Mohon tunggu...
Irfan Abdul Fattah
Irfan Abdul Fattah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya Irfan Abdul Fattah mahasiswa semester 6 di Universitas Al-Azhar Indonesia, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Arab

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mempelajari Sejarah Nabi Musa Melalui Manuskrip Kuno "Hikayat Nabi Musa"

11 Juli 2023   21:29 Diperbarui: 11 Juli 2023   21:34 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Manuskrip dengan judul "Hikayat Nabi Musa" yang diambill dari sumber repositori Malaysia dengan kode manuskrip 284 (MSS284_HNKM) atau MS284_HNKM, dan manuskrip ini dapat diakses secara digital di myrepositori.pnm.gov.my. Naskah ini merupakan naskah koleksi dari repositori Malaysia dan penulis dari naskah ini yaitu Cornelia Valentijn. Judul naskah ini adalah Hikayat Nabi Musa yang ditulis dalam skrip arab melayu.

Manuskrip berujudul Hikayat Nabi Musa ini merupakan koleksi pribadi milik Cornelia Valentijn yang telah didigitalisasikan oleh Kementrian Pelancongan, Seni dan Budaya Malaysia. Alasan saya memilih dalam pemilihan teks ini untuk disunting adalah karena manuskrip ini menarik, dikarenak menceritakan perjalanan Nabi Musa dan juga banyak hikmah yang bisa kita ambil ketika membaca manuskrip ini.

Teks di dalam manuskrip ini ditulis dari kanan ke kiri dikarenakan berbahas Arab, tetapi menggunakan skrip arab melayu.  Penulis memulai tulisanya pada tahun 1726. Dan teks ini memiliki 9 halaman yang mana  8 halaman berisikan teks penuh dan 1 halaman awalnya merupakan judul dari manuskrip ini. Naskah ini memiliki jumlah halaman yang berurutan, dikarenakan penulis menulis setiap halamannya di awal tiap kertas. Teks ini ditulis dalam kertas berwarna coklat dan dibukukan. Memiliki ciri khas yang unik dibagian huruf nya ketika disambungkan dengan huruf lain, ujung dari huruf dipanjangkan.

 Manuskrip Hikayat Nabi Musa berisikan cerita tentang kehidupan nabi musa a.s termasuk cerita tentang kelahiran Nabi Musa yang dimana pada zaman tersebut Raja melarang wanita melahirkan anak laki-laki, karena menurut ramalan dari penasihat sang raja bahwa akan ada seorang laki-laki yang akan menggantikan posisi sang raja di tahta kekuasaan nya dan sang raja yang memiliki sifat serakah dan haus akan kekuasaan tidak menginginkan hal itu, dia menyuruh seluruh prajurit nya untuk memeriksa setiap bayi yang lahir dan tidak segan-segan membunuhnya apabila bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki. oleh karena itu ibu nabi musa yang saat itu mengetahui bayi yang dilahirkan nya laki-laki, dengan segera menghanyutkan anak nya tersebut ke aliran sungai dengan tujuan agar anak nya tersebut di angkut oleh orang baik. 

Didalam manuskrip ini banyak sekali pelajaran-pelajaran yang bisa kita ambil atau akhlak dari Nabi Musa sendiri yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Naskah hikayat Nabi Musa memuat berbagai versi kisah Nabi Musa, termasuk kelahiran, asuhan, dan misinya untuk membebaskan Bani Israel dari tirani Fir'aun. Mereka juga memasukkan catatan tentang mukjizat Musa, interaksinya dengan Allah, dan Sepuluh Perintah Allah. Naskah-naskah ini dibuat oleh penulis yang berbeda dan pada waktu yang berbeda, yang mencerminkan keragaman tradisi sastra dan budaya Islam.

Dokpri
Dokpri

Halaman 1 : Kem-ba-ng-nye/ ke-pa-de/ pa:gi:/ da:n/ pa:dang/ i:tu/ let-lah/ ha:ri:/ ham-pir/ ma:lam/ ma-ka/ d:men-di:ken/ kem-ba-ng-nye/ i:tu/ o:le-h/ ce-h-li:kda:r/ ma-ka di-bu:a:t-nye/ kem-ba:li/ da:tang/ ke-pa-de/ a:yah:nye/ be-ra:pe/ la-ma:nye/ ce-h-li:kda:r/  i:tu-pun/ te-lah/ be-sar-lah/ ma-ka/ ru:pa:nye/ pu:n/ ber:tem-be/ 2/ ye-le-q/ gi:le-ng/ ge-mi:leng/ ki:lu:/ ki:lu:an/ we-ren/ te-beh-nye/ le-pe-ret/ da:pat/ a:kan/ de-gem-bar-ken/ ru:pa-nye/ hat-ti/ da:tang-lah/ ke-pa:de/ bi:la-ngan/ masa:nye/ a:kan/ be:r-bedi/ pa-da/ lu:at/ ha:ri/ pa-gi/ 2/ be-sar-nye/ ma-ke/ cah-lik-dar/ le-mak/ ti:der/ ma-ke/ ba:ng-un-kan/ o:leh/ a:yah-nye/ de-mi-ki-an/ ka-ta:nye/

Halaman 2: He-y ane-qu/ cah-lik-dar/ da:n/ bu:a:ha-ti:ku/ da:n/ bi-ji:/ ma:ta:ku/ ba:ngun-lah/ ing-ko ba:u/ kem-be-ng-em/ i:tu/ ma:ken/ ma-ke/ cah-lik-dar/ pun/ ba:ngun-lah/ lem-al/ ber-ja:len/ ma:nglu:/ 2/ ke-n/ kem-ba-ng-nye/ per-k/ ke-pa-de/ pa:da-ng/ tem-pet-nya/ le-ha-ri/ 2/ i:tu/ al-ki:s/ ma-ke/ ter-se-but-lah/ per-ka-ta:n/ te-ten-gal/ na-bi:/ mu-sa/ al-ay:/ sa-la-m/ per-k/ be-rma:in/ 2/ ma-ka/ da-ta-ng-lah/ ke-pa-de/ pa-da-ng/ tem-pat-nya/ kem-ba:ng/ i:tu/ ma-ke/ di-tar-oh-nya/ kem-ba-ng-nya/ da-lam-nya/ i:tu/ men-ja-di/ ko:la-m/ le:bu/ ter-kal/ am-et/ be-sar-nya/ da:n/ air-nya-pun/ a:mat/ jer-ni/ d:an/ ter-le-ma-lal/ ha-rum/ pes-rny/ da-ri/ pa-da/ am-s-ru:ri/ rem-pat-nye/ da-ri/ pa-dae/ kem-kum:ma/ da:n/ de:di:ri-kan/

Transkripsi :

Kembangnye kepade pagi dan padang itu letlah hari hampir malam maka dmendiken kembangnye itu oleh cehlikdar maka dibuatnye kembali datang kepade ayahnye berape lamanye cehlikdar  itupun telah besarlah maka rupanye pun bertembe 2 yeleq gileng gemileng kilu kiluan weren tebehnye leperet dapat akan degembarken rupanye hatti datanglah kepade bilangan masanye akan berbedi pada luat hari pagi 2 besarnye make cahlikdar lemak tider make bangunkan oleh ayahnye demikian katanye

Hey anequ cahlikdar dan buahatiku dan biji mataku bangunlah ingko bau kembengem itu maken make cahlikdar pun bangunlah lemal berjalen manglu 2 ken kembangnye perk kepade padang tempetnya lehari 2 itu alkis make tersebutlah perkatan tetengal nabi musa alay salam perk bermain 2 maka datanglah kepade padang tempatnya kembang itu make ditarohnya kembangnya dalamnya itu menjadi kolam lebu terkal amet besarnya dan airnyapun amat jerni dan terlemalal harum pesrny dari pada amsruri rempatnye dari padae kemkumma dan dedirikan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun