Instagram adalah platform media sosial berbasis berbagi foto dan video. Awal mula Instagram didirikan pada tahun 2010 oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom. Nama "Instagram" sendiri berasal dari kata "instant" dan "telegram" yang dapat diartikan sebagai berbagi momen secara cepat dan mudah. Pada April 2012, Instagram dibeli oleh Facebook senilai $1 miliar dan sejak saat itu Instagram semakin berkembang dengan banyak fitur baru yang tersedia.
Adanya fitur-fitur yang tersedia dan semakin baru dan bertambah seiring berjalannya waktu, hal itu menjadi salah satu faktor meningkatnya pengguna aplikasi. Instagram disebut sebagai pelopor dari segala tren, termasuk fitur-fiturnya.
Berikut beberapa fitur yang utama di Instagram:
1. Feed Instagram
Feed Instagram adalah halaman yang utama yang akan pengguna lihat ketika membuka aplikasi atau mengunjungi profile seseorang di Instagram. Dalam feed, pengguna dapat menyukai, berkomentar, dan membagikan postingan.
2. IGS (Instagram Stories)
IGS adalah fitur berbagi konten foto dan video singkat yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Pengguna dapat menambahkan filter, stiker, dan GIF ke Stories mereka.
3. Direct Messages (DM)
Direct Messages atau biasa disingkat menjadi DM yaitu fitur dari Instagram yang berfungsi untuk mengirim pesan pribadi ke pengguna lain dan juga dapat mengirim foto, video, serta pesan suara dalam pesan.
4. Reels
Reels adalah fitur video pendek dengan durasi 15-60 detik. Dalam fitur ini, pengguna dapat menambahkan musik, efek, dan teks ke video mereka.
5. Explore
Fitur ini membantu pengguna menemukan konten baru dan menarik serta dapat mencari konten berdasarkan hashtag, lokasi, dan kategori, serta dapat menampilkan rekomendasi berdasarkan minat dan interaksi pengguna.
Instagram telah menjadi platform media sosial yang penting dan berpengaruh. Tentunya, dibalik perkembangannya, aplikasi instagram memiliki keunggulan yang banyak disukai pengguna, seperti platform visualnya yang menarik, mudah digunakan, banyak fitur untuk berkreasi dan berekspresi, dan dapat menjadi tempat membuka peluang membangun merek dan bisnis untuk mengembangkan dan mempromosikan suatu usaha.
Aplikasi Instagram digunakan dari berbagai kalangan usia, namun paling populer yaitu di kalangan anak remaja (Gen Z)  dan dewasa. Aplikasi ini selain dapat digunakan oleh individu, juga dapat digunakan oleh influencer, bisnis, dan organisasi.
Berdasrkan analisis, penggunaan Instagram juga memiliki dampak, yaitu:
Dampak Positif
1. Kreativitas
Platform ini dapat digunakan untuk mengekspresikan kreativitas pengguna melalui foto, video, dan stories.
Â
2. Informasi
Platform ini memberikan akses berbagi informasi berita terkini dengan cepat.
Dampak Negatif
 1. Kecanduan
Penggunaan Instagram yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan akan mengganggu aktivitas sehari-hari.
2. Konten Negatif
Dalam suatu platform sosial media terutama Instagram, tentunya ada banyak sekali pengguna yang menggunakannya. Tidak semua pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan baik dan positif, jadi mungkin ada beberapa konten yang negatif, seperti pornografi, kekerasan, dan kebencian yang dapat diakses semua pengguna.
Ada 3 jenis akun yang ada pada platform Instagram, yaitu
- Akun Personal (Pribadi)
- Akun Kreator
- Akun Bisnis
Kesimpulan
Platform Instagram memiliki dampak dan pengaruh yang besar bagi penggunanya, baik dampak positif maupun dampak negatif. Sebagai pengguna, penting untuk menggunakan platform sosial media terutama Instagram dengan bijak dan bertanggung jawab untuk memaksimalkan manfaatnya dan meminimalkan risikonya.
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H