Proses Alur Klaim BPJS Ketenagakerjaan.
Pada kesempatan ini aku akan berbagi pengalamanku mengenai pencairan dana klaim BPJS Ketenagakerjaan  dari perusahaan tempat ku bekerja, alasan pencairan BPJS tersebut di sebabkan oleh pengunduran diri.
Di lain kesempatan proses pencairan dana di lakukan pada datang langsung ke kantor cabang di kota anda berada, namun dengan kondisi pandemik sekarang layanan di alihkan ke jalur online.
Semua kantor layanan BPJS Ketenagakerjaan tidak membuka layanan untuk umum, jika anda datang ke kantor BPJS mungkin anda akan di layani oleh petugas keamanan. Petugas akan mengarahkan anda kepada papan pengumuman yang berisikan tentang tata cara dan  persyaratan yang harus di lengkapi untuk pengurusan klaim secara online.
Cara seperti ini sangat bagus untuk di terapkan di setiap instansi pemerintah, seperti bayar pajak online dan kepengurusan dokumen.
Di samping mendukung program pemerintah untuk selalu menjaga protokol kesehatan, layanan ini juga bagus untuk kita lakukan di rumah saja tanpa harus mengantri dan berkumpul di keramaian.
Tata cara proses klaim BPJS Ketenagakerjaan.
Kita akan di berikan sebuah layanan situs web : https://layananasik.bpjsketenagakerjaan.go.id , link tersebut berisikan data lengkap segala informasi yang di butuhkan untuk pencairan dana klaim BPJS Ketenagakerjaan.Â
Dokumen yang harus kita lengkapi adalah "KTP, Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Surat Kartu Keluarga, Kartu NPWP, Surat Pengantar dari Perusahaan kita bekerja, Buku Tabungan yang terlampir No. Rekening dan Formulir Pengajuan Klaiman (dokumen ini harus kita download terlebih dahulu dan isi semua datanya dengan lengkap)". Semua dokumen yang di sebutkan diatas di foto terlebih dahulu agar mempermudah kita untuk pengisian data diri dan proses peng-uploadan semua dokumen ke dalam system online.
Untuk pengisian semua data dan dokumen di atas sangat mudah dan cepat, maka sebaiknya di persiapkan semuanya terlebih dahulu agar memudahkan kalian untuk proses selanjutnya. Setelah proses penginputan selesai, kita harus mengecek laporan notifikasi di kotak masuk email kita, disana akan tertulis semua informasi yang sudah kita kerjakan di halaman situs di atas.
Pada bagian isi badan email akan diterangkan kembali kapan jadwal untuk konfirmasi secara online. Tanggal dan hari lengkap di beritahukan di dalam isi email, pada bagian bawah juga di jelaskan kembali dokumen apa saja yang harus di persiapkan. Jarak waktu pengajuan klaiman dengan proses wawancara online satu minggu, jadi kita punya waktu untuk mempersiapkan segalanya dengan baik.