Mohon tunggu...
IrfanPras
IrfanPras Mohon Tunggu... Freelancer - Narablog

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Memuat ulang artikel untuk kebutuhan Fair Use diperbolehkan.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Tips Menyalakan dan Memanaskan Motor Matic Setelah Lama Mangkrak di Rumah

29 Mei 2020   09:22 Diperbarui: 29 Mei 2020   18:50 6998
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Motor Honda Beat 110cc keluaran tahun 2010 | foto: MuhamadIrfanPrasetyo/dokpri

Selama masa pandemi covid-19 ini, masyarakat Indonesia dituntut untuk stay at home, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah. Akibatnya, penggunaan kendaraan bermotor terutama motor selama masa PSBB dan pembatasan sosial menjadi berkurang. Motor di rumah pun jadinya menganggur kan.

Seperti motor honda beat 110cc keluaran 2010 milik keluarga saya yang akhirnya mangkrak jarang dipakai. Kondisinya sering sulit dinyalakan atau dipanasin akibat intensitas pemakaian yang berkurang. 

Tapi saya punya langkah awal untuk mencegah agar motor matic saya tak semakin sulit dinyalakan atau dipanaskan. Caranya adalah dengan memastikan kebersihan tempat parkir motor. Benar, anda tidak salah dan cara ini sudah saya buktikan kok.

Saya punya pengalaman memanaskan motor sampai lelah dan malu. Gara-garanya motor saya inapkan di parkiran stasiun selama 2 hari. Kena hujan, panas, dan debu gak ketulungan, padahal cuma 2 hari tapi parkirannya pada saat itu tidak ada atapnya dan berdebu.

Alhasil elektrik starter motor matic saya macet. Indikator lampunya nyala, artinya aki aman dong. Langsung saja beralih ke kick starter. Percobaan pertama gagal, dan berulang hingga saya keringetan. Bisa dibayangin berapa lama.

Setelah bisa saya langsung gaspol pulang, tapi baru 300 meter jalan motor mogok gara-gara berhenti di lampu merah. Jadi tontonan deh. Saya minggir sebentar dan mengulang kejadian di parkiran stasiun tadi. 

Tak cuma sekali, ketika motor saya tinggal liburan selama 2 pekan dan ditinggal di parkiran kos yang berdebu, motor matic saya kembali sulit dinyalakan. Nah selama masa pembatasan sosial seperti ini pasti banyak kasus serupa, motor matic susah nyala ketika akan dipanaskan. 

Namun jangan asal memanaskan motor matic ya. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memanaskan motor matic yang lama tak dipakai alias mangkrak secara aman dan efektif.

1. Bersihkan motor dan cek elektrik strater-nya
Biasanya, orang akan membersihkan motor matic sekalian memanaskannya. Tapi mulai sekarang coba bersihkan dulu motor matic anda. Terapkan PHBS di motor matic anda juga dong,hehe.

Bersihkan area sekitar elektrik starter, switch rem, dan standar samping terlebih dahulu. Biasanya, akibat debu tadi atau kotoran bisa menghambat kerja starter motor. 

Lalu coba nyalakan dengan elektrik starter, kalau tidak bisa langsung nyala jangan dipaksa, langsung beralih ke kick starter (kalau motor anda sudah tidak ada engkolnya mohon maaf saya tidak paham, hehe).

Kick starter pada motor matic | foto: MuhamadIrfanPrasetyo/dokpri
Kick starter pada motor matic | foto: MuhamadIrfanPrasetyo/dokpri
2. Jangan langsung nge-Gas!
Nyalakan motor matic anda dengan kick starter alias engkol. Jangan buru-buru, sabar. Coba terus sampai bisa, kuncinya semangat tapi jangan emosi. Biasanya karena debu yang menghambat dan kelamaan mangkrak motor jadi sulit dinyalakan.

Jika sudah nyala, sabar lagi. Jangan langsung nge-gas hingga RPM tinggi. Coba diamkan sebentar mesinnya nyala. Menggeber gas ketika memanasi motor memang dianjurkan karena proses pelumasan oli pada mesin akan berlangsung cepat. 

Namun, jangan langsung nge-gas sampai mentok. Ini bahaya! Bisa-bisa motor matic anda langsung overheat dan mati mendadak, aki bisa langsung mati juga. Nah pastikan juga jika motor matic anda masih ada saklar lampunya, matikan dulu agar kerja aki di awal tidak langsung berat. Kasian, aki juga punya masa hidup. 

Geber gas motor matic anda sedang-sedang saja. Cukup tinggi boleh tapi jangan sampai mentok. Intinya konstan, durasinya lumayan, dan intensitasnya tidak terlalu tinggi.

3. Manasin motor matic jangan lama-lama
Manusia Indonesia ini unik. Seperti yang saya tulis tadi, manasin motor sambil bersihin motor. Ada juga manasin sambil ditinggal sarapan, ditinggal mandi, baca koran, ghibah dengan tukang sayur, bahkan mungkin ada yang disambi nulis di kompasiana. 

Idealnya atau waktu efektifnya di kisaran 2-5 menit. Jangan kelamaan, karena ya tadi, bisa overheat. Kualitas memanaskan motor matic ini jadi kuncinya. Motor matic jangan lama-lama dipanasin, selain overheat penggunaan bahan bakar berlebih waktu pertama menyalakan dan memanaskan motor bisa berakibat fatal, boros. 

Apalagi untuk motor matic yang sudah full injection. Teknologi injeksi membuat motor bisa secara mandiri mengenali suhu sekitar dan bisa langsung beradaptasi. Makanya, kalau motor matic injeksi cukup 2 menitan saja manasinnya.

Motor matic keluaran terbaru memang sudah didesain siap pakai. Beda dengan motor matic yang keluaran 2010 milik saya ini, butuh usaha lebih untuk menyalakannya.

Nah itu tadi tips menyalakan dan memanaskan motor matic setelah motor lama mangkrak. Jika sudah dicoba masih tidak bisa mungkin ada beberapa komponen yang perlu perbaikan. 

Jika anda sudah merasa motor menyala dengan kick starter tapi ketika dicoba menyalakan dengan elektrik starter malah tidak bisa, bisa jadi masalah ada di situ. Kembali ke debu dan kotoran, area sekitar elektrik starter, switch rem, dan standar samping bersihkan dahulu dengan cairan penetran. 

Jika masih sulit mungkin memang sudah rusak dan perlu ganti atau servis. Nah penyebab lain motor matic sulit dinyalakan setelah lama mangkrak adalah aki tekor. Seperti yang sudah dibahas, aki juga punya masa hidup. Cara ceknya sederhana, apabila indikator lampu, lampu sen, dan klakson nyala, aki aman. Kalau mati, aki bisa jadi sudah tekor perlu diganti atau disetrum lagi.

Aki bila lama tidak dipakai bisa kurang setrum karena banyak energi terbuang saat mesin tidak nyala. Selain aki tekor, dinamo starter dan bendik yang tertutup debu bisa jadi sebab motor matic sulit nyala. Bendik sendiri adalah pemantik aliran listrik dari aki ke dinamo. 

Kalau yang rusak dinamo atau bendiknya mending langsung ke bengkel. Komponen penggantinya murah kisaran 20-50 ribu tapi proses penggantiannya tidak sebanding dengan harganya. Penyebab kerusakannya sendiri biasanya adalah debu yang mengotori komponen tadi. 

Nah, jelas kan bahwa masalah parkiran yang kotor dan berdebu dampaknya bisa segawat ini. Maka dari itu pastikan kebersihan tempat parkir motor matic anda. Bersihkan secara rutin dan nyalakan sesekali walau tidak kemana-mana.

Memanaskan motor secara rutin tidak ada salahnya kok. Jangan sampai berbulan-bulan motor mati, asli, sulit bin bikin emosi ketika mau menyalakan lagi. Motor yang didiamkan tanpa kasih sayang ini juga bisa cepat rusak terutama akinya.

Oiya, manasin motornya di luar rumah ya jangan di dalam rumah. Karena asap dari motor itu menghasilkan Karbon Monoksida (CO) dan Karbon Dioksida (CO2) yang tidak sehat bagi pernafasan. 

Satu lagi, kesehatan motor matic anda perlu dicek berkala. Apa sudah masanya ganti oli atau servis? Jika sudah waktunya jangan ditunda. Jangan lupa juga bayar pajak motor anda dengan tertib, jangan pakai alasan motor tidak dipakai terus gamau bayar pajak. 

Sekian. Semoga bermanfaat. Salam @IrfanPras.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun