang didorong oleh informasi dan konektivitas, literasi merupakan landasan pengembangan pribadi dan masyarakat. Namun, statistik yang mengkhawatirkan mengungkap tren yang meresahkan: banyak negara, terutama di negara berkembang, menghadapi darurat literasi. 

Krisis ini tidak hanya mengancam potensi individu tetapi juga membahayakan stabilitas dan kemajuan bangsa di masa depan. Pertanyaannya muncul: apakah masa depan negara-negara ini benar-benar berada di ujung tanduk? Artikel ini membahas darurat literasi, mengkaji penyebab, konsekuensi, dan solusi potensialnya.

Keadaan Literasi Saat I

  1. Statistik Literasi Global

  • Menurut UNESCO, sekitar 773 juta orang dewasa dan kaum muda di seluruh dunia tidak memiliki keterampilan membaca dan menulis dasar.

  • Akses yang tidak memadai terhadap pendidikan dan kualitas sekolah yang bervariasi merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap statistik ini.

  • Negara-negara berkembang terkena dampak secara tidak proporsional, dengan penduduk pedesaan menghadapi tantangan terbesar.

Angka-angka ini menunjukkan krisis global yang memerlukan perhatian segera. Namun, urgensi tersebut khususnya terasa di wilayah-wilayah tertentu, di mana implikasi dari rendahnya literasi meluas melampaui kemampuan individu hingga pembangunan nasional.

Penyebab Darurat Literasi

  1. Hambatan Sosial Ekonomi

Status sosial ekonomi secara signifikan memengaruhi akses dan kualitas pendidikan. Keluarga dalam kemiskinan sering kali memprioritaskan kelangsungan hidup langsung daripada aspirasi pendidikan, yang melanggengkan siklus buta huruf.

  1. Ketidakstabilan Politik

Daerah yang dilanda konflik dan ketidakstabilan sering kali mengalami kehancuran infrastruktur pendidikan. Sekolah mungkin tutup, dan anak-anak menjadi lebih rentan terhadap eksploitasi, yang selanjutnya menghambat upaya literasi.

  1. Norma Budaya

Dalam beberapa budaya, sikap terhadap pendidikan---terutama untuk anak perempuan---dapat berdampak negatif pada tingkat literasi. Peran gender tradisional dapat menghambat pendidikan perempuan, yang menyebabkan buta huruf lebih tinggi di kalangan perempuan.

Faktor-faktor ini saling terkait untuk menciptakan jaringan kompleks yang memperburuk krisis literasi, yang membutuhkan strategi multifaset untuk perbaikan.

Tantangan Literasi Rendah

  1. Dampak Ekonomi

  • Penurunan Produktivitas : Populasi buta huruf menghadapi hambatan untuk mendapatkan pekerjaan, yang membatasi potensi pendapatan dan kontribusi ekonomi mereka.

  • eningkatan Kemiskinan : Literasi rendah berkorelasi dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, menjebak individu dan keluarga dalam siklus kekurangan.

  1. Sosial

  • Risiko Kesehatan**: Individu dengan tingkat literasi rendah cenderung tidak memahami informasi terkait kesehatan, yang menyebabkan hasil kesehatan yang lebih buruk.

  • Keterlepasan Politik : Kurangnya literasi dapat mengakibatkan perilaku pemilih yang tidak berwawasan, yang selanjutnya mengganggu lanskap politik.

  1. Lingkungan

Pendidikan memainkan peran penting dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan dan praktik keberlanjutan. Tanpa tingkat literasi yang memadai, pemahaman tentang isu lingkungan yang kompleks menjadi terbatas. Konsekuensi ini tidak hanya berdampak pada individu tetapi juga menyebar ke seluruh komunitas, yang pada akhirnya memengaruhi stabilitas dan kemakmuran nasional.

Strategi untuk Mengatasi Krisis Literasi

  1. Inisiatif Pemerintah

Pemerintah harus memprioritaskan pendanaan pendidikan, khususnya di wilayah yang kurang terlayani. Kebijakan harus diterapkan untuk meningkatkan akses pendidikan bagi semua anak, tanpa memandang jenis kelamin atau status sosial ekonomi.

  1. Program Komunitas

  • Kampanye Literasi : Inisiatif lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya literasi dan menyediakan sumber daya untuk pembelajaran.

  • Pendidikan Orang Dewasa : Program yang ditujukan untuk meningkatkan literasi orang dewasa sangat penting untuk memutus siklus buta huruf dalam keluarga.

  1. Kolaborasi Internasional

Kemitraan global dapat memfasilitasi pembagian sumber daya, pelatihan, dan pendanaan untuk mendukung program literasi di wilayah berkembang. Organisasi seperti UNESCO dan kolaborasi LSM memainkan peran penting dalam upaya ini.

Darurat literasi merupakan masalah mendesak yang memerlukan perhatian segera. Saat kita mengarungi dunia yang semakin bergantung pada informasi, implikasi dari rendahnya literasi jauh melampaui keterbatasan individu; implikasi tersebut mengancam tatanan negara. 

Namun, dengan mengenali penyebab dan akibat krisis ini, kita dapat memobilisasi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun