Mohon tunggu...
Irfan Prabowo
Irfan Prabowo Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya seorang Guru BK yang memulai karir saya sebagai guru BK dari tahun 2014.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Bimbingan Klasikal dengan Teknik PjBL untuk Menentukan Rencana Karir Siswa

28 Juli 2023   21:12 Diperbarui: 18 Agustus 2023   18:52 914
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) 

Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMK N 1 Ampelgading

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai

1. Peserta didik dapat menyebutkan rencana karirnya (C1)

2. Peserta didik dapat menganalisis rencana karirnya (C4)

3. Peserta didik dapat memilih rencana karir saya setelah (A2)

4. Peserta didik dapat menentukan perencanan karir (P5)

Penulis

Irfan Prabowo

Tanggal

21 Juni 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Berdasarkan hasil identifikasi masalah dan  wawancara masih banyak peserta didik 74% yang masih bingung memilih rencana karir mereka setelah lulus, hal ini dikarenakan kurangnya informasi serta pemahaman terkait pilihan-pilhan karir (bekerja/ kuliah) dan Peserta didik belum tahu tentang perguruan tinggi/ dunia kerja yang sesuai dengan jurusan yang dipilih di SMK

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

Praktik pemberian layanan bimbingan klasikal ini perlu dibagikan karena mungkin saja masih ada beberapa bapak/ibu guru BK rekan sejawat yang juga merasa belum memahami dalam menentukan langkah yang tepat yang bisa digunakan dalam mengatasi masalah perencanaan karir setelah lulus SMK. Sehinnga dapat dijadikan referensi rekan Guru BK dalam menangani permasalahan yang sama. Dalam penanganan permasalahan ini penulis menggukan metode PJBL dalam layanan bimbingan klasikal. Adapun  manfaat yang diperoleh, diantaranya:

  • Bagi peserta didik
  • Peserta didik dapat mengembangkan pemikiran dan merencanakan karir dengan media inovatif dengan media pohon karir
  • Peserta didik merasakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna
  • Peserta didik lebih semangat dalam menerima layanan bimbingan klasikal
  • Bagi Guru BK
  • Memberikan referensi guru lain untuk menerapkan praktik baik ini pada materi yang berkaitan dengan perencanaan karir siswa
  • Mengenalkan berbagai macam media pembelajaran yang inovatif kepada peserta didik agar lebih antusias
  • Memotivasi diri sendiri dan guru lain untuk berkreasi dan berinovasi dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan klasikal

Peran dan tanggung jawab anda dalam praktik

Peran dan tanggungjawab saya dalam praktik ini yaitu sebagai fasilitator mempunyai tanggung jawab untuk memberikan layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik yang tepat sehingga tujuan layanan dapat tercapai secara optimal. Selain itu saya juga melakukan identifikasi masalah, menyiapkan RPL, materi dan media pembuatan project siswa, menyusun LKPD serta instrumen penilaian

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan untuk mencapai tujuan,

  • Peserta didik belum terbiasan dengan model Project Based Learning (PJBL) sehingga dalam kegiatan belum maksimal
  • Peserta didik masih kurang aktif dalam mengikuti kegiatan layanan bimbinga klasikal
  • Sarana dan prasana yang belum memadai dikelas
  • Kurangnya persiapan dalam merancang model pembelajaran/ pemberian layanan yang inovatif
  • Masih adanya beberapa urutan sintak yang terlewat atau acak dalam pemberian layanan

Pihak yang dilibatkan

  • Kepala SMK N 1 Ampelgading
  • Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum dan sarana prasarana
  • Dosen dan Guru Pamong UPS Tegal
  • Teman-teman PPG Dalam Jabatan Bimbingan Konseling UPS Tegal
  • Teman sejawat bimbingan konseling SMK N 1 Ampelgading
  • Peserta didik kelas XI TM 2 SMK N 1 Ampelgading

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan untuk    menghadapi tantangan tersebut

  • Mengenalkan model pembelajaran kepada peserta didik agar terbiasa dengan pembelajaran yang inovatif
  • Memotivasi peserta didik ketika pemberian layanan agar lebih aktif
  • Menghubungi melalui grup WA kelas dan menghubungi secara langsung peserta didik untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal
  • Menggunakan ruangan yang sudah terpasang LCD dan saran penunjang lainnya
  • Menyiapkan dengan matang dari jauh-jauh hari sehingga dalam pelaksanaan lebih maksimal
  • Mempelajari RPL dengan lebih teliti

Strategi yang digunakan

Strategi dalam pemberian layanan bimbingan klasikal yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) sehingga dapat memberikan stimulus untuk peserta didik aktif dan terlibat semua dalam kegaiatan pembuatan project

 

Proses pemberian layanan 

  • Kegiatan Awal
  • Guru BK mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Guru BK menanyakan kegiatan sebelumnya
  • Guru BK melakukan presensi
  • Guru BK mengapresiasikan kehadiran.
  • Guru BK menyampaikan tujuan layanan
  • Guru BK mengadakan ice breaking
  • Kegiatan Inti
  • Guru BK menentukan pertanyaan dasar;
  • Guru BK membuat desain proyek;
  • Guru BK  menyusun penjadwalan;
  • Guru BK memonitor kemajuan proyek;
  • Guru BK melakukan penilaian hasil
  • Kegiatan Penutup
  • Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang terkait dengan materi layanan " Perencanaan karir"
  • Guru BK menyampaikan tentang tugas dan kegiatan minggu depan
  • Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam

 

Pihak yang dilibatkan

  • Guru BK sebagai fasilitor
  • Peserta didik sebagai sasaran kegiatan layanan
  • Rekan sejawat yang membantu jalan nya PPL dan proses rekaman

Sumber daya atau materi 

  • Ruang Lab Bahasa
  • PPT materi Perencanaan karir setelah lulus SMK
  • Video perencanaan karir
  • Kertas dan Spidol Warna
  • Laptop, Kamera, Tripod, Layar LCD dan LCD Proyektor

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? 

Dampak dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan menggunakan media pohon karir membuat peserta didik lebih aktif karena setiap peserta didik terlibat dalam pembuatan project, membuat mereka lebih kreatif dan menyenangkan sehingga proses dan tujuan pembelajaran dapat ditangkap dengan baik oleh peserta didik. Peserta didik dapat memahami informasi terkait perencanaan karir  dan  dapat menentukan perencanaan karir yang diambil setelah lulus dengan menempelkan pilihan mereka pada pohon karir dan peserta didik mengalami penurunan presentasi kebingungan hanya menjadi 15% dari sebelumnya 74% peserta didik yang masih bingung pemilihan karir setelah lulus dan yang masih bingung akan diadakan layanan tindaklanjut sesuai dengan kebutuhan peserta didik

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

  • Berdasarkan dari evaluasi proses, kegiatan layanan dapat berjalan dengan lancar, peserta didik terlibat aktif dan antusias dalam mengikuti semua proses layanan bimbingan klasikal
  • Berdasarkan evaluasi hasil menunjukan bahwa peserta didik sudah memahami dan dapat memilih rencana karir mereka setelah lulus

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan,

  • Respon dari kepala sekolah sangat positif dan mendukung semua kegiatan yang dilakukan untuk membuat pembelajaran yang lebih inovatif
  • Respon dari guru dan rekan sejawat mendukung dengan sepenuhnya untuk terus melakukan inovasi-inovasi dalam pemberian layanan
  • Respon dari siswa sangat antusias karena menggukana media yang inovatif dalam layanan bimbingan klasikal

Faktor keberhasilan strategi 

  • Pemberian layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik
  • Peserta didik yang antusias dalam mengikuti layanan
  • Penggunakan media yang inovatif

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran akan

dapat mengembangkan seluruh potensi yang terdapat

dalam diri siswa

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun